ARSIP BULANAN : September 2019

Rangkuman Video Pembelajaran

24 September 2019 18:12:46 Dibaca : 1176

Nama              : Aprillya Datunsolang

NIM                : 431416011

Prodi/Kelas    : A/Pendidikan Biologi

 

Rangkuman Video Pembelajaran

1.      Storyboard

Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek,games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan/desain. Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.

Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Untuk mempermudah membuat proyek, maka harus dibuat sebuah rencana kasar sebagai dasar pelaksanaan. Outline dijabarkan dengan membuat point-point pekerjaan yang berfungsi membantu untuk mengidentifikasi material apa saja yang harus dibuat, didapatkan, atau disusun supaya pekerjaan dapat berjalan (Waryanto, 2010)..

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam pembuatan video pembelajaran:

a.       Camtasia

Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer. Software ini bisa kita manfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan elearning.

Navigasi (kontrol) utama dalam Camtasia. Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah:

1.      Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada dekstop computer)

2.      Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sbeelumnya telah direkam pada dekstrop komputer)

3.      Produce (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya

4.      Share berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga pooin di atas (Wijayanto, 2010).

b.      Moovly

Moovly memiliki tiga pilihan tujuan penggunaan, yaitu Personal, Bisnis, dan Edukasi. Moovly memiliki desain interface yang intuitif sehingga dapat dengan mudah mengedit, mengopi, dan menggunakan video atau presentasi. Pengguna untuk tujuan bisnis memiliki dua fungsi tambahan - Boost dan Clean Graphic - sebagai pilihan lain ketika membuat presentasi.

c.       Powtoon

Powtoon merupakan media animasi papan tulis yang terkenal untuk membuat presentasi dengan menggunakan desain yang tersedia. Powtoon memiliki interface yang mudah digunakan dan intuitif diikuti dengan pilihan objek, karakter, dan tema yang beragam untuk membuat animasi. Animasi yang dibuat bisa langsung diekspor ke Youtube. Powtoon juga menyediakan video cara penggunaan dan pengetahuan dasar jika kita  membutuhkan bantuan dan dukungan untuk membuat animasi.

Referensi:

Waryanto, Nur Hadi. 2010. Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif. UNY: Jurusan Pendidikan Matematika.

Wijayanto, Rachmat. 2010.Aplikasi Camtasia Studio untuk Media Pembelajaran Multimedia dan E. Learning.

 

Rangkuman Hasil Diskusi Microsoft Excel

11 September 2019 20:09:35 Dibaca : 1031

RANGKUMAN HASIL DISKUSI

Nama  : Aprillya Datunsolang

NIM     :431-416-011

Kelas   : A/Pendidikan Biologi

Microsoft Excel adalah program perhitungan yang sangat populer di Indonesia. Saat ini cukup banyak pengguna Microsoft Excel yang hanya menggunakan programini untuk mengetik tabel, padahal di dalam Microsoft Excel tersedia banyak fasilitas untuk memaksimalkan pembuatan laporan dalam bentuk tabel dan memecahkan banyak perhitungan yang rumit.

Langkah awal dalam menggunakan aplikasi mikrosoft Office Excel ada dua cara

1. Klik Start kemudian Klik Program Klik Microsoft Office Klik mikrosoft Office Excel

2. Klik Microsoft Excel pada shortcut dua kali dengan cepat atau Klik Microsoft Excel pada shortcut lalu enter

Fungsi utama dari Microsoft Excel juga adalah untuk mengolah data. Manfaat dari Microsoft Excel di antaranya yaitu dalam pengelolaan data, untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

Kelebihan dari Microsoft Excel antara lain:

1)      Memiliki spreadsheet yang besar, bisa digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.

2)      Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.

3)      Mendukung Visual Basic

Kekurangan Microsof Excel antara lain:

1)      Memiliki akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik yang terbatas.

2)      Memiliki jumlah sel terbatas.

Langkah-langkah dalam menggunakan Microsoft Excel, yaitu:

1)      Aktifkan komputer terlebih dahulu

2)      Klik tombol Start pada taskbar

3)      Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office

4)      Kemudian klik Microsoft Excel 2007

Cara membuat grafik pada Microsoft excel:

1)      Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.

2)      Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk di sajikan menjadi grafik.

3)      Setelah kamu membuat data sederhana, blok lah seluruh data dalam abel tersebut.

4)      Setelah di blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart

5)      Setelah itu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard

6)      Setelah muncul jendela, maka tinggal pilih model grafik yang di inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.

Rangkuman Hasil Diskusi

04 September 2019 20:36:01 Dibaca : 848

Nama   : Aprillya Datunsolang

NIM    : 431-416-011

Pengaplikasian Microsoft Word dan Mendeley sangat berguna untuk anak-anak zaman sekarang atau kepada anak bangsa karena sangat bermanfaat dan memudahkan anak-anak untuk membuat suatu tugas sekolah. Aplikasi Mendeley juga sangat efektif karena dapat memudahkan pelajar ataupun mahasiswa pada saat membuat tugas.

Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word. Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

Manfaat dari aplikasi Mendeley pada Microsoft word adalah untuk memudahkan pelajar ataupun mahasiswa dalam menyusun daftar pustaka. Sedangkan fungsinya yaitu Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah, skripsi, maupun makalah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong