Konsep Dasar Manajemen Perusahaan Media Massa

25 March 2017 11:25:17 Dibaca : 52

Konsep Dasar Manajemen Perusahaan Media Massa

(oleh : Cindriani Ismail, Delvita Hardiyanti Moo, Marisa Mbuinga, Muhlis Pateda)

Kata manajemen berasal dari bahasa prancis yang berarti mengatur atau seni melaksanakan. Menurut Mary Parker Follet dikutip dalam blog manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Sesuai dengan pengertian dan definisi diatas bisa di simpulkan bahwa kegiatan manajemen adalah kegiatan mengarahkan atau menggerakan orang dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu. Dari pengertian diatas kelompok kami menyimpulkan bahwa manajemen adalah keterampilan memerintah orang lain agar melakukan pekerjaan yang kita inginkan dengan harapan agar orang lain tersebut dapat melakukannya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pengertian Media Massa adalah berasal dari istilah bahasa inggris. Media massa merupakan Singkatan dari mass media of communication atau media of mass communication. Media massa adalah “komunikasi dengan menggunakan sarana atau peralatan yang dapat menjangkau massa sebanyak-banyaknya dan area yang seluas- luasnya”. McQuail menyatakan bahwa media massa merupakan sumber kekuatan alat kontrol, manajemen, dan inovasi dalam masyarakat yang dapat didayagunakan sebagai pengganti kekuatan atau sumber daya lainnya (McQuail 2005:3) .

Fungsi penerapan ilmu menejemen dalam suatu industri akan menentukan keberlangsungan industri tersebut dalam gerusnya persaingan pasar selain itu ada beberapa fungsi penerapan ilmu manajemen dalam suatu industri terutama di Media massa.
1. Memutuskan dan merencanakan apa yang akan dilakukan selama media itu berdiri atau memproduksi sesuatu.
2. Bisa mengendalikan dan memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga bisa terjadi keseimbangan antara rencana dan sumber daya yang tersedia.
3. Bisa melakukan perubahan rencana dengan cepat ketika rencana yang dibuat sebelumnya tidak efektif bahkan mungkin gagal.

Dalam menejemen terdapat unsur-unsur atau komponen yang membuatnya menjadi suatu proses yang mengatur dan mengontrol yang sering disingkat POAC.
1. Planning
2. Organizing
3. Acting
4. Controling

Dalam menjalakan fungsinya tentunya media massa harus menggunakan komponen-komponen manajemen.
1. Planning, membuat perencanaan program serta aturan dan tujuan yang akan berlaku selama perusahaan media massa itu berdiri atau beroperasi. Pada intinya proses planning adalah rencana awal yang dibuat sehingga bisa memperjelas tujuan sebuah media massa didirikan atau yang biasa disebut sebagai visi dan misi suatu media massa. Proses planning atau perencanaan juga mencakup pembagian atau susunan bagian-bagian yang akan mendukung dalam proses produksi. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. Kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut Stoner yang dikutip dalam Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.

2. Organizing, dalam proses ini awak yang sudah berada dalam posisi yang sudah ditetapkan harus mengerti tugas pokok masing-masing serta fungsi dari bagian yang diberikan padanya. Dalam proses ini seorang pemimpin media massa dituntut harus bisa menggerakan atau membuat seluruh bagian dalam perusahaan media massa itu bekerja atau menjalakan tugas dan fungsinya. Fungsi management organizing meliputi :
a. Designing Organization Structure (merencanakan struktur organisasi) Menyusun peerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan, menggolongkan pekerjaan agar merupakan kesatuan organisasi yang seimbang, dan menentukan tanggung jawab dalam tiap-tiap jabatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
b. Delegating Responsibility and Authory (mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang) Mempercayakan tanggungjawab dan wewenang kepada orang lain, serta menetapkan pertanggungjawaban (accountability) untuk hasil yang dicapai.
c. Establishing Relationship (Menetapkan hubungan-hubungan pelaporan (reporting relationship) antara bawahan masing-masing dan antara kelomok sendiri dengan kelompok lain.

3. Acting, tindakan yang dilakukan seorang pemimpin media massa yang akan melibatkan seluruh bagian dalam perusahaan media massa tersebut, tentunya tindakan tersebut haruslah sangat strategis. Dalam menentukan langkah yang strategis manajemen dalam sebuah perusahaan tentunya harus memiliki kemampuan khusus dalam memberikan perintah kepada seluruh anggota.

4. Controling, mengawasi serta mengevaluasi kekurangan dan kelebihan sehingga bisa dilakukan tindakan yang diperlukan. Pekerjaan manajer dalam menilai dan mengatur pekerjan yang diselenggarakan dan yang telah selesai. Cara-cara pengawasan dalam manajemen diperoleh melalui :

a. Developing permormance standard (perkembangan tingkat/derajat pekerjaan)
Pekerjaan yang harus terselesaikan oleh manajer dalam menetapkan alat-alat pengukuran (yard-stick).Dengan alat itu, dinilainya hasil pekerjaan orang yang harus melapor kepadanya.Ukuran-ukuran ini dapat diambil dari tujuan organisasi, kebijaksanaan-kebijaksanaan dan angaran belanja yang ditetapkan dan direncanakan.

b. Measuring performance (pengukuran hasil pekerjaan)
Menetapkan status pekerjaan yang sedang dilaksanakan dan yang telah selesai.Hal ini dapat dicapai melalui pengamatan, laporan dan catatan berbagai kegiatan.

c. Evaluating results (penilaian hasil pekerjaan)
Menetapkan arti perbedaan-perbedaan dan kekecualian-kekecualian dengan cara membandingkan hasil pekerjaan yang sebenarnya dengan ukuran hasil pekerjaan.

d. Taking corrective action (pengambilan tindakan perbaikan)
Meluruskan dan mengadakan perbaikan terhadap penyimpangan-penyimpanan yang terjadi.

Dalam memproduksi program perusahaan media massa baik media cetak (surat kabar, tabloid, majalah), media elektronik (televisi, Radio, film/video), media siber (website, portal berita, blog, media sosial) tentunya harus bisa menerapkan prinsip-prinsip manajemen diatas, dengan begitu kelangsungan suatu perusahaan media massa dapat tercapai.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong