"MITSUBISHI MOTORS" KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PAMERAN

12 December 2016 23:10:10 Dibaca : 156

291 414 010 | YASIN NASILA | ILMU KOMUNIKASI (A) | KOMUNIKASI PEMASARAN

LAPORAN SEDERHANA/RESUME PEKAN RAYA GORONTALO 2016

Pekan Raya Gorontalo (PRG) atau Pekan Raya Hulonthalo (PRH) adalah pameran tahunan yang dilaksanakan oleh BPM-PTSP Provinsi Gorontalo setiap Bulan Februari yang selalu dirangkaikan dengan HUT Provinsi Gorontalo. Namun PRG 2016 berbeda pelaksanaannya dengan tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaannya kali ini pada bulan Desember sebagaimana PERDA Nomor 9 Tahun 2015 bahwa hari jadi yang ke-16 Provinsi Gorontalo tepat tanggal 5 Desember. Kegiatan ini sering dilaksanakan setiap tahunnya.

Pekan Raya Gorontalo yang dikemas pada kegiatan Gelar Potensi Investasi Daerah (GPID) yang pertama kali dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2013 pada masa pemerintahan NKRI hingga sekarang, dimana kegiatan tersebut telah melibatkan Kab/Kota, SKPD, Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD, Perbankan, UKM, dan Pihak Swasta untuk menampilkan hasil pembangunan dan potensi daerah serta produk unggulan yang ada di Provinsi Gorontalo, bahkan setiap daerah menampilkan ciri khas masing-masing melalui atraksi kesenian, budaya, dan kuliner.

PRG yang dilaksanakan oleh BPM-PTSP khususnya Bidang Penanaman Modal telah memberikan manfaat yang luas bagi perkekonomian, karena multi efek nya dari kegiatan pameran tersebut sangat dirasakan oleh pengusaha dan pelaku bisnis, UKM dan khususnya masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Pelaksanaan kegiatan PRG-2016 sebagai bentuk refleksi fisual capaian keberhasilan pada semua aspek pembangunan di Porvinsi Gorontalo, sekaligus sebagai wadah informasi bagi masyarakat tentang kinerja pemerintah daerah di bidang ekonomi, sosial, budaya, pemerintahan, hukum serta keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dan harapan dari kegiatan ini agar mampu mendorong peningkatan investasi serta pemberdayaan UMKM, sekaligus meningkatkan daya saing daerah menghadapi era ekonomi global. Dalam kegiatan PRG-2016 terdata jumlah peserta sebanyak 114 yang terdiri dari 37 SKPD, 13 instansi vertikal, 6 pemda kabupaten dan kota, 3 perbankan, 6 lembaga pendidikan, 18 pelaku usaha, 9 komunitas dan asosiasi, dan 23 UMKM. Dalam PRG-2016 kali ini juga digelar beberapa lomba, di antaranya:
- Lomba stand pameran
- Lomba tarian tradisonal
- Lomba kuliner
- Stand up comedia berbahasa daerah (gorontalo)
- Festival band
- Paduan suara
- Fashion show
- dll.

Dalam kegiatan PRG ini, Mitsubishi Motors wilayah Gorontalo ikut meramaikan dengan membangun stand pameran dan memperlihatkan berbagai macam produk keluaran terbaru Mitsubishi Motors terkhusus produk Mobil dengan desain yang begitu menarik. Jika kita hubungkan dengan komunikasi pemasaran dalam pameran, salah satu strategi pemasaran yang dilakukan Mitsubitshi Motors dalam hal memasarkan produk adalah dengan mengikuti pameran seperti halnya dalam PRG-2016 ini, tetapi hal yang paling utama Mitsubishi Motors adalah melakukan kanvasi atau melakukan promosi door to door sambil membawa test drive.

Untuk peluncuran produk baru di 2017, Mitsubitshi Motors meluncurkan produk pesaing Avanza dan Xenia yakni Pazero Sport. Produk Pajero Sport memiliki kelebihan antara lain nyaman, banyak variannya, harga murah dan value for money, ground clearance tinggi mampu melibas banjir tanpa kendala, material dashboard bagus, bagasi luas, headlamp HID + multi leveling + washer. Selain kelebihan diatas Mitsubishi Motors Pajero Sport sudah 12 kali juara dunia dari Real Dakar. Untuk produk Mitsubishi Motors sudah dikenal dengan kualitas import standar nasional.

Untuk spesifikasinya sendiri Pajero Sport memiliki mesin 2.3 – 3 liter 4D56 non-VGT, dengan tenaga 134 HP @3.500 RPM, dan torsi 314 Nm @ 2.000 RPM, konsumsi BBM nya mencapai 5-9 km/L (dalam kota) dan 9-13 km/L (luar kota. Untuk transmisinya yaitu manual 5 percepatan dengan suspense depan double wishbone 3-link. Untuk harganya sendiri Pajero Sport dihargai 240-340 juta.

Untuk pemenuhan berita atau promosi secara internal dan eksternal Mitsubishi Motors ini menggunakan iklan melalui media cetak seperti Gorontalo Post dan juga di TV swasta. Dan untuk memperkuat hubungan baik dengan konsumen, distributor atau agen-agen lainnya, Mitsubishi Motors selalu melakukan referensi terlebih dahulu dengan melalui pameran seperti ini untuk lebih mengenal konsumen, distributor lokal ataupun agen-agen lokal dari Mitsubishi Motors ini. Mereka juga sering mengadakan discount kepada konsumen atau distributor setia Mitsubishi Motors tetapi hanya pada tipe-tipe tertentu. Dan Mitsubishi Motors dalam menangani pesaing atau kompetitor seperti yang dijelaskan diatas bahwa setiap produk-produk yang keluar dari Mitsubishi Motors selalu memiliki kelebihan dan kelemahan dari produk-produk kompetitor lainnya, dan yang paling utama adalah Mitsubishi Motors dengan kompetitor lainnya tidak saling menjatuhkan karena yang lebih diutamakan itu adalah kelebihannya sendiri (apa yang ada di kita, apa yang tidak ada di sebelah).

Efektivitas pameran menurut Smith, presentase pengunjung potensial untuk keseluruhan pameran yang mengunjungi stan Mitsubishi Motors, jika di presentasekan mencapai 60% dengan konsumen menegah atas, sedangkan untuk presentase pengunjung yang berhenti, namun tidak mengunjungi stan Mitsubishi Motors dipresentasekan mencapai 70%. Dan untuk keefektifan kinerja staf penunggu stan Mitsubishi Motors sangatlah baik dalam hal melayani pengunjung dengan memberikan informasi seputar produk baru dari Mitsubishi motors ini, mereka juga membagikan brosur kepada pengunjung stan.

Sedangkan fungsi khusus dari pameran perdangan menurut Shimp (2004) antara lain :

a. Melayani pelanggan yang ada, Mitsubishi Motors selalu melayani pengunjung yang datang ke stan mereka baik hanya ingin bertanya tanpa harus menjadi pembeli.

b. Mengidentifikasi prospek, dalam mendidentifikasi prospek Mitsubishi Motors mempelajari sektor bisnis apa saja yang dapat dimanfaatkan dan dibutuhkan masyarakat ekonomi menegah dan atas.

c. Memperkenalkan produk baru atau yang dimodifikasi, fungsi ini tidak asing lagi bagi Mitsubishi Motors, mereka sering menginformasikan jika ada peluncuran produk barau ataupun produk yang dimodifikasi lebih menarik lagi melalui pameran seperti PRG-2016 ini.

d. Mengumpulkan informasi mengenai produk baru pesaing, seperti halnya yang dijelaskan di atas tadi bahwa Mitsubishi Motors lebih mengutamakan kelebihan mereka daripada produk pesaing dan tidak saling menjatuhkan.

e. Menerima pesanan produksi, Mitsubishi Motors pada tahun kemarin terus menerima pemesanan konsumen untuk setiap produk terbarunya. Bahkan, setelah satu bulan pasca peluncuran resmi, mereka sudah mengantongi pesanan lebih dari 2.000 unit pada tahun kemarin.

f. Meningkatkan citra perusahaan, untuk Mitsubishi Motors dalam meningkatkan citra perusahaan mereka dengan cara menjadi perusahaan yang bernilai di mata para pelanggan. Menjadi perusahaan yang bagus, dan juga dibuktikan dengan cara menjamin produk yang dihasilkan oleh Mitsubishi Motors dan juga menerapkan prisnsip kerja keras pada perusahaan serta professional juga semakin menarik perhatian para pelanggan, distributor atau agen-agen dari Mitsubishi Motors.

Dokumentasi