NAMA SEBAGAI SIMBOL

24 March 2017 13:49:54 Dibaca : 81

NAMA SEBAGAI SIMBOL


Sebuah Nama Sebuah Cerita..


Dimensi pertama atau fungsi pertama bahasa adalah Penamaan. Nama diri-sendiri adalah symbol pertama dan utama bagi seseorang. Nama dapat melambangkan status, cita rasa budaya, untuk memperolah citra tertentu (pengolahan pesan). Nama pribadi adalah unsur penting identitas seseorang dalam masyarakat, karena interaksi dimulai dengan nama dan baru kemudian diikuti dengan atribut-atribut lainnya. Nama yang kita terima sejak lahir tidak hanya mempengaruhi kehidupan kita, tetapi juga mempengaruhi orang lain untuk memperlakukan kita, dan terpenting, memepengaruhi kita dalam mempersepsi diri sendiri. Misalnya julukan “Murahan” terhadap seorang wanita mempengaruhi bagaimana orang itu diperlakukan oleh lawan jenisnya . Pendeknya nama dapat mempengaruhi hidup kita.


Nama adalah bagian dari konsep diri yang sangat penting. Bahkan nama juga menunjukan kesadaran seseorang.Nama jelas bersifat simbolik. Nama yang dianggap bagus atau keren menimbulkan kesan yang positif pada pendengar atau pembaca nama itu.Nama-nama yang bagus, Ngota dan sedikit kebrat-baratan seperti anton, Bram, Ivan, dan Yongki boleh jadi dipresepsi lebih positif daripada nama-nama yang kurang lazim atau terkesan “Kampungan” seperti Bejo, Juned, Pendul dan atau Samijo.


Konon dalam budaya Indian Amerika, Seorang anak yang lahir diberi nama dengan nama sesuatu yang terakhir kali dilihat sebelum pembuahan. Maka terdapatlah nama-nama seperti Elang besar bulu kuning, muka pucat, Elang batak, dan sebagainya . Nama dapat juga menyusahkan penyandangnya. Orang-orang yang punya nama Muhammad, Abdullah, Dan Khadija mungkin merasa terbebani bila mereka berkelakuan buruk. Orang-orang Sulawesi selatan menggati nama ibukota mereka Ujung Pandang Dengan Makkasar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong