Fakta-fakta tentang Korea Selatan

22 March 2013 10:16:56 Dibaca : 14

Tentang Korea Selatan ^^


1. Pada saat berkenalan orang Indonesia maupun orang Korea pasti bersalaman. Namun, cara   bersalaman orang Korea sedikit berbeda dengan orang Indonesia. Di Indonesia biasanya kita hanya satu tangan atau mencium tangan orang yang lebih tua. Di Korea, cara bersalam seperti itu di anggap tidak sopan. Biasanya orang Korea akan memegang siku tangan yang di gunakan untuk bersalaman atau meletakkan tangan tersebut di atas diafragmanya. Selain itu, ketika bersalaman mereka juga membungkukkan badan sebagai tanda hormat. Tidak seperti di indonesia,orang Korea tidak mempermasalahkan penggunaan tangan kanan atau tangan kiri dalam hal apa pun. Sehingga,menggunakan tangan kiri saat bersalaman merupakan hal yang wajar bagi mereka.

2. Korea adalah negara Konfusianisne, sehingga orang Korea sangat mementingkan posisi senioritas. Jika di Indonesia kita biasa memanggil senior dengan sebutan namanya saja maka lain halnya dengan Korea.

3. Pengguna nomor telpon genggam (Hp) di Korea berbeda dengan di Indonesia. Korea tidak menggunakan “SIM CARD” seperti kita tetapi menggukan sistem yang biasa kita sebut dengan injeksi untuk nomor telpon genggam (Inject phone). Jadi, bila kita katakan nomor ini langsung “MENEMPEL” pada telpon genggamnya dan tidak bisa diganti-ganti seperti “Sim Card”. Mereka dapat memilih sendiri nomor mereka, sehingga banyak yang menggunakan tanggal lahir atau angka kesukaan sebagai nomor telpon genggam.

4. Bendera Korea di sebut “TAEGUKKI”. Bendera ini didesain berdasarkan simbol prinsip Filosofi Asia yaitu “Yin-Yang”. Lingkaran di tengah terdiri dari dua bagian yang sama yang melambangkan unsur “Yin” (berwarna biru,berarti unsur negatif) dan unsur “Yang” (berwarna merah,berarti unsur positif). Kedua unsur ini bersatu membentuk suatu keseimbangan dan harmoni yang tak terbatas. Di tiap-tiap ujungnya tertuliskan huruf yang melambangkan unsur-unsur alam,yaitu : Surga, Bumi, Api dan air.

 

http://www.thecrowdvoice.com/post/fakta-fakta-tentang-korea-selatan-3378375.html

Sistem Operasi

22 March 2013 09:53:54 Dibaca : 11

Tahukah kamu tentang Sistem Operasi?

Di bawah ini adalah informasi seputar Sistem Operasi, Let's read!

 

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah software / perangkat lunak yang berguna untuk menjembatani antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi dijalankan. Contohnya seperti ketika menyimpan melakukan penyimpanan data ke flashdisk, maka proses akan dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi. Secara sederhana dapat digambarkan seperti dibawah ini :

Aplikasi / Perangkat Lunak

Sistem Operasi

Perangkat Keras 

Selain itu, dapat diartikan bahwa sistem operasi merupakan seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.


Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

***

Input device adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan.


Melalui gambaran umum yang saya tuliskan diatas, kita dapat mengetahui makna dan kegunaan dari input device itu sendiri. Input device / alat masukan memasukkan data berupa signal input dan maintenance input. Signal input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan.

Jadi, input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua, yaitu:
Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.
Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
Nah, alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:

1. Keyboard

Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.

Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG

 

2. Mouse

Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial, ps/2, USB, dan wireless.

3. Touchpad

Input device ini biasa kita temukan di laptop/notebook. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.

4. Light Pen

Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.

5. Joystick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan komputer. Games paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk mengendalikan suatu objek dalam komputer.

6. Barcode

Barcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada barcode [Baca: QR Code].

7. Scanner

Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor sebulum dicetak hasilnya.

Saat ini sedang dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader). Gunanya untuk mengkoreksi lembar jawaban komputer (LJK), biodata, dan formulir. Tapi dengan teknologi DMR, lembar jawaban tidak harus ditulis dengan menggunakan pensil 2B, tapi dapat menggunakan pulpen, spidol dan alat tulis lain serta dapat menggunakan kertas biasa.

8. Mikrofon

Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.

9. Graphic Pads

Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Nah itulah macam-macam input device, kegunaan, dan definisinya. Semoga bermanfaat!

 

Source by

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

http://kemelus.blogspot.com/2012/12/pengertian-sistem-operasi.html

http://www.reyvababtista.com/2010/09/mengenal-input-device-alat-masukan-di.html

On The Rocks

09 March 2013 18:31:02 Dibaca : 16

On the rocks. Talk about it, everyone must have felt. In the context of romance, economic or others. And it is possible I've never tasted it. It was not bad and certainly not comfortable. Make the head so dizzy and we can go crazy.

But, we do not ever regret because we have experienced since the sign is still normal because it has an emotional sensitivity. This feeling can also be handled by always thinking positive, attempted, hard work and continued praying the best! Thanks ^^

 

ANES ~,^

Yang Batuk Wajib Baca!

24 February 2013 15:23:41 Dibaca : 15

Berhubung lagi batuk hehe... jadi aku pengen posting artikel tentang batuk.

 

Setiap manusia pernah mengalami batuk. Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap orang. Batuk itu ialah bentuk pertahanan tubuh. Penyebab batuk sangat beragam dan sangat terkait erat dengan sistem pernapasan.

Batuk juga memiliki derajat keparahannya sendiri, mulai dari batuk ringan, sedang sampai batuk berat yang kerap kali dibarengi dengan keluarnya darah.

Batuk tidak sederhana sebagaimana yang disangka banyak orang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan yang kalau tak segera dibereskan akan bertambah parah dan sangat mengganggu aktifitas, yakni sebagai berikut:


Terjadinya tetesan di belakang hidung
Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk.


Pilek dan influenza
Terserang pilek dan influenza juga merupakan penyebab yang paling umum terjadinya batuk.


Asma
Penyakit batuk yang masih baru bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya peradangan atau penyempitan pada saluran nafas). Makanya, bagi Anda atau keluarga yang ingin terhindar dari serangan asma, berusahalah semaksimal mungkin menghindarkan diri dari iritan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.


Lingkungan
Kondisi lingkungan seperti asap, debu, asap rokok, udara yang dingin sampai semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk.


Obat-obatan
Mungkin Anda belum tahu bahwa batuk bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan yang dihirup misalnya kortikostreoid. Batuk juga bisa terjadi karena pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme (ACE) yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.


Gastroesophagael reflux
Keadaan batuk yang semakin buruk ketika Anda berbaring bisa disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esophagus. Gatroeshopagael reflux juga bisa menjadikan batuk akibat asma semakin parah.

Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya.

Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional.

Sebelum menjelaskan mengenai bahan-bahan alami apa saja yang sangat mujarab untuk mengobati batuk berdahak, ada beberapa tips yang mesti dilakukan ketika Anda sedang mengalami batuk berdahak antara lain sebagai berikut:


Menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin. Kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk.


Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket.


Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.


Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak Anda seperti merokok atau minum alkohol.


Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja.


Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya. Minum air putih bisa membantu mengencerkan dahak.


Dan berikut merupakan bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak Anda.


Jahe
Sebagaimana diketahui bahwa Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.


Jeruk nipis
Sudah banyak orang yang merasakan bahwa Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu. Minumlah air perasan Jeruk Nipis dengan kecap atau Madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.


Daun Sirih
Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.


Itulah beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

 

ANES ^^

Ragam Lagu Daerah

24 February 2013 15:15:06 Dibaca : 11

Sekedar mengingatkan buat yang udah lupa atau emang gak tau sama sekali tentang ragam lagu daerah...

 

NAD
Bungong Jeumpa,
Piso Surit.

TAPANULI
Butet,
Madekdek Magambiri,
Mariam Tomong
Sing Sing So,
Dago Inang Sarge.
Sinanggar Tullo
Rambadia

SUMATERA TIMUR
Injit-Injit Semut,
Selendang Mayang,
Timang-timang Anakku Sayang.

SUMATERA BARAT
Ayam Den Lapeh,
Kampuang nan Jauh di Mato,
Mak Inang,
Kambanglah Bungo,
Rang Talu
Kaparak Tingga
Malam Baiko
Lah Laruik Sanjo
Bareh Solok

SUMATERA SELATAN
Tari Tanggai,
Dek Sangke.
Kabile-bile

MADURA/JAWA TIMUR
Tanduk Majeng,
Kerraban Sape.

JAWA TENGAH
Gundhul Pacul,
Gambang Suling,
Lir Ilir,
Suwe Ora Jamu,
Gek Kepriye
Pitik Tukung

JAWA BARAT
Bubuy Bulan,
Manuk Dadali,
Tokecang,
Pileuleuyan,
Warung Pojok,
Cing Cangkeling,
Es Lilin,

JAKARTA
Kicir-kicir,
Surilang,
Jali-jali,
Keroncong Kemayoran

 

GORONTALO

Hulondalo Lipu'u

Lipu'u Hulondalo

Bindhe Biluhuta



SULAWESI UTARA
O Ina Ni Keke,
Si Patokaan,

SULAWESI TENGAH
Tondok Kadadingku.

SULAWESI SELATAN
Pakarena,
Marencong-rencong,
Anging Mamiri
Anak Kukang

KALIMANTAN SELATAN
Ampar-Ampar Pisang,
Paris Barantai,
Saputangan Bapuncu Ampat,

KALIMANTAN BARAT
Cik Cik Periok.

KALIMANTAN TENGAH
Tumpi Wayu,
Kalayar,
Naluya.

BALI
Janger,
Dewa Ayu,
Macepet Cepetan

MALUKU
Burung Tantina,
Buka Pintu,
Rasa Sayang-sayange,
Naik Naik ke Puncak Gunung,
Huhatee,
O Ulate,
Lembe-lembe,
Sarinande,
Waktu Hujan Sore-sore,
Tanase,
Ole Sioh,
Ayo Mama
Hela Rotane

PAPUA
Yamko Rambe Yamko,
Apuse.

NUSA TENGGARA
Bolelebo (Timor Timur)


Itulah beberapa ragam lagu daerah yang ada di Indonesia. Semoga kita bisa melestarikan keanekaragaman budaya, salah satunya lagu-lagu daerah kita.

 

ANES *.*

Blogroll

  • Masih Kosong