Interaksi Manusia dengan Media

13 January 2015 14:51:46 Dibaca : 139

Yasin Nasila

Pengantar Ilmu Sosial

A “Ilmu Komunikasi”

Topik …
• Bagaimana cara manusia berinteraksi dengan media menurut pandangan kita?

Manusia adalah individu yang unik, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain yang dalam hal ini adalah media. Cara manusia berinteraksi dengan media yakni manusia tidak bisa lepas dari informasi yang selalu menggunakan teknologi komunikasi yang berbasis media massa atau media cetak.

Contoh pertama, interaksi manusia dengan media massa seperti komputer, yakni jika manusia memberikan perintah pada komputer dan komputer menanggapinya, itu adalah bentuk interaksinya. Disamping itu komputer adalah suatu media yang di gunakan manusia untuk mempermudah aktivitas dan menghemat waktu para penggunanya.

Contoh kedua, yaitu interaksi manusia dengan media massa seperti media social yaitu manusia berbagi tentang apa yang dia ketahui tentang dirinya dan dia mengekspresikan pemikirannya untuk di terima oleh komunitas di akun media sosial serta manusia cenderung untuk menunjukkan diri mereka dari apa yang dia miliki. Manusia mengakui bahwa media sosial mampu memenuhi kebutuhan untuk berinteraksi dengan sesama melalui media tersebut.

Contoh ketiga, yaitu interaksi manusia dengan media cetak seperti koran, majalah, dan lain-lain, yaitu manusia mendapatkan informasi-informasi yang menarik yang dapat menambah wawasan serta pengetahuan (politik, sosial, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya) dari media cetak tersebut.

Interaksi manusia dengan media adalah rangkaian proses, dialog, dan kegiatan yang dilakukuan dan saling memberikan masukan dan umpan balik sehingga memungkinkan pertukaran informasi untuk memperoleh hasil akhir yang di harapkan. Tujuan terjadinya interaksi tersebut adalah untuk mempermudah nanusia dalam mengoperasikan media sehingga dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya. Disamping itu manusia berinteraksi dengan media untuk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.