Tugas Rangkuman Microsoft Excel

06 October 2018 18:49:18 Dibaca : 3402

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya.
Microsoft Excel yang berfungsi untuk melakukan operasi perhitungan maksudnya adalah microsof exel dapat memudahkan perhitungan otomatis dengan memanfaatkan rumus dan fungsi serta logika pada Microsoft excel. Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika program eksel dapat digunakan untuk mengolah data dengan cepat.
Adapun fungsi dari Ms. Excel antara lain:
1. Untuk membuat laporan ataupun keperluan administrasi suatu perusahaan
2. Memudahkan perhitungan otomatis dengan memanfaatkan rumus dan fungsi serta logika pada Microsoft excel
3. Memberikan kemudahan membuat laporan keuangan
4. Memudahkan pembuatan table dan grafik berdasarkan dari suatu perhitungan
5. Dapat menyajikan data dengan tampilan yang rapi, tepat serta penghitungan yang akurat.
Sedangkan manfaat dari Ms. Excel antara lain:
1. Dengan adanya berbagai rumus formula yang ditawarkan, tentu akan memudahkan kita untuk membuat rumus yang sulit dan variatif
2. Fitur grafik data pada Microsoft excel ini memberikan kemudahan dalam proses penganalisaan data dalam bentuk table maupun grafik
3. Jika terjadi kesalahan penghitungan pada tahapan tertentu dapat diketahui secara mudah menggunakan fasilitas trace error
4. Jumlah baris dan kolom yang sangat banyak pada Microsoft excel ini akan memudahkan kita ketika menginput data dalam jumlah yang sangat banyak.
Fungsi microsoft excel yaitu untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Seperti menghitung kurs mata uang, membuat grafik dan tabel dari suatu penghitungan, membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran, membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah dan menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat. Microsoft excel juga dapat digunakan untuk pembuatan RPP
Kesulitan yang kadang kita temui dalam miss. ecxel antara lain:
1. Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
2. Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.
Kesulitan yang dapat ditemui ketika mengoperasikan Ms.Excel salah satunya yaitu saat seluruh data telah di input dengan rapi, formula juga telah terinput dengan benar, namun hasil yang keluar adalah #ERROR!. Eror yang sering muncul antara lain:
1. #VALUE!
Error ini muncul ketika Excel menemukan adanya spasi, karakter, atau text dalam formula yang seharusnya merupakan angka. Excel hanya dapat memproses formula dari sel yang berisi angka, sehingga tidak akan merespon ketika Anda menginput hal lain. Cara mengatasinya: Cek kembali formula Anda, pastikan hanya menggunakan angka. Jika error tetap berlanjut, coba cek apakah ada sel yang kosong. formula yang gagal bisa disebabkan oleh sel atau penggunaan karakter spesial yang Anda gunakan.
2. ####
Jangan kaget ketika error ini muncul, karena ternyata masalahnya ada pada kolom yang kurang lebar, jadi solusinya cukup geser atau lebarkan kolom Anda agar hasil formula bisa tampil penuh pada kolom. Pro Tip: Lakukan double-click pada border disebelah kanan agar kolom secara otomatis menyesuaikan ukuran hasil formula.
Kesulitan yang dapat ditemui ketika mengoperasikan Ms.Excel diantaranya adalah dalam penggunaan simbol, ketika kita keliru dalam menggunakan simbol maka datanya tidak akan valid.
Microsoft excel memiliki banyak kelebihan yang memudahkan kita. Salah satu di antaranya yakni menghitung otomatis dengan memanfaatkan rumusan dan fungsi serta logika pada microsoft excel. Selain itu, kelebihan dari microsoft excel yaitu memiliki daya tampung yang sangat besar. Dimana dalam satu sheet terdiri dari 1 juta baris dan 16 ribu kolom. Sehingga anda bisa mengentry data dalam jumlah yang sangat banyak Adanya fitur rumus dan fungsi membuat Microsoft excel semakin mudah dioperasikan, tentunya hal ini dapat menghemat waktu pengerjaan. Microsoft excel merupakan software yang sangat fleksibel karena excel dapat dikonversikan ke berbagai software statistic. Begitupun sebaliknya. Pekerjaan lebih efektif dengan adanya pivot tables. Setiap ada data masuk, secara otomatis pivot tables akan me-refresh sehingga table terupdate secara otomatis
Adapun kekurangan dari microsoft excel antara lain:
1. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
2. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Rumus yang dapat digunakan pada microsoft excel yaitu:
1. SUM fungsinya untuk penjumlahan
2. Avarege Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable.
3. AND berfungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
4. NOT Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR.
5. Value Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya adalah sebagia berikut: = VALUE (text).
6. Max Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data.
7. dan masih banyak lagi rumus yang dapat digunakan.

Program/Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley

02 October 2018 02:29:12 Dibaca : 1878

Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Selain berperan dalam pembuatan daftar pustaka, Mendeley juga berfungsi untuk:
1. Dapat menampilkan meta data dari file pdf secara otomatis, serta penyimpanan online gratis yang cukup besar.
2. Bisa digunakan untuk mendeteksi plagiarism.
3. Memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book, dan referensi lainnya.
4. Sebagai library yang disertai dengan kemampuan mengolah daftar pustaka dalam menyusun karya tulis ilmiah atau skripsi.
5. Untuk mempermudah dalam memperhatikan aturan dan pencegahan aturan penulisan, parafpase, kutipan dan lain-lain.
6. Untuk menyimpan file yang diunduh atau file penting
7. Untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak
Kelebihan lain dari mendeley adalah:
1. Anda dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal, tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang ada kata yang kita cari.
2. Setiap file yang kita masukkan kedalam program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. Detail tersebut diantaranya : tipe file, judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, bahkan url asal, dan sebagainya. Selain itu, detail dari file dapat diedit sesuai keinginan kita
3. Terhubung secara online dengan website, jadi bagi yang memiliki akun mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di computer dan sewaktu-waktu dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet
4. Dengan fasilitas web importer dapat menambahkan file ke mendeley tanpa mengunduhnya.
5. Sebagi library disertai dengan kemampuan yang digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.
6. Untuk mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-Book dan referensi lainnya
7. Untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring social
8. Untuk menyimpan file pustaka yang diunduh dalam format PDF dan memberikan anotasi (catatan, atau tanda khusus tertentu) terhadap file PDF tersebut.
Kekurangan dari mendeley yaitu:
1. Tidak memiliki kemampuan database search
2. Pembuatan bibliographies hanya dengan cut & paste
3. Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer
4. Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.
5. Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn
6. Sumber yang diakses biasanya tidak terlalu akurat atau sumber yang diakses belum terpercaya kebenarannya.
Sebelum menggunakan mendeley ada baiknya memperhatikan jurnal atau artikel yang bagus. Ketika mengutip suatu artikel sebaiknya gunakan artikel yang jekas penulisnya sehingga memudahkan juga kita dalam pembuatan daftar pustaka. Ketentuan referensi yang valid itu tidak lain yakni yang memiliki Nama penulis, jadi ada baknya kita menggunakan referensi yang memiliki nama penulisya. Sebelum kita menggunakan suatu sumber untuk dijadikan referensi, misalnya jika kita menggunakan jurnal ataupun artikel terlebih dahulu melihat kevalitan atau kelayakan jurnal tersebut. berdasarkan referensi yang saya baca, ciri jurnal yang ilmiah dan pastinya valid semua data yang tercantum didalamnya, dengan melihat:
1. Jurnal Ilmiah selalu diterbitkan secara berkala, terbit setiap tahun (dinyatakan dengan“Volume”) dan dalam setahun bisa terbit lebih dari satu kali (dinyatakan dengan“Nomer”.
2. Diterbitkan oleh lembaga penerbit atau institusi keilmuan (misal: Organisasi Profesi, PerguruanTinggi, Lembaga Riset, Penerbit, dll).
3. Struktur utama artikel adalah: Judul artikel, Nama Penulis, Abstrak, Isi, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih artikel atau jurnal

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

26 August 2018 11:35:24 Dibaca : 1902

Nama  : Safitri
NIM     : 431416032
Prodi   : Pendidikan Biologi A
Tugas Rangkuman Pengajaran Berbantuan Komputer

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Literasi teknologi informasi dan komunikasi sangat berkaitan dengan istilah “literacy” yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write). Kemudian menurut Bunz (dikutip Indrajit, 2005: 38) kata ini berkembang dan sering dipadankan dengan “technology” sehingga dikenal dengan istilah “technology literacy” yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi untuk mempermudah mencapai tujuan.
Berdasarkan pengertian di atas terdapat aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu: Access yaitu mengetahui tentang dan bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi, Manage yaitu dengan menerapkan skema klasifikasi atau organisasi, Integrate yaitu meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi (termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggaris bawahi), Evaluate yaitu memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi serta Create yaitu menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.
Level e-literacy seseorang dapat digambarkan sebagai berikut (Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006: 42) :

  1. Level 0 yaitu jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari;
  2. Level 1 yaitu jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah, dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinya;
  3. Level 2 yaitu jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya;
  4. Level 3 yaitu jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari;
  5. Level 4 yaitu jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi; dan
  6. Level 5 yaitu jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).

Tahapan awal elemen pembentuk literasi TIK adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.


A. Literasi Informasi
     Elemen-Elemen Literasi Informasi :

  1. Visual Literacy
  2. Media Literacy
  3. Computer Literacy
  4. Digital Literacy
  5. Network Literacy

      Model Pencarian Informasi

  1. Starting, mulai melakukan pencarian atau pengenalan awal terhadap rujukan.
  2. Chaining, mengikuti mata rantai atau mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada.
  3. Browsing, kegiatan pencarian informasi dengan cara penelusuran semi langsung atau terstruktur
  4. Differentiating, kegiatan membedakan sumber informasi untuk menyaring informasi berdasarkan sifat dan kualitas rujukan
  5. Monitoring, mengembangkan lebih lanjut pencarian informasi yang dibutuhkan dengan cara memberi perhatian yang lebih serius terhadap sumber-sumber tertentu.
  6. Extracting, kegiatan ini diperlukan pada saat pencari informasi membuat suatu tinjauan literatur atau laporan.

B. Literasi Komputer
Merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer. Dalam wacana umum, “melek komputer” sering berkonotasi sedikit lebih dari kemampuan untuk menggunakan beberapa aplikasi yang sangat spesifik (seperti Aplikasi Pengolah Kata, Aplikasi browser, dan Aplikasi Email client) tertentu yang didefinisikan dengan baik untuk mengerjakan tugas sederhana, yang sebagian besar telah dihafalkan di luar kepala.


C. Literasi Digital
Literasi digital sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital. Literasi digital itu mencakup tiga kemampuan yaitu kompetensi pemanfaatan teknologi, memaknai dan memahami konten digital serta menilai kredibilitasnya juga bagaimana membuat, meneliti dan mengkomunikasikan dengan alat yang tepat.
Manfaat literasi digital :

1) Menghemat waktu
2) Belajar lebih cepat
3) Menghemat uang
4) Membuat lebih aman
5) Selalu memperoleh informasi terkini
6) Selalu terhubung
7) Membuat keputusan yang lebih baik
8) Dapat membuat anda bekerja
9) Membuat lebih bahagia
10) Mempengaruhi dunia

Elemen penting literasi digital :

  1. Social Networking
  2. Transliteracy
  3. Maintaining Privacy
  4. Managing Digital Identity
  5. Creating Content
  6. Organising and Sharing Content
  7. Reusing/repurposing Content
  8. Filtering and Selecting Content
  9. Self Broadcasting

D. Literasi Internet
Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital.

Ilmu Dan Teknologi Sebagai Landasan Dalam Pendidikan

05 April 2017 11:47:31 Dibaca : 1726

Ilmu Dan Teknologi Sebagai Landasan Dalam Pendidikan

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu landasan dalam pendidikan karena ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu hasil pemikiran manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Ilmu pengetahuan dan teknologi akan melatih manusia untuk mengembangkan pola pikir manusia yang lebih baik.


Kemajuan cepat dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, dan politik yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting dalam pendidikan karena merupakan sarana untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi maka akan semakin berkembang pula pendidikan. Hal ini menjelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sejalan dengan perkembangan pendidikan.


Pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan sangat besar contohnya dulu peserta didik masih menggunakan media buku untuk belajar namun sekarang mereka bukan hanya bisa memperoleh pengetahuan melalui buku namun juga melalui internet. Penggunaan internet ini dapat memaksimalkan daya belajar siswa karena ilmu yang mereka peroleh tidak melulu hanya dari sekolah.


Namun, penggunaan internet juga dapat memberikan dampak yang buruk bagipeserta didik. Para peserta didik dapat menggunakan internet untuk memperoleh informasi yang seharusnya tidak ia dapatkan, karena itu kita sebagai para pengajar harus dapat mengawasi secara ketat penggunaan internet ini. Selain itu peran orang tua serta lingkungan yang mendukung dapat meminimalisasi penyalahgunaan penggunaan internet oleh peserta didik. Jadi disini dibutuhkan peran dari berbagai pihak yaitu pengajar, orang tua, lingkungan dan bahkan peserta didik itu sendiri untuk mewujudkan tujuan pendidikan.

Landasan Pendidikan Nasional

29 March 2017 06:43:48 Dibaca : 2411

Landasan Pendidikan Nasional

Pendidikan mencerminkan kualitas suatu bangsa. Semakin baik pendidikan di suatu negara semakin baik pula kualitas bangsa tersebut. Oleh karena itu system Pendidikannya harus sesuai dan memadai. endidikan yang baik haruslah mempunyai landasan yang jelas. Berikut adalah landasan pendidikan nasional :

1. Landasan Filosopis


Filosopis pendidikan nasional Indonesia haruslah diambil dari nilai-nilai budaya yang terkandung pada Pancasila. Nilai Pancasila tersebut haruslah ditanamkan pada peserta didik melalui penyelenggaraan pendidikan nasional dalam semua level, tingkat dan jenis pendidikan.


2. Landasan Sosiologis


Artinya pendidikan nasional dalam penyelenggaraannya harus memperhatikan aspek yang berhubungan dengan sosial. Masalah yang kini sedang dihadapi bangsa indonesia adalah masalah perbedaan sosial ekonomi sehingga pendidikan dirancang untuk mengurangi perbedaan ekonomi tersebut.


3. Landasan Kultural


Kebudayaan dan pendidikan mempunyai hubungan timbal balik, kebudayaan dapat diwariskan dengan cara meneruskan kepada generasi penerus melalui pendidikan. Sebaliknya pelaksanaan pendidikan ikut ditentukan oleh kebuadayaan masyarakat.


4. Landasan Psikologis
Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga psikologis merupakan salah satu landasan yang penting dalam pendidikan. Memahami peserta didik dari aspek psikologis merupakan salah satu faktor keberhasilan pendidikan.


5. Landasan Ilmiah dan Teknologi


Pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai kaitan yang erat. Seperti yang kita ketahui seiring dengan kemajuan iptek pada umumnya ilmu pengetahuan juga berkembang sangat pesat.


6. Landasan Yuridis


Pendidikan nasional adalah perwujudan dari UUD 1945 utamanya pasal 31 tentang Pendidikan dan Kebudayaan, pasal 31:


1) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.


2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar pemerintah wajib membiyayainya.


3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketkwaan serta akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.


4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.


5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.


Landasan yuridis bukan semata-mata landasan bagi penyelenggaraan pendidikan namun sekaligus dijadikan alat untuk mengatur penyelenggaraan pendidikan yang menyimpang akan dikenakan sanksi.