“Rangkuman Tugas Mandiri Video Pembelajaran”

24 September 2019 22:30:01 Dibaca : 22

Nama : Sri Vanrovia Usman

NIM   : 431 416 031

 

1.      Story Board

           Papan cerita adalah cara yang bagus untuk mengolah visual cerita yang kita buat. Kita  dapat menggambar setiap bidikan yang kita inginkan untuk membuat film dan menambahkan catatan seperti gerakan kamera (panci, zoom) dan audio yang ingin kita gunakan pada saat kita akan melakukan suatu rekaman.

2.      Daftar tembakan

           Setelah storyboard Anda selesai dikerjakan, Anda dapat membuat daftar semua foto yang Anda perlukan di setiap storyboard adegan yang kamu tembak. Karena ceritanya tidak selalu diceritakan dalam urutan kronologis, ini adalah cara yang bagus untuk membuatnya. Pastikan andamendapatkan semua bidikan yang anda inginkan di setiap lokasi syuting.

3.       Penulisan Naskah Video

Kegiatan awal yang perlu kita lakukan dalam pengembangan program video adalah penulisan naskah (lazim disebut skenario). Menulis naskah program video berbeda dengan menulis naskah novel, essay, dan buku/karya ilmiah yang lebih menekankan pada pola berpikir literer, sedangkan menulis naskah program video lebih berpikir operasional untuk mewujudkan visualisasi ide. Atas dasar ini penulis naskah program video dituntut kreatif dalam menerjemahkan konsep-konsep yang abstrak dan konkrit menjadi bentuk visual sesuai dengan karakteristik media video. Program video yang kita buat hendaknya menarik dan sesuai kebutuhan khalayak/pemirsa sehingga program tersebut akan diikuti dengan baik oleh khalayak selama ditayangkan.

4.      Camtasia       Camtasia adalah sebuah studio video yang berisi beberapa konvensi mengedit, merekam dan menangkap alat untuk desain professional video, demo dan presentasi. Sebuah wilayah konten baru ditambahkan untuk menampilkan template, musik, dan lain-lain. Ini dipasok dari vendor pihak ketiga (Digital Juice), konten tambahan juga tersedia untuk pembelian. Perubahan lain termasuk efek video baru dan penyesuaian kursor dari link ketika berbagi video dengan pemirsa, serta wizard produksi ditingkatkan untuk meng-upload video ke YouTube.

5.      Powtoon       Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.

6.      Moovly Moovly adalah salah satu dari banyak aplikasi yang berguna untuk pembuatan animasi video atau edit video.