Resume pemanfaatan blog

22 May 2015 16:36:32 Dibaca : 131 Kategori : Jurnalistik Online

Blog merupakan situs internet yang dapat menampung tulisan ilmiah, artikel, informasi/berita, iklan dan lain sebagainya. Blog dapat mempublikasikan sesuatu yang ingin kita bagikan untuk banyak orang. Selain itu, bisa menjadi wadah untuk mengembangkan penguasan menulis. Blog inipun bisa menjadi sumber penghasilan dalam mempublikasikan informasi dan iklan, penghasilan tergantung banyaknya pengunjung atau orang yang memanfaatkan blog sebagai informasi. Untuk menghindari masalah dari kode etik jurnalistik, penulis harus memposting tulisan yang original tanpa copy paste dan jangan lupa mencatumkan sumber jika ada kutipan. tulisan bisa besifat informatif, humor dll.

Situs blog bermacam-macam, namun yang sering di jumpai blog : Wordpress.com dan wordpress.org, Blogspot/blogger. Ada beberapa perbedaan dalam blog, namun tidak jauh berbeda ada yang murah dan juga ada yang mahal. Kemudian butuh pengetahuan khusus untuk dapat memperindah blog agar bisa menarik perhatian dari pengunjung. konsisten kita dalam menjalankan blog, Agar blog kita dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat.

langkah dasar untuk menjalankan blog :

1. Tentukan tujuan

2. Tentukan topic sesuai keahlian dan hobi

3. Pilih platform

4. Mulai menulis

5. Konsisten

6. Memperindah blog

Kesalahan yang kerap kali dilakukan blogger sering sibuk dengan tampilan, mementingkan kuantitas dari pada kualitas, Minim praktek (kurang mengembangkan penguasaan baik dalam menulis dan mengatur tempelate blog), tidak konsisten dalam menulis, terobsesi dengan statistic blog yang maunya ingin lebih banyak pengunjung. Lebih fatal lagi membuat akun blog lebih dari satu, sehingganya tidak fokus dalam mengembangkan blog.

Dalam mengembangkan blog, blogger harus fokus ke konten, tetap belajar dan memanfaatkan social bookmarking. blog bisa di manfaatkan untuk jaringan periklanan, jual ruang iklan, jual prouk sendiri, jual jasa dan program afilisasi pada blog.