Geopolitik sebagai Ilmu Bumi politik

22 February 2013 15:58:18 Dibaca : 2673

Geopolitik sebagai Ilmu Bumi politik

Geopolitik sebagai etimologi berasal dari kata geo ( bahasa yunani ) yang berarti bumi dan tidak lepas dari pengaruh letak serta kondisi geografis bumi yang menjadi wilayah hidup. Geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebujakanya di kaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. Geopolitik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara factor-faktof geografi, strategi, dan politik suatu negara, sedang untuk implementasinya di perlukan suatu atrategi yang bersifat nasional.

Istilah geopolitik pertama kali di artiakan oleh Frederich Radzel sebagai ilmu bumi politik, yang kemudian di peluas oleh Rudolf Kjellen menjadi georagrapichal pilitich, disingkat geopolitik.

Teori-teori Geopolitik

Teori geopolitik Frederich RadzelTeori geopoloik Rudolf KjellenTeori geopolitik Karl HaushoferTeori geopolitik Halfort MackinderTeori gopolitik Alfred Thayer MahanTeori geopolitik GuilioDouhet, Wiliam Mitchel, Saversky, dan Jfc PullerTeori geopolitik Nichkholas J. Spickaman

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll