Rangkuman Hasil diskusi mikrosoft Excel

12 September 2019 18:35:35 Dibaca : 1924

NAMA           : RINI AWE

NIM                : 431416010

KELAS          : A/PENDIDIKAN BIOLOGI

RANGKUMAN

Berdasarkan diskusi yang telah dilaksanakan berikut merupakan rangkuman dari hasil diskusi tersebut yaitu:

Dalam pengoperasiannya terdapat beberapa manfaat dari aplikasi Microsoft Excel yaitu sebagai pengolah Angka. Namun untuk lebih jelasnya ada beberapa manfaat dari penggunaan microsoft excel yaitu sebagai berikut:

1.      Dapat memudahkan kita dalam menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafik.

2.      Adanya ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif.

3.      Dapat memudahkan kita dalam menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error.

4.      Dapat memudahkan kita untuk memilah-milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter.

5.      Memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan empat kriteria sekaligus bahkan lebih.

6.      Dengan adanya fitur grafik data pada Microsoft excel ini dapat memberikan kemudahan bagi kita dalam proses penganalisaan data dalam bentuk table maupun grafik.

7.      Jumlah baris dan kolom yang sangat banyak pada Microsoft excel ini akan memudahkan kita ketika menginput data bahkan dalam jumlah yang sangat banyak

Sedangkan hal-hal diatas sesuai pernyataan Subagy (2010) bahwa microsoft Excel ini dapat digunakan untuk pengolahan data. Pengolahan data yang dimaksud mencakup data penelitian, data penduduk, data penilaian, data untuk kewirausahaan dan lain sebagainya.

 

 

Fungsi dari Microsoft Exel yaitu :

a.      Membuat grafik persamaan matematika.

b.       Sebagai sarana pembelajaran komputer dan logika.

c.       Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan

Cara membuat grafik pada Microsoft excel:

1)  Membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2)  Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

3)   Selanjutnya blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

4)    Klik menu insert, Chart,  maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

5)   Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan salah satu bagian dari paket instalasi Microsoft Office yang dapat digunakan untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.

Kelebihan dari Microsoft Excel antara lain:

Memiliki spreadsheet yang besar, bisa digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana. Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet. Mendukung Visual Basic

Ternyata setelah mendapatkan mata kuliah Pengajaran Berbantuan Komputer ada hal-hal menarik mengenai aplikasi microsoft excel ini. Akan tetapi, meskipun demikian terdapat pula beberapa kekurangan dari aplikasi excel yaitu:

1.      Memakan waktu yang banyak dalam memasukkan data secara manual, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan.

2.      Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien. 

3.      Menyulitkan pengguna apabila tidak menghafal rumus ketika mengoperasikan aplikasi excel.

4.      Dapat di pakai juga untuk menggambar Anime hal tersebut pernah dilakukan oleh Seniman asal jepang.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong