Wisata pulau peucang

04 April 2017 16:46:30 Dibaca : 184

berada di selat panaitan, kabupaten pandeglang, banten, nama pulau peucang diambil dari hewan sejenis siput yang banyak di temui di pulau ini. namun versi lainnya ada yang menyebutkan, peucang merupakan istilah bahasa sunda untuk hewan sejenis kancil.

pulau peucang memiliki lahan seluas 450 hektar yang terbagi dalam hutan dan wilayah pantai. hutan di sini masih berbentuk hutan primer. artinya hutan di pulau ini masih alami, bukan hutan yang pepohonannya ditanami manusia, begitu pun dengan hewan yang berada di sini.
sebagai bagian dari taman nasional ujung kulon, pulau peucang menawarkan banyak wisata alam. terletak di provinsi banten, traveler bisa mencapainya dari naik kapal dari pesisir tn ujung kulon.
pantai pasir putih akan langsung memanjakan mata anda begitu sampai di pulau peucang. traveler juga bisa trekking dan melihat satwa liar banteng di cidaon. kalau beruntung, mungkin bisa melihat badak bercula satu juga seperti yang ada di wisata pulau tidung

wisata yang tidak kalah menariknya dengan pesona pantai adalah karang copong. objek wisata ini mengandalkan panorama matahari tenggelam sebagai sajian utama. menuju ke sini, pengunjung akan merasakan rasanya menerobos hutan dengan jarak tempuh 3 km dan memakan waktu mencapai 45 menit.

sebaiknya untuk ke sini ditemani dengan polisi hutan yang selalu berjaga di pulau peucang, hal tersebut untuk menjaga wisatawan agar tidak tersesat dan terhindar dari ancaman binatang liar.

berada di dalam hutan pulau peucang, pepohonan tinggi dan rimbun menjadi teman setia untuk dipandangi. apalagi akarnya yang sudah tua dan berumur ratusan tahun, membuat perjalanan ke karang copong menjadi berkesan.

pada bagian ujung jalan, hutan cahaya matahari yang masuk dengan bebas menjadi akhir perjalanan menuju karang copong. perpaduan warna kuning dan merah menghasilkan warna jingga yang menjadi lanskap indah untuk disaksikan.