Hasil Rangkuman Forum Diskusi 24 SEPTEMBER 2017 "Pengoperasian Mendeley"

29 September 2017 20:20:21 Dibaca : 32

Rangkuman Hasil Diskusi
Aplikasi mendeley sangat membantu dalam pembuatan sitasi atau catatan kaki. Dengan menggunakan mendeley kita bisa terhindar dari aktivitas plagiat, atau menciplak hasil karya orang lain tanpa mencantumkan siapa penulisnya.
Dalam aplikasi mendeley ada fitur Sync yang artinya sinkronisasi, sinkronisasi ini bertujuan untuk menghubungkan mendeley dengan internet agar data base yang kita download bias tersimpan langsung kedalam aplikasi mendeley dengan memilih simpan di mendeley pada perintah saat akan mendownload, tetapi hal yang harus kita perhatikan pertama adalah, aktifkan install web importer pada aplikasi mendeley di menu bar TOOLS. walaupun pdf kita otomatis di dalam mendeley tetapi data basenya berada di dalam computer atau laptop (perangkat keras.
Namun, hal ini yang membingunggkan saat kita mensinkronkan. Mendeley juga terdapat kekurangan mungkin karena, pada saat diskusi kemarin ada yang mengatakan bahwa saat dia mengklik reference insert citation dan bibliography ternyata judul dari pdf yang diambil tercopy 2 kali dalam 1 daftar pustaka, hal inilah yang masih dibicarakn saat diskusi.
Ada juga yang mengatakan bahwa kekurangan dari mendeley yakni, pada daftar pustakanya tertuliskan halaman, tetapi anehnya bukan halaman yang kita kutip melainkan seluruh halamanya yang tertera.
Namun, kita sebagai pengguna mendeley seharusnya lebih memperhatikan dan lebih teliti saat penulisan citation, periksalah kembali apakah citasi yang tertulis sudah benar dan sesuai dengan kaidah penulisan. Karena jika detail pdf/jurnal yang kita ambil tidak sesuai dengan apa yang tertera di dalam pdf makan penulisan citasi/ daftar pustaka juga akan keliru.
Penggunaan mendeley sudah disosialisasikan terutama di perguruan tinggi negeri termasuk gorontalo, tepatnya fakultas MIPA, mahasiswa biologi di laboratorium zoology.
Sekali lagi penggunaan mendeley bagi saya sebagi mahasiswa yang tidak bisa jauh dari karya ilmiah, makalah, laporan, proposal bahkan skripsi sangat membantu dan membuat saya tdk repot lagi dalam penulisan sitasi/ daftar pustaka.