Masjid An Nida

15 March 2013 02:36:04 Dibaca : 285

Budaya Kuliner Minahasa Yang Extrime

14 March 2013 17:35:45 Dibaca : 356

 Minahasa merupakan suatu daerah yang mayoritas penduduknya mememluk agama Kristen, walaupun agama Kristen mayoritas didaerah yang terletak dikawasan semenanjung provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, akan tetapi masarakat Minahasa selalu menjaga kerukunan dengan penduduk lainnya yang memeluk agama minoritas seperti Islam, dan lainnya. Budaya Minahasa memiliki keunikan dengan budaya-budaya daerah lainnya, terutama disisi kuliner yang memiliki perbedaan begitu besar dengan kuliner budaya lainnya yang ada di Indonesia.
Makanan yang merupakan salah satu ciri khas suatu daerah tentu memiliki cita rasa yang bisa diandalkan, namun ketika kita berkunjung ke Minahasa banyak orang akan terheran-heran dengan tradisi makanan didaerah ini. Betapa tidak kuliner olahan daging hewan yang mayoritas menganggapnya tidak layak dikonsumsi oleh banyak pihak, seperti kaum muslim. Namun ketika di Minahasa makanan tersebut menjadi lumrah, seperti masakan RW, makanan ini diolah dari daging Anjing yang kemudian dimasak menggunakan berbagai macam bumbu rempah yang unik, khas Sulawesi Utara. RW yang merupakan makanan ciri khas Minahasa ini kini telah menjadi tradisi dikhalayak Minahasa yang berada dilokal daerahnya, maupun diluar daerahnya seperti, Manado, Sanger Talaud, dan Bolaang Mongondow. Disetiap acara-acara yang dihelat masakan RW sudah menjadi suatu hal yang wajib disajikan.
Keunikan tersebut membuat Minahasa menjadi daerah yang dikenal sebagai pusat kunliner extrim di Indonesia, sehingga hal ini membuat Minahasa tenar akan ke keunikannya tersebut sampai diluar negeri.

Noah

12 December 2012 20:28:33 Dibaca : 344

Setelah Relawan TIK Gorontalo awal mulanya terbetuk pada pertengahan tahun 2012 yang lalu,tepatnya hari Sabtu tanggal 23 Juni.Dimana pada saat itu merupakan landasan awal perjuangan dari pemerhati IT Gorontalo ini untuk mewujudkan suatu perubahan khususnya bidang IT  yang  ada di Provinsi Gorontalo.Akhirnya perjuangan dari para pemerhati IT tersebut terwujud menjadi nyata,semua usaha yang telah dilakukan oleh relawan TIK tidak sia-sia begitu saja.Sebab mulai tertanda Kamis kemarin(4/10),dan bertempat di Hotel Maqna  Relawan TIK Gorontalo kini secara resmi telah dikukuhkan oleh Relawan TIK Indonesia,untuk menyusul daerah lainnya yang sebelumnya telah duluan bergabung dikomuntas IT tersebut.Relawan TIK Gorontalo adalah organisasi social kemasyarakatan yang mendasarkan gerakannya pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan atau ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para anggoata serta warga masyarakat.

Organisasi sosial yang anggotanya yang terdiri dari berbagai kalangan,dan  latar belakang yakni akademisi , dosen, mahasiswa, pegawai swasta, blogger, komunitas penggiat media social dan pemerhati IT yang semuanya memiliki basic dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) langsung tancap gas dalam merealisasikan semua  visi dan misi yan telah menjadi komitmen bersama dalam organisasi tersebut.Pasalnya setelah upacara pengukuhan selesai Relawan TIK Gorontalo mengadakan rapat bersama sebagai realisasi pelaksanaan program.Bertempat di Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi(PUSTIKOM) UNG rapat relawan Tik Gorontalo tersebut mendapatkan pengarahan langsung oleh ketua Relawan TIK Indonesia  Indriyatno Banyumurti.Dalam kesempatan itu Indriyanto memberikan pengarahan kepada seluruh anggota dan pengurus Relawan TIK Gorontalo agar bisa menjadi motor penggerak pengembangan SDM,dan pemanfaatan Teknlogi Informasi di Provinsi Gorontalo.Dalam artiyan Ia menyampaikan bahwa ke depan, target yang ingin dicapai adalah agar pada tahun 2015 nanti adalah 50% warga Indonesia punya akses internet, atau kalau dikalkulasikan sekitar 1,5 juta orang perbulan. Oleh karena itu menurutnya, keberadaan Relawan TIK sangat penting dalam proses itu. Relawan TIK nantinya diharapkan bisa menjadi jembatan (bridging) yang mampu menghubungkan berbagai pihak seperti masyarakat dengan penggiat TIK, penggiat TIK dengan pemerintah serta penggiat TIK dengen perusahaan atau donor. Selain sebagai bridging, Relawan TIK juga bisa melakukan branding organisasi dengan memanfaatkan jejaring social yang ada seperti facebook, twitter, website dan sebagainya.
Selain itu juga dalam kesempatan yang sama Ketua Relawan Tik Indonesia mepresentasikan berbagai program yang nantinya bisa menjadi acuan program Relawan TIK Gorontalo kedepannya.Agar nantinya saat bertugas nanti semua programnya bisa terwujud dan efektif sesuai target Relawan TIK itu sendiri.Berdirinya organisasi sosial seperti relawan TIK Gorontalo ini sendiri mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak.Salah satunya dari Mahasiswa UNG Lily Anggriani,Ia menuturkan bahwa dikukuhkannya Relawan TIK ini merupakan awal dari kebangkitan kesadaran masarakat terhadap perkembangan teknologi dewasa kini.Sebab apabila Relawan TIK mulai actions maka salah satu kontribusi yang akan diberikan terhadap masarakakat Gorontalo itu sendiri yaitu peningkatan kualitas SDM,khususnya dibidang IT.Sebab masarakat juga harus paham dan bisa mengoperasikan komputer sebagai bagian dari realisasi pemberantasan gagap teknologi.

Renovasi Gedung Kepegawaian

10 October 2012 13:11:44 Dibaca : 344