Mendeley

04 October 2018 21:23:09 Dibaca : 1718

Rangkuman Hasil Diskusi Mendeley
Aplikasi mendeley sangat membantu dalam pembuatan sitasi atau catatan kaki. Dengan menggunakan mendeley kita bisa terhindar dari aktivitas plagiat, atau menciplak hasil karya orang lain tanpa mencantumkan siapa penulisnya.
Dalam aplikasi mendeley ada fitur Sync yang artinya sinkronisasi, sinkronisasi ini bertujuan untuk menghubungkan mendeley dengan internet agar data base yang kita download bias tersimpan langsung kedalam aplikasi mendeley dengan memilih simpan di mendeley pada perintah saat akan mendownload, tetapi hal yang harus kita perhatikan pertama adalah, aktifkan install web importer pada aplikasi mendeley di menu bar TOOLS. walaupun pdf kita otomatis di dalam mendeley tetapi data basenya berada di dalam computer atau laptop (perangkat keras.
Namun, hal ini yang membingunggkan saat kita mensinkronkan. Mendeley juga terdapat kekurangan mungkin karena, pada saat diskusi kemarin ada yang mengatakan bahwa saat dia mengklik reference insert citation dan bibliography ternyata judul dari pdf yang diambil tercopy 2 kali dalam 1 daftar pustaka, hal inilah yang masih dibicarakn saat diskusi.
Ada juga yang mengatakan bahwa kekurangan dari mendeley yakni, pada daftar pustakanya tertuliskan halaman, tetapi anehnya bukan halaman yang kita kutip melainkan seluruh halamanya yang tertera.
Namun, kita sebagai pengguna mendeley seharusnya lebih memperhatikan dan lebih teliti saat penulisan citation, periksalah kembali apakah citasi yang tertulis sudah benar dan sesuai dengan kaidah penulisan. Karena jika detail pdf/jurnal yang kita ambil tidak sesuai dengan apa yang tertera di dalam pdf makan penulisan citasi/ daftar pustaka juga akan keliru.
Penggunaan mendeley sudah disosialisasikan terutama di perguruan tinggi negeri termasuk gorontalo, tepatnya fakultas MIPA, mahasiswa biologi di laboratorium zoology.
Sekali lagi penggunaan mendeley bagi saya sebagi mahasiswa yang tidak bisa jauh dari karya ilmiah, makalah, laporan, proposal bahkan skripsi sangat membantu dan membuat saya tdk repot lagi dalam penulisan sitasi/ daftar pustaka.

Rangkuman tentang Microsoft Excel

04 October 2018 21:11:51 Dibaca : 1175

RANGKUMAN HASIL DISKUSI TENTANG MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Versi pertama Excel untuk Mac dijual di pasar pada tahun 1985, sedangkan versi Windows pada tahun 1987.Versi terakhir saat ini adalah Microsoft Excel 2011 untuk Mac OS X dan Microsoft Excel 2013 untuk Microsoft Windows.Dalam pelatihan ini, versi yang dipakai adalah versi 2010 untuk Microsoft Windows (Santoso, 2013).
Menurut Santoso (2013), Ada beberapa fitur operasi pada program aplikasi microsoft excel antara lain :
a. Format sel
Alamat sel dalam format yang paling umum berupa alamat kolom dan alamat baris. Sebagai contoh, jika sebuah sel berada di kolom A dan baris 1, maka alamat sel yang bersangkutan adalah A1.
b. Fungsi hitung
Ada banyak fungsi hitung dalam microsoft excel diantaranya adalah =sum (..) berfungsi untuk menghitung penjumlahan, =Count (….) berfungsi untuk melakukan counter, =max (..) berfungsi untuk mencari nilai maksimal (terbesar), =Min (..), untuk menjari nilai minimum (terkecil), =average (..) berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dan lain-lain.
c. Format Karakter
Fungsi rumus LEFT, MID dan RIGHT bisa digunakan untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel dimulai dari arah kiri, tengah ataupun kanan.
1) Rumus LEFT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri. (=LEFT ( Text; Num_Chars )
2) Rumus MID berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari tengah. (=MID ( Text; Start_Num; Num_Chars )
3) Rumus RIGHT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kanan. (=RIGHT ( Text; Num_Chars )
Referensi :
(http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-rumus-left-mid-right-di-excel.html)
d. Fungsi Logika
Untuk menggunakan fungsi logika di microsoft excel, terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang operator relasi. Operator relasi merupakan operator untuk membandingkan dua atau lebih data dalam satu cell.Jika benar (True) maka nilainya 1 dan jika salah (False) nilainya 0.Adapun jenis-jenis operator relasi yaitu:
1) Sama Dengan ( = )
2) Lebih Besar ( > )
3) Lebih Besar atau Sama Dengan ( >= ) \
4) Lebih Kecil ( < )
5) Lebih Kecil atau Sama Dengan ( <= )
6) Tidak Sama Dengan ( <> )
7) AND, OR dan NOT.
Fungsi Logika terkenal sebagai fungsi IF, yang kegunaannya untuk mendefinisikan / mengisi suatu Cell berdasarkan Cell yang lain atau kriteria tertentu, adapun rumusnya adalahIF ( Logical Test; Value if True; Value IF False ).
Referensi :
http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-logika-if-di-microsoft-excel.html
e. Membuat Grafik
Microsoft Excel 2010 memudahkan anda untuk membuat sebuah chart. Menyediakan tipe chart yang berbeda, yang bisa anda pilihketika anda membuatnya. Untuk tipe chart yang sering digunakan, anda bisa mengatur data yang akan ditampilkan pada chart dalambaris atau kolom dalam sebuah worksheet. Beberapa tipe chart tertentu seperti pie dan bubble, membutuhkan data yang sangatspesifik. Penggunaan pie dan bubble chart biasanya untuk data single.Sedangkan untuk data berdasarkan baris dan kolom yangbanyak (multiple) biasanya menggunakan column dan bar chart.
Selain itu, microsoft excel memiliki beberapa keuntungan antara lain mempermudah kita dalam mencari nilai rata-rata dari suatu data, dalam satu sheet mampu menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban dan pertanyaan, dan microsoft excel juga membantu dalam pembuatan RPP dan silabus pembelajaran.
Namun penggunaan microsoft excel ini dikalangan mahasiswa belum terlalu efektif. Hal ini diakibatkan karena minimnya pengetahuan mahasiswa tentang cara mengoperasikan microsoft excel tersebut.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

25 August 2018 14:56:05 Dibaca : 987

Nama : Yunangsi Harun Nim : 431415034 Kelas : A

RANGKUMAN
Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write). ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.
Terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
1. Acces (Akses)
2. Manage (Mengelola)
3. Integrated (Meng-integrasikan)
4. Evaluate (Meng-evaluasi)
5. Reate (Menciptakan)
Terdapat beberapa literasi terdiri dari :
1) Tingkat Kematangan literasi TIK
Tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.
2) Literasi Informasi
Literasi informasi terdiri dari :
a. Elemen-elemen literasi informasi : terdiri dari Visual Literacy, Media Literacy, Computer Literacy, Digital Literacy dan Network Literacy. Menurut Eisenberg (2004) orang yang melek jaringan memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut:
- Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring
- Memiliki pemahaman bagaimana sistem informasi berjejaring diciptakan dan dikelola
- Dapat melakukan temu balik informasi tertentu
- Dapat memanipulasi informasi berjejaring dengan memadukan dengan sumber lain
- Dapat menggunakan informasi berjejaring unutk menganalisa dan memecahkan masalah yang terkait dengan pengambilan keputusan
- Memiliki pemahaman akan peran dan penggunaan informasi berjejaring untuk memecahkan masalah
b. Model pencarian informasi : terdiri dari Starting (Mulai), Chaining (Menghubungkan), Browsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), Extracting (Mengambil Sari)
3) Literasi Komputer
Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Seorang profesional di bidang komputer yang berpengalaman dapat mempertimbangkan kemampuan dirinya untuk dapat mengajar (yaitu untuk mempelajari program-program baru dengan terbiasa atau mengerjakan tugas-tugas seperti yang ditemui) sehingga dikatagorikan “melek komputer”.
4) Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer. Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.
5) Literasi Internet
Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi

MOMB

04 September 2015 16:51:28 Dibaca : 921

Pada hari kamis lalu saya melakukan masa orientasi mahasiswa baru, masa itu adalah masa yang paling bagus meskipun kadang kadang tidak enak bagi saya 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong