TUGAS 1 PENGANTAR ILMU KOMPUTER

11 September 2019 10:17:52 Dibaca : 13

NAMA: FITRIANANDA TAHA

NIM: 413419024

FITUR DAN FUNGSI DEVICE YANG SAYA MILIKI

 

·         Sudah menggunakan RAM 3 GB dengan memori internal 32GB

·         Untuk kamera dipastikan sudah menggunakan teknologi artificial intelligence, akan menghasilkan hasil foto yang sangat jernih.

·         Prosesor menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan teknologi 14nm

·         Baterai berkapasitas besar 4230 mah yang bisa tahan sampai seharian penuh

·         Mengusung dual kamera dengan resolusi tinggi

·         Menggunakan poni di bagian atas sehingga mirip dengan iPhone X

·         Sistem operasi sudah menggunakan OS Android 8.1 ya kabarnya bisa di upgrade ke OS Android 9 Pie.

Layar Cukup dengan Resolusi HD

Realme C1 mengusung layar IPS dengan ukuran yang lapang yakni 6,2 inci beresolusi HD+ 720×1520 piksel (271 ppi) dalam aspek rasio 19:9. Layarnya sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 dan juga sudah dilapisi anti gores bawaan pabrik.

Untuk kualitas layarnya, so far so good untuk aktivitas harian ber-smartphone. Sesuai sama harganya, fitur seperti auto-brightness, night shield, dan color temperature juga tersedia.

UI – ColorOS versi 5.1

Realme C1 sudah menjalankan sistem operasi Android versi 8.1 Oreo dengan sentuhan ColorOS versi 5.1. Jadi, antarmukanya sama seperti yang dijumpai di smartphone OPPO.

Dengan launcher tampilan satu lapis, lengkap dengan fitur smart assistant di sisi homescreen paling kiri. Tetapi ada yang aneh, fitur tema yang biasa ada di ColorOS ternyata tidak tersedia di Realme C1.

Kita hanya diberi pilihan untuk mengubah efek transisi, wallpaper, dan homescreen layout 4×6 atau 5×6. Buat yang bosan menggunakan tombol navigasi virtual, navigasi berbasis gesture ada di Realme C1.

Untuk bermain game, Realme membawa fitur game mode bernama Game Space. Pastikan game favorit Anda telah terdaftar di dalamnya, kemudian atur ke mode high performance. Ada juga opsi untuk memblokir banner notifikasi dan telepon masuk, serta mengunci tingkat kecerahan.

Menyoal keamanan, absennya fingerprint sensor membuat para pengguna Realme C1 akan sangat mengandalkan fungsi Face Recognition. Di kondisi cahaya yang ideal, kinerja face unlock ini cukup cepat dan stabil. Sementara, di kondisi cahaya redup kurang begitu konsisten.

Dual Camera

Kamera selalu menjadi fitur penting pada sebuah smartphone dan di sektor ini menjadi fitur unggulan Realme C1 selanjutnya. Ya, saya bicara tentang konfigurasi dual camera, di mana kompetitor di kelasnya belum punya.

Kamera utamanya 13-megapixel, dengan aperture f/2.2, dan teknologi AF. Sedangkan, 2-megapixel menjadi kamera kedua sebagai depth sensor dengan aperture f/2.4. Sementara, kamera yang ada di depan 5-megapixel saja.

Dari pengalaman yang saya alami, antarmuka pada Realme C1 terasa kurang responsif. Terkadang saya harus menekan agak keras tombol virtual shutter-nya. Tombol volume memang bisa digunakan untuk mengambil foto, sayangnya itu juga harus ditekan agak keras.

Tidak ada pengaturan di aplikasi kamera Realme, semua fitur disuguhkan di depan. Ada enam mode utama yang disediakan yaitu photo, video, portrait, sticker, time-lapse, dan panorama.

Pada mode photo, fungsinya sudah lengkap seperti HDR, timer, digital zoom 2x, efek foto, hingga aspek rasio dari standar, square, dan full screen.

Untuk perekam videonya, kamera belakang maupun depannya bisa merekam sampai resolusi 1080p. Berikut adalah beberapa hasil bidikan dari Realme C1.

Hardware – SoC Snapdragon 450

Besaran RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB bisa dimaklumi, performanya sudah cukup baik untuk kebutuhan dasar ber-smartphone harian. Untuk bermain game seperti Mobile Legends: Bang Bang juga sudah lancar, tetapi bakal kerepotan buat main PUBG Mobile.

Untuk menjaga performanya tetap optimal, kita harus lebih pemilih dalam menginstal aplikasi yang digunakan. Jangan lupa untuk menyematkan kartu memori dan rajin-rajin memindahkan file di memori internal ke memori eksternal.

Berikut susunan hardware dari Realme C1:

Sytem-on-chip Qualcomm Snapdragon 450CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53GPU Adreno 506RAM 2GBROM 16GBBaterai Li-Ion 4.230 mAhHasil test benchmark dari beberapa aplikasi, di Antutu Realme C1 mencetak nilai 74.750 poin, sementara di PCMark Work 2.0 meraih 5.090 poin, lalu di 3DMark Sling Shot mendapatkan 826 poin, serta di GeekBench 4 single-core 781 poin dan multi-core 3.663 poin.

Kapasitas baterai 4.230 mAh yang bertugas menopang operasional perangkat juga menjadi salah satu keunggulan Realme C1 yakni menawarkan daya tahan baterai yang baik. Didukung sejumlah faktor seperti chipset Snapdragon 450 yang hemat daya, resolusi layar 720p, dan mode penghemat daya seperti power saving dan smart power saver.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong