ARSIP BULANAN : March 2017

Landasan Pendidikan Nasional

29 March 2017 06:43:48 Dibaca : 2420

Landasan Pendidikan Nasional

Pendidikan mencerminkan kualitas suatu bangsa. Semakin baik pendidikan di suatu negara semakin baik pula kualitas bangsa tersebut. Oleh karena itu system Pendidikannya harus sesuai dan memadai. endidikan yang baik haruslah mempunyai landasan yang jelas. Berikut adalah landasan pendidikan nasional :

1. Landasan Filosopis


Filosopis pendidikan nasional Indonesia haruslah diambil dari nilai-nilai budaya yang terkandung pada Pancasila. Nilai Pancasila tersebut haruslah ditanamkan pada peserta didik melalui penyelenggaraan pendidikan nasional dalam semua level, tingkat dan jenis pendidikan.


2. Landasan Sosiologis


Artinya pendidikan nasional dalam penyelenggaraannya harus memperhatikan aspek yang berhubungan dengan sosial. Masalah yang kini sedang dihadapi bangsa indonesia adalah masalah perbedaan sosial ekonomi sehingga pendidikan dirancang untuk mengurangi perbedaan ekonomi tersebut.


3. Landasan Kultural


Kebudayaan dan pendidikan mempunyai hubungan timbal balik, kebudayaan dapat diwariskan dengan cara meneruskan kepada generasi penerus melalui pendidikan. Sebaliknya pelaksanaan pendidikan ikut ditentukan oleh kebuadayaan masyarakat.


4. Landasan Psikologis
Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga psikologis merupakan salah satu landasan yang penting dalam pendidikan. Memahami peserta didik dari aspek psikologis merupakan salah satu faktor keberhasilan pendidikan.


5. Landasan Ilmiah dan Teknologi


Pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai kaitan yang erat. Seperti yang kita ketahui seiring dengan kemajuan iptek pada umumnya ilmu pengetahuan juga berkembang sangat pesat.


6. Landasan Yuridis


Pendidikan nasional adalah perwujudan dari UUD 1945 utamanya pasal 31 tentang Pendidikan dan Kebudayaan, pasal 31:


1) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.


2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar pemerintah wajib membiyayainya.


3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketkwaan serta akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.


4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.


5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.


Landasan yuridis bukan semata-mata landasan bagi penyelenggaraan pendidikan namun sekaligus dijadikan alat untuk mengatur penyelenggaraan pendidikan yang menyimpang akan dikenakan sanksi.

Peranan Ilmu Biologi Dalam Kehidupan

28 March 2017 13:46:50 Dibaca : 15496

Peranan Ilmu Biologi Dalam Kehidupan

Berbicara tentang ilmu pasti banyak cabangnya, seperti ilmu biologi, fisika, kimia dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita akan fokus pada ilmu biologi.
Ilmu merupakan hal yang paling penting bagi seseorang. Sebelum kita mengetahui apa saja peranan ilmu biologi dalam kehidupan, pertama kita akan membahas pengertian ilmu. Banyak masyarakat yang salah menafsirkan pengertian dari ilmu, mereka menafsirkan ilmu sama dengan pengetahuan, tetapi hal tersebut tidaklah benar. Ilmu sendiri merupakan pengetahuan yang telah dibuktikan dengan metode ilmiah sedangkan pengetahuan belum tentu sudah dibuktikan dengan metode ilmiah. Karena ilmu sudah pasti pengetahuan sedangkan pengetahuan belum tentu ilmu.
Ilmu biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup. Ilmu biologi mempunyai banyak peranan di berbagai bidang, yaitu pada bidang pertanian, peternakan, lingkungan hidup, kedokteran, industri, pangan, farmasi, perikanan, pengembangan energi, dan sosial. Adapun peranan ilmu biologi dalam kehidupan manusia adalah sebagai berikut :
1. Bidang pertanian, contohnya yaitu kultur jaringan dan tanaman transgenic.
2. Bidang peternakan, cotohnya inseminasi buatan.
3. Bidang lingkungan hidup, contohnya mengurangi plastik dan tumpahan minyak yang ada di Laut dengan bakteri.
4. Bidang kedokteran, cotohnya bayi tabung.
5. Bidang pangan, contohnya pembuatan kecap, tahu, tempe, dan roti.
6. Bidang farmasi, contohnya pembuatan antibodi.
7. Bidang pengembangan energi, cotohnya biogas.
8. Bidang sosial, contohnya penggunaan DNA pada kasus kriminal.
Terlepas dari berbagai peranan ilmu biologi yang telah dijelaskan diatas masih banyak lagi contoh-contoh peranan ilmu biologi dalam kehidupan baik yang sudah dapat dirasakan manfaatnya maupun masih dalam tahap pengembangan.
Dari uraian diatas juga kita dapat mengetahui bahwa ilmu biologi mempunyai banyak manfaat. Oleh karena itu, mulai sekarang ubahlah persepsi kalian mengenai ilmu biologi karena ilmu biologi mempunyai peran yang luas bagi kehidupan kita.

Pendidikan Karakter Di Sekolah

22 March 2017 08:41:42 Dibaca : 867

 


Pendidikan Karakter Di Sekolah

Pendidikan karakter merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting bagi anak. Selain pembentukan karakter di keluarga, sekolah sangat berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Karena karakter anak yang sudah terbentuk di keluarga dapat berubah karena pengaruh dari sekolah maupun lingkungan. Karakter yang baik dapat menjadi buruk dan karakter yang buruk dapat menjadi baik, tergantung bagaimana pendidikan karakter di keluarga, sekolah serta penerapannya di lingkungan.
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sangat penting untuk diterapkan bukan hanya di sekolah namun juga di keluarga dan lingkungan. Banyak orang yang belum paham bagaimana peran sekolah yang sebenarnya. Orang berfikiran bahwa sekolah merupakan sarana tempat belajar. Namun sebenarnya selain tempat belajar, sekolah juga harus dapat berperan sebagai tempat pembentukan karakter anak. Karena masa depan anak bukan hanya dijamin dengan kepintaran semata yang berujung pada prestasi tetapi juga harus mempunyai karakter yang kuat agar mampu menghadapi lingkungan.
Berikut ini beberapa peran sekolah dalam pembentukan karakter anak di sekolah :
Pertama sekolah sebagai tempat untuk berekspresi anak, yang dimaksud disini adalah anak dapat dengan bebas menunjukan kemampuan mereka sehingga anak tidak minder dan menjadi lebih percaya diri.
Yang kedua sekolah sebagai tempat untuk menemukan bakat, karena tidak semua anak sudah mengetahui bakatnya. Disini sekolah berperan dalam menemukan bakat anak serta mengembangkan bakatnya.
Yang ketiga sebagai tempat untuk belajar lebih menghargai, disini anak akan belajar lebih menghargai antar sesama teman, guru, satpam dan orang-orang yang ada di sekolah.
Yang terakhir sekolah sebagai tempat untuk mengajarkan persahabatan, disini ank-anak dapat berinteraksi dengan sesama anak lain sehingga dapat memembentuk persahabatan. Selain itu anak dapat llebih mengerti tentang arti dari persahabatan.
Setelah mengetahui peran sekolah dalam pendidikan karakter di atas kita seharusnya dapat lebih meningkatkan pendidikan karakter di sekolah. Selain itu diharapkan bagi para orangtua untuk membantu serta mendukung anak dalam melakukan hal-hal yang baik. Oleh karea itu, pendidikan karakter diharapkan dapar merubah masa depan anak dan bangsa.