Fitur Baru Google Docs: Mengetik Sambil Riset

07 October 2012 10:01:21 Dibaca : 556

 

Mengetik di Google Docs kini akan lebih menyenangkan. Terlebih lagi bagi kita yang sedang melakukan riset, atau ingin melengkapi dokumen dengan foto atau gambar.Layanan gratis dari Google ini kini dilengkapi dengan fungsi pencarian, sehingga user yang sedang mengetik dokumen dapat langsung terkoneksi dengan search engine. Dengan begitu, kita dapat langsung melengkapi dokumen dengan peta, kutipan kalimat, foto, dan sebagainya. Sebuah fitur yang sangat membantu bagi mereka yang tengah menulis sambil melakukan riset atau pencarian fakta.

Fitur anyar ini disebut “Research Pane” , yang memungkinkan user dapat melakukan search langsung dari laman dokumennya.  Artinya, kita tidak perlu melakukan klik ke sejumlah tab browser, yang cukup lumayan merepotkan.“Kita bisa mengakses fitur ini dari menu Tools dengan mengklik kanan pada kata yang sudah pilih, lalu tekan Ctrl+Alt+R pada system operasi  Windows atau Cmd+Alt+R pada Mac,” jelas  pengembang software ini,  Sarveshwar Duddu, pada blognya. Dari Research Pane ini kita dapat mencari data apa saja secara online yang kita butuhkan untuk melengkapi dokumen kita. Dengan hanya beberapa klik saja, kita dapat menemukan peta, gambar, dan sebagainya.

Jika data yang ditemukan cocok, kita bisa menambahkannya ke dokumen dengan mengkliknya ke tombol insert. Untuk gambar, bisa langsung di-drag ke dokumen. Bahkan layanan ini memungkinkan penambahan kutipan catatan kaki, sehingga langsung dapat diketahui sumber dari mana kita mengutip data tersebut.  Fitur anyar ini merupakan seri terkini dari hasil upgrade layanan Google Docs yang sudah dilakukan sejak tahun lalu.Sudah terjadi setidaknya 200 update dari Google Docs yang bisa dinikmati user, seperti misalnya 450 jenis font baru, dan 60 template gres. User juga dapat menyimpan email dari Gmail-nya ke Google Docks dengan kapasitas 5GB.(wandi)