Universitas yang Ada di Manado yang Paling Diminati Pendatang

Manado bukan hanya dikenal memiliki keanekaragaman destinasi wisata dan kuliner ekstrimnya saja. Manado juga dikenal sebagai kota pendidikan, dimana banyak sekali perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta yang mampu mencetak generasi muda yang berprestasi di Manado. Para pelajar yang menempuh pendidikan universitas di Manado, bukan hanya berasal dari Manado saja. Tercatat banyak sekali mahasiswa yang juga berasal dari luar pulau Sulawesi, seperti Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera. Berikut ini adalah Universitas yang ada di Manado dan paling diminati oleh masyarakat luar Manado.

Sam Ratulangi, Universitas yang Ada di Manado yang Paling Diminati PendatangUniversitas Sam Ratulangi atau UNSRAT merupakan salah satu Universitas Negeri terkemuka di Manado yang disahkan pada tanggal 14 September 1965. Sam Ratulangi merupakan salah satau dari sekian banyak Perguruan Tinggi yang ada di Manado. Universitas ini terletak di kampus Unsrat Bahu, Kab, Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

Universitas ini sempat beberapa kali berganti nama sebelum menjadi Universitas Sam Ratulangi. Pada tanggal 1 Agustus 1958, berdirilah Perguruan Tinggi Manado atau PTM dengan memiliki 4 fakultas antara lain, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra dan Fakultas Tatapraja. Lalu pada tanggal 4 Juli 1960, PTM berganti nama menjadi Universitas Sulawesi Utara dan Tengah atau UNISUT, dengan 5 fakultas antara lain: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperguruan dan Ilmu Pengetahun (FKIP). Pada tahun 1965, UNISUT berganti nama Universitas Sam Ratulangi dan dipakai hingga saat ini.

Sebenarnya di Universitas Sam Ratulangi terdiri dari 10 fakultas. Namun hingga saat yang tercatat resmi hanya 9 fakultas saja. Pada tahun 1982, dahulu di Universitas Sam Ratulangi terdapat fakultas FKIP. Namun pada tahun 1993, FKIP Universitas Sam Ratulangi memisahkan diri menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STIKIP). Sehingga fakultas di Universitas Sam Ratulangi hanya tersisa 9 Fakultas Saja. Universitas ini terdiri dari sembilan fakultas antara lain:1. Fakultas Kedokteran2. Fakultas Pertanian3. Fakultas Peternakan4. Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat5. Fakultas Ekonomi6. Fakultas Sosial Politik7. Fakultas Teknik8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam9. Fakultas Pasca Sarjana

Fakultas Kedokteran di Universitas Sam Ratulangi, hampir didominasi oleh para pendatang. Bisa dikatakan Fakultas Kedokteran pada Universitas ini memiliki 11 program studi sehingga fakultas ini begitu banyak peminatnya. Maka dari itulah universitas ini dijadikan pelabuhan bagi para mahasiswa untuk menempuh pendidikan kedokteran. Selain itu, Universitas Sam Ratulangi juga memiliki beberapa program Bea Siswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Seperti yang kita ketahui biaya untuk menempuh pendidikan Perguruan Tinggi tidaklah murah. Berdasarkan komitmen dari Universitas Sam Ratulangi yaitu untuk mencetak generasi yang berprestasi, pihak universitas pun juga memberikan berbagai kemudahan. Inilah yang menjadikan universitas yang ada di Manado ini terkenal di seluruh Indonesia.

Posted in Uncategorize
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
hzgaly