ARSIP BULANAN : March 2013

ceritaku hari ini tentang TIK

21 March 2013 17:12:06 Dibaca : 50

hari ini saya mengikuti program IT salah satu program di RUSNAWA. dan materi hari ini mengenai sistem operasi. yang saya sempat tangkap dari penjelasan kakak tadi yakni tentang open source DALAM BAHASI INDONESIA diartikan sebagai kode terbuka yang terdiri dari softwere, distribusi, free softwere dan GNU. GNU adalah sebuah gerakan open source yang dipelopori oleh Richard Stallman.GNU diumumkan ke publik pada tanggal 27 September. yang termasuk pada free softwere seperti backround manager,  samba, linux dll. 

 

NAMA SANDRAWATI MOODUTO

NIM: 311412094

SISTEM OPERASI KOMPUTER( PROGRAM IT)

21 March 2013 15:56:53 Dibaca : 182

Pengertian Sistem Operasi
Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Jenis- Jenis Sistem Operasi
1. Sistem Operasi BeOS : Sistem Operasi Multimedia.
Sejak versi pertamanya tahun 1997, salah satu tujuan utama BeOS, adalah mengelola jumlah data yang besar secara optimal. Sistem operasi ini dapat memenuhi tuntutan aplikasi-aplikasi multimedia dengan dukungan multi processor, sistem file 64 bit, dan multithreading.

2. OS/2 Warp : Server Bisnis yang mahal.
Sistem operasi OS/2 Warp dikembangkan oleh IBM. Inovasi yang terpenting pada versi 5 adalah “Journaling File System” (JFS). Strukturnya lebih menyerupai database daripada sistem file.

3. MacOS : Standar bagi graphic designer.
MacOS ditemukan pada tahun 1984 oleh peneliti Xerox PARC. Tetapi Applelah yang mempopulerkan dan belakangan diikuti oleh Microsoft.
Platform untuk DTP, graphic design, web-design dan aplikasi bisnis.

4. JavaOS : Tak tergantung platform
Pencipta Java, Sun Microsystems juga membuat sistem operasi Java yang disebut JavaOS. Jalur pengembangan JavaOS terbagi dalam beberapa cabang : Ada JavaOS untuk customer, yaitu sebuah sistem operasi untuk televisi, Web-Phones, dan komputer saku (palmtop). Di sisi lain Sun mengembangkan dan memasarkan JavaOS for Business bersama IBM. JavaOS bukan pengganti sistem operasi biasa utuh, melainkan lebih tepat disebut sebagai sebuah lingkungan (pengembangan) bagi perusahaan.

5. Sistem UNIX Komersial : Database Profesional.
Dapat diandalkan, aman, mahal dan terikat pada hardware tertentu, merupakan atribut sistem operasi Unix komersial seperti Solaris dan SCO-Unix. Unix komersial untuk PC ini hanya terdapat pada Solaris dari Sun dan UnixWare dari SCO (Santa Cruz Operation, Inc.). Bidang aplikasi utama adalah server Intranet dan database.

6. FreeBSD dan NetBSD : Unix “Gratis” untuk Favorit ISP
Konsep awal sistem operasi Unix yang dikembangkan 1968 masih ditemukan dalam banyak versi modern, misalnya FreeBSD dan NetBSD. Sebagian besar kernel Unix ditulis dalam bahasa pemrograman C dan karenanya dapat dipindahkan ke platform hardware lainnya dengan sedikit upaya. Sistem file disusun secara hirarkis dengan direktori, sedang hardware dikontak melalui interface simbolik.

7. LINUX: Sistem Operasi semua
Pada tahun 1991 seorang hacker handal berkebangsaan Finlandia yang bernama Linus Benedict Torvalds mengembangkan sebuah sistem UNIX yang bisa diimplementasikan di komputer setingkat PC yang dikenal dengan nama Linux dengan tujuan memasyarakatkan UNIX. Linux adalah open source OS berlisensi GPL (GNU General Public Lisence) yang mana pendistribusian dan pengembangannya bisa dilakukan secara bebas dengan mengikutkan kode program asal sebagai turunannya. Linux sangat cocok sebagai sistem operasi untuk server. Selain itu juga sangat murah. Selain murah, distribusi Linux juga dapat digunakan pada beberapa server sekaligus tanpa melanggar aturan lisensi.
Distribusi Linux adalah paket SO dan aplikasi Linux yang dikembangkan oleh seseorang atau lembaga berdasarkan kode program terbuka (open source code) linux yang asli. Paket distribusi linux ini kemudian dapat bersifat komersial atau tidak tergantung kebijakan si pengembang. Beberapa distribusi Linux terkenal : Red Hat, Suse, Mandrake, Mandriva, Fedora, Slackware, Ubuntu, K-Ubuntu, Centoss, Trustix, Merdeka, dll.

8. Windows: Sistem Operasi Populer
Microsoft memulai penelitian mengenai Interface Manager pada september 1981. MS akhirnya mengumumkannya dengan nama WINDOWS pada November 1983. Windows dikenal luas karena menyediakan antarmuka berbasis grafis yang mudah digunakan (graphical interface) , device independent graphics dan penggunaan “multitasking”. Saat ini Versi windows telah mencapai kernel 32 bit yang dikenal sebagai Windows XP, dan telah keluar Windows Vista yang berbasis kernel 64 bit. Sebenarnya produk microsoft yang membuatnya sangat dominan bukan hanya sistem operasi windows saja, tetapi juga aplikasi office yaitu Microsoft office, yang terdiri dari Ms Word, Ms Excel, Ms powerpoint, dan software pemrograman berbasis obyek yaitu visual basic.

Fungsi-fungsi Sistem Operasi pada Komputer meliputi:

• Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
• Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
• Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
• Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
• Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
• Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
• Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
• Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.
Sumber:
http://subsafan.blogspot.com/2012/03/fungsi-sistem-operasi.html
http://blog.student.uny.ac.id/septiana21/2012/11/12/pengertian-sistem-operasi-komputer/
http://kikirizkiyah.wordpress.com/2012/01/02/jenis-jenis-sistem-operasi/

 

PROGRAM IT

14 March 2013 16:39:37 Dibaca : 46

PANITIA GORONTALO BISA OLO

OPENSHARING PART II

GORONTALO GO OPEN SOURCE 2013

Gorontalo, 24 januari 2013

Nomor : 021/OPSH-PR-11/GBO/2013

Lampiran : -

Perihal : Permohonan Akses Layanan Internet

Kepada Yth,

Kepala Pusat Komunikasi Informasi dan Komunikasi

(PUSTIKOM) Universitas Negeri Gorontalo

Di -,

Gorontalo

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Segala puji bagi Allah SWT atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita selaku Hamba-Nya. Shalawat serta Salam tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW, keluarga,sahabat, dan insya Allah akan sampai kepada kita selaku umat-Nya hingga yaumul akhir.

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan “open sharing” maka kami Ikatan Komunikasi Tekhnologi Informasi dan Komunikasi yang terikat dalam Gorontalo Bisa Olo, akan menyelenggarakan kegiatan yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal :kamis, 31 januari 2013

Waktu : pukul 8.30-selesai

Tempat : Gedung Serba Guna(GSG) Universitas Negeri Gorontalo

Maka dengan ini memohon dukungan kepada PUSTIKOM UNG untuk dapat memfasilitasi tersedianya Akses Internet, demi suksesnya kegiatan Open Shering Part II

Demikian permohonan ini kami buat atas perhatian dan bantuannya di ucapkan Terima Kasih, jajakumullah Khairan Katsiran.

Wassalamualaikum warrah matullahi wabarakatuh

Mengetahui

Panitia Pelaksana,

Walid Umar Sunarty Kadir
ketua Sekretaris

 

SMS PENYEJUK HATI

14 March 2013 07:27:29 Dibaca : 64

Sahabat, jangan takut oleh persoalan hidup, tapi takutlah bila salah menyikapinya. Karena setiap masalah sudah diukur oleh Allah

Ciri pribadi berkuawalitas : bila salah berani jujur mengakui kesalahan, bila kalah berani jujur mengakui kesalahan, bila kalah berani jujur mengakui kekalahan.

Keluh kesah menandakan tak ridho dengan takdir-Nya, padahal setiap takdir bagi orang beriman pasti baik.

Berharap kepada selain Allah, berarti berharap kepada yang lemah tak berday, yang tak punya dan tak tau apa-apa, serta tak ada manfaat tanpa izin-Nya.

Semakin merasa memiliki semakin berat untuk sabar, tapi nila yakin semua hanya titipan-Nya niscaya akan lebih mudah bersabar.

Sahabat, kejadian sepahit apapun bila disikapi dengan pikiran yang jernih dan hati yang bersedih akan nampak keberkahan dan keindahan hikmahnya.

Ciri orang yang kurang baik dan rugi: sibuk berkomentar yang tak perlu dikomentari, sibuk berpikir hal-hal yang tak perlu dipikirkan, sibuk mengurusi yang bukan urusannya.

Ukhti.........
sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat ) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (disisi Allah) dan yang mencatat(pekerjaan-pekerjaanmu itu).
mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Infithar:10-12). Maka jiwa –jiwa akan dihisab, amal-amal akan ditulis. Dan seandainya orang yang lalai itu sadar, sungguh mereka akan memelihara diri dan menjaganya dari jalan kebinasaan. Namun sedikit sekali orang yang sadar, sedikit sekali orang yang memperhatikan jalan itu.

Tipisnya sebuah takdir:” sekarang bisa melihat sesaat bisa buta dan gelap gulita,sekarang gagah sekejap bisa linglai lumpuh tak berdaya” maka syukuri karunia yang ada.

Sahabatku,,,,,
kita harus selalu siap dengan yang cocok maupun yang tak cocok dengan keinginan kita, karena hanya Allah yang maha menentukan.

Rasul bersabda:
seorang manusia apabila diletakan di dalam kuburannya, dan sahabanya berpaling pulang sedang ia mendengar suara sandal mereka, akan datang kepadanya 2 malaikat dan mendudukannya dan bertanya: siapakah Tuhanmu, siapakah nabimu, apakah agamamu? Maka dia menjawab: Allah Tuhanq, Muhammad Nabiku, Islam Agamaku, maka terdengarlah seruan dari langit benar hambaku, hamparkan baginya tukar dari surga, lalu angin dan wangi surga datang kepadanya kemudian kuburan diluaskan seluas mata memandang, seorang yang rupawan datang menemaninya yang tiada lain adalah amal shalihannya( HR. Ahmad, Abu Daud, Hakim dan Baihaqi). Benarkah kita bisa menjawabnya? Dari lisan yang jarang menyebut asma-Nya dan ibadah yang sering kita remehkan...serta sunnah rasul yang sering kita abaikan. Pada saat itu kita hanya bisa menjawab tidak ..terdengarlah penyeru dari langit hambaku ini seorang pendusta hamparkan padanya tikar dari api neraka, kuburannya di sempitkan sampai tulang-tulangnya pecah dan seorang berwajah buruk berpakaian buruk dan busuk datang kepadanya tiada lain amal buruknya. Satu pertanyaan hari ini “apakah kita mampu untuk menjawab semua pertanyaan yang Allah ajukan?”
jawablah dalam hati masing-masing, karena sesungguhnya dialah yang mengetahui segala yang kita perbuat. Mari bersama memuhasabah diri kita agar kita menjadi hamba yang mulia dihadapannya,,,,amiiiiiiin..........

Sahabat...
dihina orang sama sekali tak berbahaya, yang pasti bahaya adalah bila kita berkelakuan hina dan menghina orang.

Pemenag kehidupan adalah orang yang tetap sejuk ditempat yang panas, yang tetap manis ditempat yang begitu pahit, yang tetap merasa kecil meskipun telah menjadi besar, yang tetap tenang ditengah badai yang paling hebat, serta tetap mengandalkan Allah SWT dalam segala urusan.

Sahabat...........
salah satu PETAKA dalam hidup adalah hanya senang dekat dengan yang suka memuja muji dan menjauhi yang tulus memberi saran kritik dan masukan.

Pencinta dan perindu penilaian manusia cenderung hanya akan membagus-baguskan kemasan saja dan lalai terhadap isi

Tips meredam marah saat dihina: ingatlah sebetulnya penghinaan orang masih jauh baik dibanding kehinaan kita yang sesungguhnya, istigfarlah.

Bismillahirrahmanirrahim....
sekedar buat renungan terhadap diri sendiri dan sahabat-sahabat semua, khotirah ringkas pengobat hati yang selalu gelisah. Persoalan yang sering kali akan kita utarakan pada diri sendiri ketika ujian melanda dan disitu juga ada jawaban dari Allah, sama2 kita telusuri kenapa aku diuji?
“apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji dan sesungguhnya ami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang benar dan sesungguhnya dia menegtahui oranr-orang yang dusta &ldquo%

soft skill

11 March 2013 14:46:31 Dibaca : 0

Sutrisno mohammad

Dosen FIS: sejarah

Soft skill:

1. Satu hal yang membatasi diri kita itu adalah ketika kita mengatakan bahwa itu bukan wilayah kita. Jadi kita tidak bisa membatasi diri kita karena kita punya potensi yang luar biasa.

2. daya kreatifitas itu tidak bisa di pelajari pada saat kuliah melainkan mincul dari diri kita sendiri.

3. jangan pernah anda mengatakan bahwa anda sudah mapan. Orang-orang yang sukses atau orang yang kreatif itu orang-orang yang keluar dari kemapamanataupun kenyamanan.

4. orang yang sukses itu orang yang mampu kesenangannya. Orang sukses itu bukan berati memiliki segalanya. Sukses itu mampu untuk berbagi dengan orang lain.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong