rangkuman materi video

19 October 2017 15:49:43 Dibaca : 59

NAMA: DEFRIANTI DJIBU
NIM: 431-415-0477
KELAS B
PROSES FOTOSINTENSIS PADA TUMBUHAN HIDRILLA SP.
Peengertian fotosintesis
Fotosintesis merupakan proses yang dilakukan oleh organisme autotrof, dengan menggunakan energi dari cahaya matahari yang diserap oleh klorofil untuk membuat bahan makanan dari molekul sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks.
Proses fotosintesis dengan melihat gelembung udara
Rangkaian alat fotosintesis Hydrilla sederhana diletakan di luar ruangan tepat di bawah sinar langsung. Setelah beberapa menit liat apa yang tejadi pada tumbuhan hidrylla tersebut, jika tumbuhan ini mengeluarkan gelembung udara maka tumbuhan ini sedang mengalami proses fotosintesis. Gelembung udara ini akan naik kepermukaan tabung reaksi.
Fotosintesis umumnya dapat berjalan pada suhu antara 5 – 40 ºC. Kecepatan fotosintesis bertambah sampai maksimal pada suhu 35 ºC dan setelah itu kecepatan fotosintesis turun tajam. Penurunan ini mungkin disebabkan karena enzim menjadi kurang aktif.
Pada proses fotosintesis ini yang paling berpengaruh dalam reaksi adalah suhu, dimana semakin tinggi suhu maka laju reaksi akan semakin cepat. Demikian juga untuk jumlah sel dalam hal ini dapat dianalogikan sebagai jumlah katalis, dimana semakin besar jumlah katalisnya maka semakin besar pula nilai laju reaksinya.
Tumbuhan Hydrilla Sp. Hal ini dipengaruhi oleh intensitas cahaya serta pengaruh CO2 yang mendukung proses fotosintesis, pada tumbuhan Hydrilla sp. menghasilkan gelembung yang lebih banyak dengan bantuan cahaya sinar matahari.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong