ARSIP BULANAN : October 2018

VIDEO PEMBELAJARAN

18 October 2018 23:05:49 Dibaca : 1085

RANGKUMAN DARI VIDEO
PEMBELAJARAN
1. Story Board adalah penyusun grafik seperti sekumpulan ilustrasi atau gambar yang ditampilkan secara berurutan untuk tujuan visualisasi grafik bergerak atau urutan media interaktif, termasuk interativitas website. Storyboard sering dibuat agar ide-ide yang akan dituangkan dapat dituliskan dengan baik.
2. Camtasia adalah sebuah studio video yang berisi beberapa konvensi mengedit, merekam dan menangkap alat untuk desain professional video, demo dan presentasi. Cantasia adalah software untuk membuat capture dari screen monitor menjadi single file atau AVI file. Camtasia dapat melakukan capture untuk area desktop, fix area atau sebuah area dengan melakukan square pada desktop.
3. Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.
4. Moovly adalah merupakan layanan online yang digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan banyak fasilitas yang dapat digunakan didalamnya. Hamper sama seperti powtoon tampilan dari hasilnya.

MICROSOFT EXCELL

06 October 2018 22:14:12 Dibaca : 1859

MICROSOFT EXCELL
A. Microsoft Excell
Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows.
Komponen Microsoft Excell yaitu: komponen yang terdapat dalam Microsoft Excel yaitu Icon Control Menu, Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif. Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain. Size, mengatur ukuran layar jendela Excel. Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk icon. Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memnuhi layar. Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.
Hal yang Menarik dalam Mc. Excell ada banyak ya. Bukan hanya dalam memudahkan pekerjaan tapi Excell juga bisa di pakai Buat menggambar Anime hal tersebut pernah dilakukan oleh Seniman asal jepang.
beberapa rumus dalam Ms. Excell
Penjumlahan =Sum(angka yang akan dijumlahkan), ENTER
Pengkuadratkan =23(klik angka)^2, ENTER
Rata-rata =average(angka) ENTER
Untuk pengakaran =sqrt(angka) ENTER
Untuk pembagian =4/2 ENTER
B. Kelebihan Microsoft Excell
1. Memudahkan kita menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafik
2. Ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif
3. Memudahkan menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error
4. Memudahkan kita untuk memilah - milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter
5. Memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan empat kriteria sekaligus Bahkan lebih
6. Microsoft Excel ini dapat digunakan untuk pengolahan data (Subagyo, 2010). Pengolahan data yang dimaksud mencakup data penelitian, data penduduk, data penilaian, data untuk kewirausahaan dan lain sebagainya
7. Manfaat dalam mengolah data dengan menggunakan rumus yang ada di dalam excell dan terlbih lagi excell sudah bisa menyerupai tampilan word
8. Kegunaan MS Excel bagi mahasiswa yaitu dalam pembuatan RPP, pembuatan Silabus, pengolahan data statistik, pembuatan grafik, pembuatan tabel presentasi data, pembuatan data presentasi akademik.
C. Kekurangan Microsoft Excell
1. kelemahan dari excell adalah memakan waktu yang banyak dalam memasukkan data secara manual, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.
2. kesulitan dalam mengoperasikan Excell ialah kurangnya pemahaman terhadap rumus-rumus perhitungan yang akan digunakan, misalnya jika untuk menghitung nilai rata-rata rumusnya adalah (=Average).

 

MENDELEY

03 October 2018 20:43:58 Dibaca : 1646

1. Manfaat Mendeley
a) Menghindari plagiat, selain itu memudahkan kita dalam menyusun makalah, laporan, proposal dsb, karena Mendeley ini memiliki fiture yang sangat membantu yaitu dari catatan kaki sebuah paragraf dan daftar pustaka yg secara otomatis sehingga kita tidak perlu kembali meninjau antara catatan kaki dan daftar pustaka.
b) Dengan adanya mendeley kita lebih mudah dalam menyusun karya ilmiah.
c) Mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini.
d) Mendeley dapat berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux dan menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.
2. Kekurangan Mendeley
a) Kesulitan dalam menggunakan Mendeley yaitu pada saat kita mencari kepustakaan sesuai dengan yang di inginkan namun URL tidak tercantum.
b) Aplikasi mendeley ini memiliki syarat agar bisa terhubung yaitu harus dengan adanya koneksi internet, apabila tidak dalam jangkauan internet maka akan sulit untuk menjalankan aplikasi internet.
c) Langkah-langkah yang digunakan begitu banyak sehingga ketika akan dilakukan kembali ada kemungkinan untuk lupa langkah-langkah yang akan dilakukan.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

