Gorontalo Utara Bangun Jalan Tani Rp35 Miliar

21 February 2013 10:51:46 Dibaca : 316

 

Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar Rp35 miliar untuk membangun jalan tani.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Kamis mengatakan, jalan tani merupakan akses penting dalam menggerakkan perekonomian masyarakat yang akan mempermudah distribusi hasil bumi dari kantong-kantong produksi pertanian.

Seperti pembangunan jalan tani di Desa Nanati Jaya Kecamatan Gentuma, yang diharapkan segera dimanfaatkan masyarakat setempat.

Menurut bupati, pembangunan infrastruktur perdesaan khususnya akses jalan dan jembatan, akan diprioritaskan pada tahun 2013 ini.

Sehingga pemerintah daerah akan memaksimalkan agenda kunjungan kerja di sejumlah desa untuk meninjau realisasi pembangunannya.

Ketersediaan akses jalan tani yang memadai, akan mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan oleh para petani.

Harga produksi pertanian sering anjlok akibat turunnya kualitas produk yang dipasarkan. Hal itu kata bupati, erat kaitannya dengan kesulitan pendistribusian hasil pertanian.

Seperti yang dialami para petani di Kecamatan Gentuma, Atinggola, Biawu, Tolinggula dan Sumalata.

Tidak adanya akses jalan tani yang memadai, membuat petani harus mengangkut hasil pertaniannya menggunakan transportasi seadanya, bahkan menyewa jasa pemikul untuk bisa sampai ke pasar, maupun sentra pengumpulan di ibu kota kecamatan.

"Seringkali produk pertaniannya, seperti buah-buahan sudah mengalami proses kematangan baru bisa tiba di tangan konsumen, ataupun di panen sebelum waktunya. Sehingga kualitas produk yang turun menyebabkan harga anjlok," Kata Bupati.

Olehnya, selain pengalokasian pembangunan jalan tani melalui APBD tahun 2013, pemerintah daerah juga bersinergi dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) untuk realisasi infrastruktur jalan tani di beberapa akses sentra produksi pertanian yang sangat membutuhkan fasilitas tersebut. ( Susanti Sako )

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll