ARSIP BULANAN : August 2018

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

25 August 2018 14:56:05 Dibaca : 988

Nama : Yunangsi Harun Nim : 431415034 Kelas : A

RANGKUMAN
Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write). ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.
Terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
1. Acces (Akses)
2. Manage (Mengelola)
3. Integrated (Meng-integrasikan)
4. Evaluate (Meng-evaluasi)
5. Reate (Menciptakan)
Terdapat beberapa literasi terdiri dari :
1) Tingkat Kematangan literasi TIK
Tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.
2) Literasi Informasi
Literasi informasi terdiri dari :
a. Elemen-elemen literasi informasi : terdiri dari Visual Literacy, Media Literacy, Computer Literacy, Digital Literacy dan Network Literacy. Menurut Eisenberg (2004) orang yang melek jaringan memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut:
- Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring
- Memiliki pemahaman bagaimana sistem informasi berjejaring diciptakan dan dikelola
- Dapat melakukan temu balik informasi tertentu
- Dapat memanipulasi informasi berjejaring dengan memadukan dengan sumber lain
- Dapat menggunakan informasi berjejaring unutk menganalisa dan memecahkan masalah yang terkait dengan pengambilan keputusan
- Memiliki pemahaman akan peran dan penggunaan informasi berjejaring untuk memecahkan masalah
b. Model pencarian informasi : terdiri dari Starting (Mulai), Chaining (Menghubungkan), Browsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), Extracting (Mengambil Sari)
3) Literasi Komputer
Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Seorang profesional di bidang komputer yang berpengalaman dapat mempertimbangkan kemampuan dirinya untuk dapat mengajar (yaitu untuk mempelajari program-program baru dengan terbiasa atau mengerjakan tugas-tugas seperti yang ditemui) sehingga dikatagorikan “melek komputer”.
4) Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer. Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.
5) Literasi Internet
Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong