jenis-jenis penyakit diabetes

Diabetes itu banyak macam nya , ada yang basah dan kering .

1. non diabetik (normal)

sistem pencernaan kita mengubah makanan menjadi senyawa-senyawa sederhana, kebanyakan makanan yang mengandung karbohidrat akan diubah menjadi glukosa. glukosa adalah sumber energi bagi sel tubuh. sejumlah glukosa akan disimpan di hati (liver), sedangkan sebagian besar lainnya didistribusikan melalui darah. dari darah, glukosa kemudian akan memasuki sel dengan bantuan hormon yang disebut insulin; diproduksi oleh pankreas. insulin adalah semacam kunci yang dapat membuka membran sel sehingga glukosa dapat masuk ke dalam sel. dalam tubuh non diabetik, proses ini berlangsung normal, tanpa gangguan apapun.

2. diabetes tipe 2tubuh akan digolongkan ke dalam/mengidap diabetes tipe 2 apabila sel tidak mampu merespon insulin dengan baik (resistensi insulin) sehingga mengakibatkan penurunan jumlah insulin yang menempel di sel. karena jumlah insulin berkurang, maka jumlah glukosa yang masuk ke dalam sel juga berkurang. hal ini menyebabkan kadar glukosa (gula) di dalam darah tinggi karena tidak terdistribusikan ke dalam sel dengan baik (hyperglycemia/hiperglikemia).

3. diabetes tipe 1

tubuh akan digolongkan ke dalam/mengidap diabetes tipe 1 apabila pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin; dan tanpa insulin, glukosa (gula darah) sama sekali tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh. akibatnya, tingkat glukosa di dalam darah akan sangat tinggi dan dapat menyebabkan berbagai konsekuensi berbahaya.

Jika tidak ditangani dengan cepat , diabetes ini akan menjadi komplikasi .komplikasi ini dapat menimbulkan penyakit lainnya .

obat diabetes

Posted in Uncategorize
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
cffukr