Pengertian css dan contohnya

15 March 2013 23:03:31 Dibaca : 127

 ( "Cascading Style Sheets" ) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Sesuai dengan namanya, CSS digunakan untuk mengatur Style atau tampilan dari sebuah website seperti pengaturan font, warna dan bentuk, background, dsb. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Terus cara pemakain CSS ada 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan menggabungkan CSS langsung ke dalam satu file markup "internal". Yang dimaksud internal sendiri adalah pengunaan CSS yang penulisannya didalam satu tag HTML atau berada dalam satu file. Cara yang kedua adalah dengan cara "eksternal" intinya sama, hanya jika external anda perlu untuk membuat link untuk menghubungkan keduanya, atau dengan kata lain memangil script CSS yang disimpan di file yang berbeda.

Jangan lupa, CSS juga terdapat kekurangan pada program ini seperti halnya javascript Jadi jika anda mengunakan Mozilla Friefox belum tentu di Opera atau IE dapat menghasilkan output yang sama. Jadi alangkah baiknya anda mencoba terlebih dahulu pada beberapa browser. Tapi saya disini tidak akan menjelaskan masalah ini, disini saya hanya akan membahas pengunaan CSS yang benar.

Contoh CSS

Kode CSS
height: 35px;width: 100px;border: 1px solid #ff0000;background: #ff0000; background: -moz-linear-gradient( center top, white 20%, #ff0000 100% ); background: -webkit-gradient( linear, left top, left bottom, color-stop(.2, white), color-stop(1, #ff0000) );

Kode HTML

 

Kode CSS
height: 35px; width: 100px;border: 1px solid #ff9900;background: #ff9900; background: -moz-linear-gradient( center top, white 20%, #ff9900 100% ); background: -webkit-gradient( linear, left top, left bottom, color-stop(.2, white), color-stop(1, #ff9900) );

Kode HTML

 

<a

href="http://ilmudi.blogspot.com/2012/05/beberapa-contoh-kode-css-dan-html-untuk.html"
title="ILMUDI BLOG: Beberapa Contoh Kode CSS.