ARSIP BULANAN : September 2019

Tugas 1 pengantar ilmu komputer

11 September 2019 13:04:09 Dibaca : 948

FUNGSI DAN FITUR DARI SMARTPHONE REALME 3 PRO

  • Desain

Meskipun desainnya tidak semewah flagship di harga Rp12 juta tapi realme 3 Pro cukup pantas mengklaim sebagai smartphone flagship di harga terjangkau. Di bagian belakangnya, realme 3 Pro memiliki tampilan gradasi warna. Medcom.id menguji smartphone varian warna Nitro Blue, perpaduan biru dan ungu.

Sebetulnya perpaduan dua warna ini bukan hal baru. Namun yang menarik di realme 3 Pro adalah desain bodi belakangnya juga memperlihatkan efek visual seperti tekstur bergaris. Efek ini terlihat saat permukaannya terpantul cahaya dan dilihat dari dekat.Di sisi lain, model permukaan yang mengkilap ini juga memiliki efek negatif, mudah meninggalkan bekas genggaman jari saat berminyak. Ya, selain menyajikan efek visual mengkilap saat terpapar cahaya, ada bercak sidik jari yang mengganggu. Terdapat pemindai sidik jari di bagian belakangnya. Kemudian sebuah kamera belakang ganda dengan bingkai berwana metalik dan sebuah ring berwarna emas di bagian belakang. Medcom.id sendiri kurang nyaman dengan pemilihan warna kedua bagian tadi, tidak sesuai dengan warna bodi yang diusung.

Beralih ke bagian depannya. realme 3 Pro mengusung layar berukuran 6,3 inci yang dilaim berlapis coating Gorilla Glass 5. Resolusi layarnya mengusung FullHD+ (1080 x 2340p) dengan rasio 195:9, sehingga bezelnya juga tipis. Seperti smartphone masa kini, layarnya memiliki notch model dew drop berisi kamera depan yang persis di bagian atasnya terdapat grill speaker. Tidak ada tombol navigasi, semuanya berpindah ke atas layar. Di sisi kanan tersedia tombol Power sementara tombol volume di letakan di sisi kiri.Sedikit berbeda dengan kebanyakan smartphone yang menyatukan tombol volume dan Power di sisi kanan. Bagi Medcom.id desain tersebut masih tergolong ergonomis. Slot MicroSD di sisi kiri menyimpan tiga slot yang digunakan untuk dua kartu SIM dan satu MicroSD. Di sisi bawahnya terdapat lubang audio jack dan port MicroUSB. Meskipun belum mengandalkan USB-C tapi realme 3 Pro sudah mendukung pengisian cepat dari adapter charger bawaan berfitur pengisian cepat VOOC 3.0.

  • Antarmuka dan Fitur

realme 3 Pro dirilis sudah mengadopsi Android 9.0 Pie yang dimodifikasi menjadi antarmuka dari Color OS buatan realme. Versi Color OS yang digunakan adalah versi Color OS 6.0 yang memiliki App Drawer dan beberapa fitur esensial.

 Tampilan ikon yang disajikan juga terasa lebih segar dan tidak meniru merek lain terutama antarmuka produk Apple yang kerap ditiru smartphone Android. Ada fitur Moto Ride yang menonaktifkan semua notifikasi saat berkendara. Fitur ini secara otomatis mengenali bahwa penggunanya sedang berkendara. Selain itu, fitur ini secara otomatis memberikan balasan SMS kepada panggilan yang tidak diterima saat berkendara.

Mendukung para gamer, realme 3 Pro juga memiliki mode Game Space. Fungsinya menonaktifkan notifikasi yang bisa mengganggu keseruan di tengah game dan mengoptimalisasi performa perangkat sekaligus game yang dimasukkan ke fitur ini.Tidak ketinggalan ada fitur pemindai sidik jari yang responnya menurut Medcom.id cukup cepat. Satu lagi adalah fitur AI di kameranya yang akan dijelaskan pada penjelasan di bagian kamera.

  • Kamera

realme 3 Pro memiliki kamera belakang ganda yang menggunakan sensor Sony IMX 519 resolusi 16MP aperture f/1.7 dan lensa keduanya beresolusi 5MP f/2.4. Di kamera depan disediakan sensor 25MP aperture f/2.0.Fitur AI yang otomatis mendeteksi objek atau pemandangan yang tertangkap kamera sehingga memilih mode foto terbaik masih bisa ditemukan di realme 3 Pro. Kemampuan AI ini cukup kadang sulit dan kadang mudah dimanfaatkan.  Pada beberapa pengambilan foto kadang hasil foto malah jadi terlalu overexposure dan warna putih justru terlihat menjadi agak sedikit kuning. Namun pengalaman menggunakan kamera belakangnya cukup memuaskan.Tersedia juga mode Nightscape untuk menghasilkan foto malam dengan efek cahaya yang dramatis.  Beralih ke kamera depannya, sangat bisa diandalakn untuk mengambil foto selfie di kondisi malam dengan catatan pencahayaan mencukupi. Kualitas foto yang dihasilkan akan masih tajam dan cerah tapi tetap terlihat sedikit bercak noise yang muncul.

  • Performanya

Dapur pacu realme 3 Pro dibekali Qualcomm Snapdragon 710 2,2GHz dan GPU Adreno 616. Dalam pengujian untuk bermain game PUBG Mobile, realme 3 Pro bisa bermain di konfigurasi grafik High dan resolusi HD dengan lancar tanpa tersendat. Suhu saat bermain juga terbilang tidak hangat sehingga realme 3 Pro tidak akan terasa panas.

Beralih ke pengujian baterai di PCMark Android tercatat smartphone ini bisa melalui simulasi penggunaan hingga hampir 12 jam. Tentu saja hasil ini bervariasi saat penggunaan nyata tergantung masing-masing pengguna. Hal ini bisa mewakili penilaian bahwa daya tahan smartphone ini cukup panjang.

 Perlu diketahui bahwa kapasitas baterainya cukup besar yaitu 4045mAh. Performanya baik dengan kamera memuaskan di kelasnya tapi tanpa fitur wide angle.

Dari segi desain juga menarik meskipun perpaduan warna di efek gradasi yang ditampilkan sama sekali tidak baru. Di kelas menengah, realme 3 Pro menawarkan varian yang sedikit lebih mahal tapi menyajikan kapasitas RAM 6GB. Di harga tersebut, sayangnya belum tersedia NFC.

  • Spesifikasi : realme 3 Pro
  • Prosesor : Qualcomm Snapdragon 710 AIE
  • GPU : Adreno616
  • OS : Android 9.0 Pie/Color OS
  • RAM : 4GB/6GB
  • Memori Internal : 64GB/128GB Kamera Belakang 16+5MP, Depan 25MP
  • Baterai : 4.045 mAh
  • Layar : 6,3 inci 19,5:9 FullHD+
  • Harga: Rp2.999.000 (4GB/64GB) dan Rp3.699.000 (6GB/128GB)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong