Hasil Rangkuman Diskusi 28 September 2017 "Pengoperasian Ms. Excel"

29 September 2017 20:24:54 Dibaca : 20

Rangkuman Forum Diskusi 28 September 2017
“Microsoft Excel”
Microsoft Excel merupakan fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsift Office lainya. Seperti misalnya kita akan membuat data perhitungan atau apaun itu yang berhubungan dengan pengolahan angka/data. Kitapun bisa mengintegrasikan excel dg ms ward dan power point.
Kelebihan lain adalah excel adalah :
1. Menampung data yang cukup besar.
2. Bisa dihubungkan dengan aplikasi statistic lainya.
3. Pengunaan rumus yang lengkap. Seperti untuk menjumlahkan maupun memasukan data berupa (if dan lain sebagainya)
Hanya saja masih banyak teman-tema yang belum tau mengoperasika Excel dikarenakan belum pernah mengoperasikan excel menggunakan rumus hanya digunakan dalam pembuatan tabel.
Penggunaan excel juga harus butuh ketelitian untuk mengoperasikannya karena jika tidak teliti maka rumus yang kita masukan bisa eror atau #value. Kita juga bisa mengintegrasikan sheet yang ada pada excel yakni dengan memasukan rumus =IF(Klik sheet yang mempunyai datakemudia) dan enter. Seperti yang pak diki kirim waktu itu tentang aplikasi excel dalam pembuatan kurikulum KTSP.
Penerapan excel dikalangan mahasiswa sepertinya belum efektif , tetapi penggunaan excel di mahasiswa statistika dan matematika excel merupakan alat bantu mereka untuk mengolah data.
Wiwi Pratiwi juga berkomentar yang sama : Mc. Excel sangat berguna dalam memudahkan menghitung data tanpa perlu repot-repot menghitungnya secara manual.
Hanya saja rumitnya serta banyaknya rumus-rumus yang digunakan dalam mengolah data.
Dewi A.G ina mengatakan bahwa dia pernah menggunakan Mc. Excel tapi ada beberapa kesulitan yang sdia rasakan.
Sekali merut saya penggunaan Aplikasi Ms Excel sangat membantu dalam pengolahan angka/data. Ketelitian dalam penggunaan aplikasi ini dibutuhkan. Mulailah belajar dengan mencari fungsi rumus-rumus yang ada di excel dan itu di sediakan di google.