ARSIP BULANAN : April 2017

Ilmu Dan Teknologi Sebagai Landasan Dalam Pendidikan

05 April 2017 11:47:31 Dibaca : 1724

Ilmu Dan Teknologi Sebagai Landasan Dalam Pendidikan

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu landasan dalam pendidikan karena ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu hasil pemikiran manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Ilmu pengetahuan dan teknologi akan melatih manusia untuk mengembangkan pola pikir manusia yang lebih baik.


Kemajuan cepat dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi, dan politik yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal.
Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting dalam pendidikan karena merupakan sarana untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi maka akan semakin berkembang pula pendidikan. Hal ini menjelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sejalan dengan perkembangan pendidikan.


Pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan sangat besar contohnya dulu peserta didik masih menggunakan media buku untuk belajar namun sekarang mereka bukan hanya bisa memperoleh pengetahuan melalui buku namun juga melalui internet. Penggunaan internet ini dapat memaksimalkan daya belajar siswa karena ilmu yang mereka peroleh tidak melulu hanya dari sekolah.


Namun, penggunaan internet juga dapat memberikan dampak yang buruk bagipeserta didik. Para peserta didik dapat menggunakan internet untuk memperoleh informasi yang seharusnya tidak ia dapatkan, karena itu kita sebagai para pengajar harus dapat mengawasi secara ketat penggunaan internet ini. Selain itu peran orang tua serta lingkungan yang mendukung dapat meminimalisasi penyalahgunaan penggunaan internet oleh peserta didik. Jadi disini dibutuhkan peran dari berbagai pihak yaitu pengajar, orang tua, lingkungan dan bahkan peserta didik itu sendiri untuk mewujudkan tujuan pendidikan.