Program/Aplikasi Ms. Word

03 October 2018 20:10:11 Dibaca : 10

   Aplikasi microsoft word merupakan aplikasi yang paling sering digunakan terutama dalam penyusunan/penulisan suatu karya ilmiah dan sebagainya. Dalam penyususnannya, tentu saja suatu tulisan tersebut harus didasarkan pada suatu referensi yang relevan dan terpercaya. Bukan hanya itu, apabila tulisan kita tersebut memiliki di dukung oleh referensi yang terlalu banyak dan dengan jumlah halaman yang banyak pula, tentu saja kita akan kesulitan dalam penyusunan kerangka tulisannya seperti pengutipan, daftar isi, dan daftar pustaka.
     Aplikasi mendeley merupakan aplikasi yang sangat membantu penggunanya dalam hal mengatur dan membagi karya ilmiah menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online. mendeley itu merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat dan sangat membantu terutama bagi mahasiswa misalnya untuk mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini dapat dilakukan melalui aplikasi ini. selain itu memudahkan kita juga dalam penyusunan karya tulis seperti makalah dan sebagainya dengan pilihan yang ditawarkan oleh aplikasi mendeley ini seperti pengutipan otomatis, pembuatan dapus otomatis dsb sehingga kita tidak perlu kembali meninjau antara catatan kaki dan daftar pustaka.
       Tidak hanya fitur-fitur diatas, tetapi aplikasi ini juga memudahkan kita dalam mencari referensi meskipun referensinya terkunci. Referensi tersebut juga terpercaya dan biasanya terbaru. Namun kadang beberapa referensi yang kita cari tidak dapat ditampilkan dalam mendeley. Meskipun demikan, dalam mencari atau memilih referensi menggunakan aplikasi mendeley juga dapat dilakukan dengan beberapa pilihan, yakni bisa dengan mencari langsung pada aplikasi ini, bisa juga memasukkan referensi yang telah di download terlebih dahulu dan di masukkan secara manual pada aplikasi ini.
       Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, ada beberapa kendala yang sering dijumpai dalam pengoperasiannya misalnya pada saat kita mencari kepustakaan sesuai dengan yang kita inginkan disitu kita tidak bisa membuka secara langsung apabila tidak tercantum URLnya. Pengoperasian aplikasi ini juga membutuhkan koneksi internet, sehingga harus dipastikan bahwa koneksi tersebut tidak mengalami gangguan atau lelet agar mempercepat pekerjaan kita. Selain itu, dalam menjalankan aplikasi ini restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.
    Berdasarkan manfaat-manfaat serta sedikit kesulitan pengoperasiannya diatas, penggunaan aplikasi ini tetap efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran karena sangat membantu dalam penyusunan tugas-tugas, laporan, makalah dan karya ilmiah lainnya. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mencari referensi terpercaya berupa pdf, jurnal dan buku dan untuk mengutipnya juga tidak akan terjadi yang namanya 'plagiat'.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll