Rangkuman Hasil Diskusi : Pengajaran Berbantuan Komputer (Aplikasi Mendeley)

04 September 2019 20:05:07 Dibaca : 1800

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis. Tujuannya untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

Pengaplikasian Microsoft Word dan Mendeley sangat berguna untuk anak-anak zaman sekarang atau kepada anak bangsa karena sangat bermanfaat dan memudahkan anak-anak untuk membuat suatu tugas sekolah. Aplikasi Mendeley juga sangat efektif karena dapat memudahkan pelajar ataupun mahasiswa pada saat membuat tugas.

1.      Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley. Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

Manfaat dari aplikasi Mendeley pada Microsoft word adalah untuk memudahkan pelajar ataupun mahasiswa dalam menyusun daftar pustaka. Sedangkan fungsinya yaitu Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah, skripsi, maupun makalah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong