ARSIP BULANAN : September 2015

Fitur - Fitur dan Fungsi Laptop Axioo PICO PJM M110

20 September 2015 16:49:30 Dibaca : 486

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

      Kali ini saya akan mem-posting suatu tulisan yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan kita semua. Ini adalah postingan pertama saya di BLOG ini dan juga merupakan tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi yang membahas tentang Fitur - Fitur dan Fungsi Device yang saya miliki dan diberikan langsung oleh Bapak Djihad Wungguli. Adapun tulisan tercantum dalam BLOG ini sebagian adalah hasil searching yang saya cari di GOOGLE dan sebagian lagi adalah hasil karangan saya sendiri. Adapun tulisan yang bersumber dari GOOGLE akan saya cantumkan alamatnya di akhir tulisan ini.

        Saya akan membahas tentang LAPTOP Axioo PICO PJM M110 yaitu sebagai berikut :

       

1. PENJELASAN SINGKAT TENTANG LAPTOP


         Komputer Jinjing (bahasa populer : laptop, netbook atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1 – 6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya komputer Jinjing ini berasal dari baterai atau adaptor A/C yang digunakan untuk mengisi ulang dan menyalakan laptop tersebut. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sampai 1 – 6 jam, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi dan ukuran baterai. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop komputer, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing banyak menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci, tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, komputer ini juga dilengkapi dengan papan ketik (KEYBOARD) yang juga dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai pengganti MOUSE. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia pada laptop tersebut. Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati harga komputer desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

 

2. PENJELASAN SINGKAT TENTANG LAPTOP AXIOO PICO PJM M110

          Laptop ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut :

  • Processor : Intel ® Atom ™ DualCore N470/N450 with 4CPU (1.83GHz)
  • Chipset : Mobile Intel® NM10 Express Chipset
  • Graphics : Intel® GMA 3150-256MB
  • Layar : 10.1" WSVGA HD/LED Backlight TFT Display
  • Memory : 1GB DDR3 SoDiMM PC 10600(Fasterr.. with DDR3)
  • HardDrive/Hdd : 320GB Serial ATA 5400 RPM
  • Expansion Slots : Multi-in-1 CardReader, 3 Port USB, VGA Port, Webcam with SmartFace 1.3MP
  • Built-in touch pad with Multi gestured and scroll function
  • Keyboard : Winkey Isolated Keyboard
  • Audio : High Definition Audio Support, Two built-in Stereo Speakers, Built-in digital microphone.
  • Network : Fast Ethernet LAN 10/100 Mbps
  • Wireless LAN : WLAN 802.11b/g/n Wi-Fi CERTIFIED™
  • OS : Windows 7 Ultimate.
  • No Optical Drive

          '

           Gambar diatas adalah contoh Laptop Axioo PICO PJM M110.

           Laptop ini bukan milik saya, tetapi milik kakak saya yang sekarang sudah mengabdi menjadi guru tetap di salah satu SD di Kabupaten Pohuwato.
Sedikit masalah dengan laptop ini. Karena hanya memiliki RAM 1 GB, jadi sering terjadi hank pada saat – saat tertentu. Laptop ini sudah menjadi KOMPUTER alias LAPCOK (istilah orang GORONTALO untuk laptop yang bisa dihidupkan dengan cara dihubungkan dengan sumber listrik terlebuh dahulu). Itu bukan salah saya, karena ketika saya pertama kali menggunakannya, laptop ini telah menjadi KOMPUTER DESKTOP (LAPCOK). Entah apa sebabnya karena saya waktu itu belum tahu apa – apa tentang LAPTOP ini. Dan setelah saya mencari tahu sebab laptop ini sudah menjadi LAPCOK, akhirnya saya mengetahui sebabnya. Yaitu sering di-charge (baterainya sering diisi ulang) walaupun baterainya belum habis atau LOW BATTERY. Dan alhamdulillah laptop ini sangat membantu saya dalam penyusunan LAPORAN AKHIR PRAKERIN di sekolah saya. Dan alhamdulillah juga sudah menjadi sumber rezeki saya saat itu (saat kelas XI SMK) karena saya membantu teman – teman saya menyusun laporan mereka.
Dan tepat sebulan setelah pengumuman kelulusan saya merusak laptop ini dengan kecerovohan saya yang secara tidak sengaja menyentuh slot keyboard di Mainboard dengan obeng yang ketika itu terhubung langsung dengan sumber listrik. Saya jadi prihatin dengan kakak saya yang setelah itu sering pulang pergi ke sekolah tempatnya mengajar untuk mengerjakan sesuatu yang biasanya dia kerjakan di laptop tersebut. Saya menyesal dan prihatin atas apa yang terjadi pada kakak saya dan insya allah saya berjanji akan berusaha untuk mengganti laptopnya yang rusak ketika memasuki semester 3. Semoga niat saya ini bisa tercapai.

 
        Sekian dulu tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga akan ada lagi tulisan - tulisan yang lain.

 

Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

sumber referensi :

  • http://denniz-iqbal.blogspot.co.id/2012/01/sekilas-tentang-laptop.html
  • http://www.kabarandroid.com/2012/12/axioo-pico-m1110-pjm-netbook-murah-spesifikasi-tinggi.html
  • http://archive.kaskus.co.id/thread/13323298/