01 October 2018 01:18:17 Dibaca : 1403

NAMA/ NIM : ANA AININA/ 431416002
KELAS : PENDIDIKAN BIOLOG/ B
MAKUL : PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
Rangkuman
Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki arti kemampuan untuk membaca dan menulis, dapat juga diartikan kemampuan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah dalam mencapai tujuan. Terdapat 5 aspek terkait yang integrasi dan aplikasi kemampuan kognitif dan teknis.
a. Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi.
b. Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi.
c. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi. Hal ini termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi.
d. Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi.
e. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.
1. Tingkat Kematangan Literasi TIK
a) Level 0  seorang individu yang tidak tahu dan tidak peduli pentingnya informasi dan teknologi.
b) Level 1  seseorang yang tidak memiliki pengalaman tentang teknologi namun mencari tahu dengan melibatkan teknologi informasi.
c) Level 2  seorang yang telah berkali-kali menggunakan TIK untuk aktivitas sehari-hari.
d) Level 3  seorang yang telah memiliki standar penguasaan TIK dan menggunakan dalam aktivitas sehari-hari.
e) Level 4  seseorang yang telah sanggup meningkatkan kinerja kehidupan seharihari dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.
f) Level 5  seorang yang menganggap teknologi dan komunikasi sebagai bagian dari aktivitas sehari-harinya dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).
2. Literasi Informasi
a. Elemen-elemen Literasi Informasi
1) Visual Literacy  kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut.
2) Media Literacy  kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.
3) Computer Literacy  komputer sebagai fasilitas untuk memperluas kemampuan manusia dalam memperoleh informasi.
4) Digital Literacy  keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital.
5) Network Literacy  keahlian dalam pengguasaan IPTEK.
Karakteristik orang yang paham jaringan yaitu
a) Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring
b) Memiliki pemahaman bagaimana sistem informasi berjejaring diciptakan dan dikelola
c) Dapat melakukan temu balik informasi tertentu dari jaringan dengan menggunakan serangkaian alat temu balik informasi
d) Dapat memanipulasi informasi berjejaring dengan memadukan dengan sumber lain dan meningkatkan nilai informasinya untuk kepentingan tertentu
e) Dapat menggunakan informasi berjejaring unutk menganalisa dan memecahkan masalah yang terkait dengan pengambilan keputusan, baik untuk kepentingan tugas dan maupun pribadi, serta menghasilkan layanan yang mampu meningkatkan kualitas hidup.
f) Memiliki pemahaman akan peran dan penggunaan informasi berjejaring untuk memecahkan masalah dan memperingan kegiatan dasar hidup.
Model pencarian informasi yaitu:
1. Starting = memulai
2. Chaining = menghubungkan
3. Browsing = menjelajah
4. Differentiating = Pembedaan
5. Monitoring = Memantau
6. Extracting = Mengambil Sari
3. Literasi Komputer
Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Dengan kata lain orang yang paham dengan komputer maka akan menggunakan komputer secara efisien untuk membantu pekerjaannya seperti browser, email dan chatting.

4. Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.
Manfaat literasi digital, menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, selalu memperoleh informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan yang lebih baik, dapat membuat anda bekerja, membuat lebih bahagia, dan mempengaruhi dunia.
Elemen penting dalam Literasi Digital yaitu
1. Social networking yaitu individu yang terlibat dalam layanan online seperti kehidupan di social media.
2. Transliteracy diartikan kemampuan memanfaatkan segala platform yang berbeda khususnya untuk membuat konten dan berbagai layanan online yang tersedia.
3. Maintaining Privacy, atau menjaga privasi dalam dunia online.
4. Managing Digital Identity, cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainya.
5. Creating Content, atau ketrampilan tentang bagaimana caranya membuat konten di berbagai aplikasi online dan platform.
6. Organising and Sharing Content, adalah mengatur dan berbagi konten informasi agar lebih mudah tersebarkan.
7. Reusing/repurposing Content, mampu bagaimana membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersedia hingga menghasilkan konten baru dan dapat dipergunakan kembali untuk berbagai kebutuhan.
8. Filtering and Selecting Content, kemampuan mencari, menyaring dan memilih informasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
9. Self Broadcasting, bertujuan untuk membagikan ide-ide menarik atau gagasan pribadi dan konten multimedia
5. Literasi Internet
Kemampuan menggunakan internet secara teoritias ataupun praktis. Dan perangkat yang digunakan merupakan perangkat komputer yang merupakan alat digital.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong