ARSIP BULANAN : September 2019

“Rangkuman Tugas Mandiri Video Pembelajaran”

24 September 2019 22:30:01 Dibaca : 903

Nama : Sri Vanrovia Usman

NIM   : 431 416 031

 

1.      Story Board

           Papan cerita adalah cara yang bagus untuk mengolah visual cerita yang kita buat. Kita  dapat menggambar setiap bidikan yang kita inginkan untuk membuat film dan menambahkan catatan seperti gerakan kamera (panci, zoom) dan audio yang ingin kita gunakan pada saat kita akan melakukan suatu rekaman.

2.      Daftar tembakan

           Setelah storyboard Anda selesai dikerjakan, Anda dapat membuat daftar semua foto yang Anda perlukan di setiap storyboard adegan yang kamu tembak. Karena ceritanya tidak selalu diceritakan dalam urutan kronologis, ini adalah cara yang bagus untuk membuatnya. Pastikan andamendapatkan semua bidikan yang anda inginkan di setiap lokasi syuting.

3.       Penulisan Naskah Video

Kegiatan awal yang perlu kita lakukan dalam pengembangan program video adalah penulisan naskah (lazim disebut skenario). Menulis naskah program video berbeda dengan menulis naskah novel, essay, dan buku/karya ilmiah yang lebih menekankan pada pola berpikir literer, sedangkan menulis naskah program video lebih berpikir operasional untuk mewujudkan visualisasi ide. Atas dasar ini penulis naskah program video dituntut kreatif dalam menerjemahkan konsep-konsep yang abstrak dan konkrit menjadi bentuk visual sesuai dengan karakteristik media video. Program video yang kita buat hendaknya menarik dan sesuai kebutuhan khalayak/pemirsa sehingga program tersebut akan diikuti dengan baik oleh khalayak selama ditayangkan.

4.      Camtasia       Camtasia adalah sebuah studio video yang berisi beberapa konvensi mengedit, merekam dan menangkap alat untuk desain professional video, demo dan presentasi. Sebuah wilayah konten baru ditambahkan untuk menampilkan template, musik, dan lain-lain. Ini dipasok dari vendor pihak ketiga (Digital Juice), konten tambahan juga tersedia untuk pembelian. Perubahan lain termasuk efek video baru dan penyesuaian kursor dari link ketika berbagi video dengan pemirsa, serta wizard produksi ditingkatkan untuk meng-upload video ke YouTube.

5.      Powtoon       Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.

6.      Moovly Moovly adalah salah satu dari banyak aplikasi yang berguna untuk pembuatan animasi video atau edit video.

“Tugas Rangkuman Hasil Diskusi Program Aplikasi Ms Excell”

11 September 2019 21:54:09 Dibaca : 1819

“Tugas Rangkuman Hasil Diskusi Program Aplikasi Ms Excell”

Microsoft Excel adalah salah satu produk perangkat lunak pengolah data dari Microsoft dalam bentuk lembaran tabel yang tersebar (spreadsheet). Perangkat lunak ini merupakan bagian dari paket perangkat lunak Microsoft Office yang di dalamnya terdapat banyak perangkat lunak (keperluan perkantoran) misalnya: Microsoft Word (pengolah kata), Microsoft Power Point (untuk keperluan presentasi), dan Microsoft Access (untuk keperluan basis data). Microsoft Excel digunakan untuk mengolah berbagai jenis atau tipe data misalnya data nilai pelajaran siswa yang berarti jenis datanya numerik, data teman dan nomor telepon yang berarti jenis datanya teks, data rekapitulasi pemakaian barang dalam bentuk angka dan teks, dll. Dalam Excel selain bisa digunakan untuk mencatat dan menyimpan data-data tersebut, Excel juga mampu melakukan perhitungan penjumlahan, perkalian, fungsi-fungsi logika, perhitungan rata-rata, bahkan sampai pembuatan grafik

Menjalankan Program Microsoft Excel

Ada beberapa cara untuk menjalankan atau memulai program Microsoft Excel. Pertama kita bisa memulainya dengan klik ganda pada icon shortcut yang telah kita buat sebelumnya pada desktop.

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1. Icon shortcut Microsoft Excell di desktop

Icon shortcut Microsoft Excel tampak seperti Gambar 1 di atas.

Cara kedua adalah lewat start menu dengan langkah-langkah sebagai berikut (Perhatikan Gambar 2):

1. Klik tombol Start

2. Pilih menu Programs

3. Klik Microsoft Excel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2. Menjalankan Excel lewat tombol Start

Selanjutnya di layar monitor akan muncul selama beberapa detik tampilan splash window dari Excel seperti berikut.

 

 

 

 

 

 

Kemudian muncul tampilan jendela utama dari Excel seperti gambar berikut ini.

 

Perhatikan Gambar 4 di atas. Keterangan dari tiap-tiap bagian jendela utama          Microsoft Excell adalah seperti telah ditampilkan dalam Gambar 4. Untuk memulai memasukkan atau mengetikan data dapat langsung diketikkan lewat keyboard dan data yang diketikkan akan muncul dan berada di cell yang aktif saat itu. Cell yang aktif dapat dipilih dengan menggerakkan pointer cell aktif menggunakan tombol panah atas, bawah, kiri dan kanan, atau langsung dengan menunjuk cell yang diinginkan aktif menggunakan mouse, lalu klik kiri sekali.

B. Fungsi – Fungsi Statistik

Fungsi Statistik Microsoft Excel merupakan kategori fungsi yang sering

digunakan dalam penggunaan fungsi pada Microsoft Excel, dimana dalam

aplikasinya dapat dijabarkan fungsi-fungsi Statistik antara lain:

- Fungsi SUM: Berfungsi untuk menjumlahkan atau mentotalkan data dalam range.

Formatnya:

=SUM(Range)

- Fungsi AVERAGE: Berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dalam range.

Formatnya:

=AVERAGE(Range)

- Fungsi COUNT: Berfungsi untuk mengetahui ada berapa data dalam range.

Formatnya:

=COUNT(Range)

- Fungsi MAX: Berfungsi untuk mengetahui berapa nilai yang terbesar dalam

range. Formatnya:

=MAX(Range)

- Fungsi MIN: Berfungsi untuk mengetahui berapa nilai yang terkecil dalam

range. Formatnya:

=MIN(Range)

String itu adalah pembacaan teks dalam sel. Fungsinya yaitu : LEFT

Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.

Rumus : =LEFT(text,num_chars). Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada. Num_chars adalah berupa angka yang menunjukkan berapa digit yang diambil mulai sebelah kiri. RIGHT Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks.

 

 

Nama           : Sri Vanrovia Usman

Nim               : 431 416 031

Prodi             : Pendidikan Biologi

 

RANGKUMAN HASIL DISKUSI PROGRAM APLIKASI Ms. WORD

07 September 2019 00:18:48 Dibaca : 1186

 

Sebagaimana yang kita ketahui, MS. Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS. Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS. Word. Hal-hal yang bisa dibuat dalam Ms. Word ini yaitu : Jenis huruf, Pembuatan Outline, Pemakaian Break Section, Penomoran Halaman, Pembuatan Daftar Tabel, Pembuatan Daftar Isi, dan Editing dengan Document Map. Kegunaan Microsoft Word adalah sebagai Berikut:

1.      Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format yang beragam. Sebagai contoh saja ya, anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.

2.      Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML, .HTML, dan .RTF dan .TXT

3.      Bisa ditambahkan addon. Misalnya pada microsoft word 2003 kita tidak bisa membuka atau menyimpan dokumen dalam format .docx atau format office 2007. Maka kita bisa menginstall sebuah addon yang bisa berfungsi untuk menyimpan dalam format .docx dengan office 2003. atau juga bisa membuka dokumen .docx dalam office 2003.

4.      Dengan Microsoft word kita bisa memformat tulisan/ dokumen kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain. Dengan kata lain, microsoft word ini formatnya sangat lengkap.

5.      Bisa membuat dokumen web. Misalnya anda mau membuat file berformatkan .HTML anda bisa menggunakan microsoft word. Dan mengupload ke server hosting anda. Namun ada sedikit kelemahan, yaitu: tata letaknya kurang bagus alias tidak bagus.

6.      Bisa melihat tampilan cetak. Dengan fitur ini anda bisa memastikan tulisan/ dokumen anda sudah mantap J . alias sudah sempurna baik dalam formatnya ataupun dalam tata letak halamannya.

Mendeley merupakan program untuk membuat sitasi dan reference manager  yang banyak digunakan oleh peneliti dan akademik dalam mensitasi (mencuplik) sumber-sumber referensi, terutama dari jurnal, khususnya bagi mahasiswa yang sedang menulis thesis dandisertasi. Banyak perguruan tinggi di berbagai negara yang mewajibkan penggunaan citation dan reference manager dalam penulisan thesis dan disertasi. Karena penggunaan software inimemudahkan dalam proses pencuplikan referensi yang digunakan.

Situs web Mendeley merupakan komplemen dari perangkat lunak Mendeley desktop yang memberikan fitur tambahan berikut:

·         Backup online terhadap database referensi, sehingga semua dokumen dapat diakses kapan pun dan dimana pun menggunakan internet browser.

·         Statistik database referensi yang berguna untuk mengetahui ketertarikan peneliti lain terhadap dokumen yang sudah tersimpan di server. Informasi seperti seberapa sering sebuah paper didownload, seberapa sering paper dibaca, peneliti dari disiplin akademik mana yang tertarik terhadap paper, trend ketertarikan peneliti lain (naik/turun), paper mana saja yang sering diakses oleh peneliti dalam domain tertentu, dan lain-lain.Informasi ini sangat bermanfaat saat kita ingin mengetahui ketertarikan peneliti lain terhadap karya tulis pribadi kita yang dipublikasikan di server web Mendeley.

·         Research network yang dapat digunakan untuk melacak publikasi dari kolega kita, partisipasi dalam konferensi, penghargaan, dan informasi lain yang dapat membantu kita mencari peneliti lain yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu bidang penelitian.

·         Sistem rekomendasi yang dapat memberikan saran mengenai paper-paper lain yang terkait dengan referensi yang sudah tersimpan pada database. Sistem ini berjalan secara otomatis dan memberikan rekomendasi berdasarkan pengetahuan apa yang sudah tersedia pada database referensi.

Langkah-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley :

1.    Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.     Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

 

 

 

 

Rangkuman Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

02 September 2019 19:58:44 Dibaca : 1018

Nama   : Sri Vanrovia Usman

NIM     : 431 416 031

Tugas   : Rangkuman Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

            Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah kemampuan untuk membaca dan menulis dengan cara menggunakan teknologi digital, alat komunikasi, dan atau jaringan untuk mendefinisikan (Define),mengakses(Access), Mengelola (Manage), mengintergrasikan (integrate), Mengevaluasi (evaluate), Menciptakan (create) and Mengkomunikasikan(communicate) Informsi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengatahuan.

Dari berbagai macam kemampuan literasi TIK, seseorang dikatakan matang dalam literasi TIK-nya memiliki beberapa tingkatan level mulai dari 0-5 yaitu:

a.       level 0, ketika seseorang tidak mengetahui dan tidak ingin tahu dengan namanya berbagai informasi dan teknologi dalam kehidupan seharinya.

b.      Level 1, ketika seseorang pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan komponen yang penting untuk mencapai dalam mencari informasi yang diinginkan ;

c.       Level 2, ketika seseorang yang berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-harinya

d.      Level 3, ketika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari

e.       Level 4, ketika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi; dan

f.       Level 5, ketika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).

Elemen-elemen literasi informasi terdiri :

1.      Visual Liteacy didefenisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut. Visual literacy terbagi menjadi 3 konstruksi, yaitu: (1) Pembelajaran visual (visual learning), (2) Pemikiran visual (visual thinking), (3) Komunikasi visual (visual communication).

2.      Media Literacy

adalah kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.

3.      Computer Literacy

Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia dalam mempelajari dan memproses informasi.

4.      Digital Literacy

Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital. Perkembangan pesat teknologi informasi dewasa ini telah menghasilkan banyak temuan-temuan digital terbaru.

5.      Network Literacy

Network literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving). Untuk dapat menempatkan, mengakses dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring, misalnya internet, pengguna harus menguasai keahlian ini.

Model Pencarian Informasi dalam literasi informasi yaitu Starting (mulai), Chaining (Menghubungkan), Browsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), dan Extracting (Mengambil Sari).

Literasi komputer memuat pengetahuan kemampuan untuk menggunakan program-program yang ada dikomputer komputer, teknologi, dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.

Literasi Digital yaitu pemanfaatan teknologi untuk menemukan, menggunakan dan menyebarluaskan informasi dalam dunia digital. Manfaat literasi digital dapat menghemat waktu karena bersifat cepat, belajar lebih cepat karena tanpa melalui proses yang manual lagi, menghemat uang, bikin nyaman dll. Dalam literasi digital, elemen pentingnya yaitu Social Networking, Transliteracy, diartikan sebagai kemampuan, Maintaining Privacy, Managing Digital Identity, Creating Content, Organising and Sharing Content, Reusing/repurposing Content Filtering and Selecting Content, dan self Broadcasting