Dibawah Ini Beberapa Kiat Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menyusun Tugas Akhir Kuliah Berupa Skripsi

05 November 2019 13:09:44 Dibaca : 32

Sebelum menyusun tugas akhir skripsi,  pastikan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Biasanya yang harus dilakukan berupa menyusun proposal penelitian. Pada saat kalian mau membuat proposal penelitian tak jarang kita bingung bagaimana cara mengawalinya. Dibawah ini beberapa cara bagaimana cara untuk menyusun proposal penelitian untuk tugas akhir yang bisa kalian coba:

·         Mencari Ide Dari Penelitian Yang Akan Dilakukan

Mencari ide penelitian merupakan satu langkah awal dari proses penelitian dalam rangka perjuangan untuk memperoleh gelar sarjana. Mendapatkan ide sama saja dengan mencari masalah yang ada disekitar kita untuk diteliti. Ide yang kamu temukan wajib didukung oleh fakta serta data. Bagaimana untuk mencari serta menemukan ide penelitian kalian juga bisa membaca banyak buku atau mengamati lingkungan sekitar.

·         Membaca Dan Memahami Literatur

Salah satu cara memperoleh ide penelitian yakni dengan membaca hasil penelitian atau mungkin jurnal ilmiah. sesudah kamu memperoleh ide dan telah mantap dengan ide penelitian tersebut, maka tahapan selanjutnya kalian perlu memperbanyak literatur yang berhubungan dengan ide penelitian yang sudah dipersiapkan. Disarankan sumber literatur yang ditentukan berupa literatur primer seperti jurnal ilmiah dan juga dokumen paten.

·         Merumuskan Masalah Sebuah Penelitian

Setelah mengamati dan membaca literatur yang diperoleh, kalian sudah bisa menuliskan rumusan masalah dari penelitian yang akan dikerjakan. Rumusan masalah ini diciptakan biasanya dalam bentuk draf. Isi dari rumusan masalah yang diciptakan berisi latar belakang singkat dan masalah yang hendak dipecahkan lewat penelitian yang akan dilakukan.

·         Diskusi Pertama Dengan Dosen Pembimbing

Kalau telah mempunyai rumusan persoalan yang berasal dari ide awal penelitian yang diperkuat oleh studi literatur. Kalian juga sudah punya modal awal yang memadai untuk bertemu dengan dosen pembimbing untuk membahas rencana penelitian kamu. Ingat, jangan menghadap pada dosen kalau belum mempunyai bahan yang cukup banyak untuk dibicarakan.

Buat beberapa pertanyaan atau beberapa hal yang mau didiskusikan dengan dosen pembimbing. Kalau hasil pertemuan pembimbing telah menyakatan idenya bagus, kalian bisa melanjutkan ketahap selanjutnya yakni membuat diagram alir.

·         Membuat Alur Proses Penelitian

Dengan membawa literatur yang telah ada, kalian bisa membuat diagram alir tahapan-tahapan yang hendak dilakukan. tidak perlu menuliskan secara rinci mengenai metode penelitian, metode analisa, atau alat dan bahan yang diperlukan, cukup diagram alir saja. Draf diagram alir ini akan kalian diskusikan pada pembimbing.

·         Diskusi Lanjutan Dengan Dosen Pembimbing

Diskusi berikutnya akan membahas mengenai prosedur penelitian yang akan dikerjakan berdasarkan draf yang telah diciptakan, Usahakan hasil diskusi ini akan sangat melahirkan metode penelitian yang final sehingga kalian juga dapat menyusun metode penelitian.

·         Menata Metode Penelitian Serta Membuat Judul

Berdasarkan hasil diskusi seputar prosedur penelitian. Kalian juga telah dapat menyusun Bab III mengenai Metode Penelitian. Setelah Metode Penelitian serta rumusan masalah sudah baik, maka kalian juga sudah dapat menentukan judul penelitian. Judul penelitian setidaknya bisa mengarah pada metode dan masalah yang dikaji. Dari judul akan memerileh beberapa keywords penelitian.

·         Membuat  Latar Belakang

Latar belakang berupa pengembangan dari rumusan masalah yang sudah dibuat. Latar belakang juga akan menerangkan mengenai pengertian atau penjelasan keywords yang terdapat di judul. Untuk proses penciptaan latar belakang akan kami terangkan di tulisan saya yang lain lain waktu.

·         Menyusun Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditata berdasarkan pengembangan dari latar belakang yang dilakukan. Sebelum menyusun daftar pustaka terlebih dahulu dibuat kerangka pikir atau struktur dari daftar pustaka. Jauhkan dari plagiarism saat penyusunan daftar pustaka seperti copy-paste atau tidak memasukkan nama penulis dari bahan rujukan yang dikerjakan.

game virtual