ARSIP BULANAN : August 2019

Ranguman Materi Literasi Tenologi, Informasi dan komunikasi

29 August 2019 18:03:26 Dibaca : 1708

Nama : Rini Awe

Nim     : 431416010

 

Rangkuman

Materi : Literasi Teknologi, Informasi dan Komuniasi

Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).  Ada lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:

a.       Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi.

Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi. Hal ini termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi. Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.Tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer.

1. Tingat kematangan literasi TIK

Tingkat kematangan ini terdapat level 0 yaitu jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari, Level 1 yaitu jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah, dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinya, level 2 yaitu jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya, level 3 yaitu jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya, level 4 yaitu jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi, dan level ke 5 yaitu jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).

2. Literasi Informasi

a. Elemen-elemen Literasi Informasi

1)      Menurut Eisenberg (2004) orang yang melek jaringan memiliki sejumlah karakteristik diantaranya yaitu Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring dan Memiliki pemahaman akan peran dan penggunaan informasi berjejaring untuk memecahkan masalah dan memperingan kegiatan dasar hidup.

b.  Model Pencarian Informasi

            yaitu diawali Starting (Mulai), pencari informasi mulai melakukan pencarian atau pengenalan awal terhadap rujukan, kemudian Chaining (Menghubungkan), Browsing (Menjelajah), Browsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (memantau), dan Extracting.

3. Literrasi Komputer

Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Seorang profesional di bidang komputer yang berpengalaman dapat mempertimbangkan kemampuan dirinya untuk dapat mengajar

4. Literasi Digital

Literasi digital di definisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital serta pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital.

a.       Pemanfaatan literasi digital

Terdapat 10 pemanfaatan literasi digital

1.      Menghemat waktu

2.      Belajar lebih cepat

3.      Menghemat uang

4.      Membuat lebih aman

5.      Selalu memperoleh informasi terkini

6.      Selalu terhubung

7.      Membuat keputusan yang lebih baik

8.      Dapat membuat anda bekerja

9.      Membuat lebih bahagia

10.  Mempengaruhi dunia

b.      Elemen penting literasi digital

1.      Social Netwokring

Kehadiran situs jejaring sosial adalah salah satu contoh yang ada dalam social networking atau kehidupan sosial online.

2.      Transliteracy

diartikan sebagai kemampuan memanfaatkan segala platform yang berbeda khususnya untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan hingga mengkomunikasikan melalui berbagai media sosial, grup diskusi, smartphone dan berbagai layanan online yang tersedia.

3.      Maintaining Privacy yaitu menjaga  privasi dalam dunia online

4.      Managing Digital Identity

berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainya.

5.      Creating Content

atau berkaitan dengan suatu ketrampilan tentang bagaimana caranya membuat konten di berbagai aplikasi online dan platform.

6.      Organising and Sharing Content

adalah mengatur dan berbagi konten informasi agar lebih mudah tersebarkan.

7.      Reusing/repurposing Content

mampu bagaimana membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersedia hingga menghasilkan konten baru dan dapat dipergunakan kembali untuk berbagai kebutuhan.

8.      Filtering and Selecting Content

kemampuan mencari, menyaring dan memilih informasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

9.      Self Broadcasting

bertujuan untuk membagikan ide-ide menarik atau gagasan pribadi dan konten multimedia.

            5. Literasi Intrnet

Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital.

                       

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong