NAMA : MARWAN HASAN
NIM : 431416035
KELAS : B / PENDIDIKAN BIOLOGI

Langkah-langkah Membuat Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Powtoon
PowToon merupakan aplikasi berbasis web untuk membuat animasi sederhana dua dimensi (2D). Dalam website ini kita bisa memilih bentuk animasi yang akan dibuat. Setelah saya lihat fitur yang ditawarkan, animasi yang dibuat lebih cocok untuk keperluan bisnis dan pendidikan.
Berikut ini langkah-langkah membuat animasi di website PowToon :


1. Buka websitenya di alamat https://www.powtoon.com/ kemudian klik tombol warna biru yang ada tulisan START NOW.

2. Muncul halaman pendaftaran. Jika belum mendaftar menjadi anggota di web Powtoon, silahkan mendaftar terlebih dahulu. Daftarnya bisa menggunakan akun Google, Facebook, Linkedin, atau E-mail.

3. Kalau sudah memiliki akun, klik tulisan Log in. Isi username dan passwordnya bila menggunakan email atau menggunakan akun Google, Facebook, maupun Linkedin.

4. Setelah Log in akan tampil menu untuk membuat animasi. Dalam tutorial ini saya memilih Build your story scene by scene.

5. Kemudian tampil menu untuk membuat tampilan dari animasi yang akan dibuat. Terdiri dari berbagai macam pilihan, yaitu PROFESSIONAL, WHITE BOARD, INFOGRAPHIC, CARTOON, dan CORPORATE. Dalam tutorial ini saya memilih CARTOON.

6. Tidak lama kemudian tampil menu Your storyboard structure. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan atau langsung saja klik tombol warna biru yang ada tulisan CONTINUE.

7. Silahkan tunggu loadingnya sampai selesai. Proses loading memerlukan waktu beberapa detik, tergantung kecepatan koneksi internet.

8. Jika proses loading sudah selesai, maka akan muncul jendela editor untuk membuat animasi.
Panel sebelah kiri untuk melihat slide yang sudah dibuat dan bisa digunakan untuk menambah slide baru atau menghapusnya bila tidak dibutuhkan.

Panel timeline yang ada di tengah digunakan untuk memasukkan gambar, teks, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Panel yang ada di sebelah kanan memiliki fungsi untuk mengatur Layouts, Background, Text, Library, Objects, Graphs, Sound, dan Images yang akan dimasukkan ke dalam Panel Timeline.

9. Apabila telah selesai membuat animasi sesuai dengan kebutuhan, klik tombol Export. Kemudian tampil menu EXPORT OPTIONS. Silahkan pilih fitur yang akan digunakan, misalnya kita pilih Download as MP4 atau Upload to YouTube.

Demikianlah tutorial cara membuat animasi menggunakan aplikasi berbasis web yang ada di website PowToon.

 

IPTEK Sebagai Landasan Pendidikan

03 April 2017 11:24:37 Dibaca : 27

Pengantar Pendidikan Biologi


Nama : Marwan Hasan


Kelas  : A


Prodi   : Pendidikan Biologi


IPTEK Sebagai Landasan Pendidikan


      Kemajuan ilmu dan teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kebanyakannyateknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan bagi kehidupan manusia. Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya perkembangan IPTEK manusia sangat banyak terbentuk untuk memenuhiberbagai permasalahan dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya perkembangan IPTEK tersebut.


      Tidak setiap kemajuan dalam IPTEK membawa keuntungan dan kebahagiaan bagi umat manusia, bahkan membawa masalah-masalah yang justru lebih pelik lagi. Pengaruh perkembangan IPTEK cukup luas, pendidikan juga mendapat pengaruh yang cukup besar. Pengaruh tersebut dapat menimbulkan banyak perubahan dalam nilai-nilai, baik nilai sosial, budaya, spiritual, intelektual, maupun material.


     Perkembangan IPTEK berimplikasi terhadap pengembangan kurikulum yang di dalamnya mencakup pengembangan kurikulum yang di dalamnya mencakup pengembangan isi atau materi pendidikan, penggunaan strategi dan media pembelajaran, serta penggunaan sistem evaluasi. Ini secara tidak langsung menuntut dunia pendidikan untuk dapat membekali peserta didik agar memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapi sebagai pengaruh perkembangan IPTEK.


     Dalam setiap perkembangan atau kemajuan, pasti selalu ada dampak yang timbul, baik itu dampak positif maupun negatif . begitu juga dengan perkembangan IPTEK terhadap pengembangan kurikulum pendidikan.

1. Dampak Positif 

a. Pembelajaran jarak jauh masyarakat indonesia sudah banyak memanfaatkan produk teknologi dalam pendidikan, seperti : Komputer, Internet dan lain-lain.

b. Banyak bermunculan metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan IPTEK terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa agar lebih mampu memahami materi-materi pembelajaran. Misalnya penggunaan LCD dalam pembelajaran, sebelum teknologi berkembang guru cenderung menggunakan metode ceramah yang terkadan membuat siswa merasa bosan.

c. Siswa akan lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat melalui internet, karena internet dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk memperoleh pengetahuan. Siswa dapat menggunakan internet untuk mendapatkan informasi tambahan yang dibutuhkan untuk menambah pengetahuan

2. Dampak Negatif

a. IPTEK digunakan untuk melakukan tindak kriminal. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi, maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

b. Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jam belajar. Para siswa rela membolos saat jam sekolah dem bermain game-game di internet.

c. TV merupakan salah satu kemajuan IPTEK. Segi negatifnya TV ialah anak cenderung meniru. Kita tahu bahwa anak suka meniru, dan pada masa tertentu, terutama pada awal masa puberitas ada masa anak anak untuk meniru tokoh-tokoh pujaan atau idolanya. Padahal mungkin saja, tidak semua tingkah laku tokoh tersebut baik. Contoh merokok dan lain sebagainya.

Peraturan atau Landasan Dalam Pendidikan Nasional

27 March 2017 10:49:29 Dibaca : 30

Pengantar Pendidikan Biologi

Nama : Marwan Hasan

Kelas : A

Prodi : Pendidikan Biologi

Menurut Pemahan Sendiri Tentang Peraturan Dalam Pendidikan

    Pendidikan yang baik dan bagus adalah pendidikan yang selalu berfondasikan dengan landasan-landasan tertentu. landasan tersebut sangat penting karena pendidikan sebagai pilar utama terhadap perkembangan manusia, masyarakat dan bangsa.

1. Landasan Yuridis

    Pendidikan dalam landasan yuridis bersumber dari Perundang-undangan yang berlaku. Maksudnya landasan Yuridis ini sebagai tolak ukur atau patokan dalam menjalankan atau melaksanakan sebuah pendidikan.

    Seperti dalam penjelasan UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

2. Landasan Ilmiah dan Tekhnologis

    Maksud dari landasan ini dalam dunia pendidikan adalah, sebagai tenaga pendidik kita harus mampu beradaptasi atau menyesuaikan dan mengantisipasi perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Pendidikan bukan hanya berperan dalam pewarisan IPTEK tetapi juga ikut menyiapkan manusia yang sadar akan adanya IPTEK dan calon pakar IPTEK itu sendiri.

3. Landasan Religius

    Yaitu maksudnya dalam menjalankan atau melaksanakan pendidikan kita memilih asumsi-asumsi atau pendapat yang bersumber dari agama untuk dijadikan sebagai fondasi atau dasar-dasar pendidikan.

4. Landasan Filosofis

    Landasan ini bersumber dari pandangan-pandangan filsafat pendidikan, dimana dalam landasan ini menyangkut tentang keyakinan terhadap hakekat manusia, keyakinan tentang sumber nilai, keyakinan tentang pengetahuan dan tentang sebuah kehidupan yang lebih baik.

5. Landasan Sosiologis

    Dalam landasan ini pendidikan merupakan dasar untuk menganalisis proses sosial dan iteraksi sosial dalam sistem pendidikan. Dalam hal ini yang dipelajari antara lain : Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek masyarakat, Hubungan kemanusiaan, dan Pengaruh pendidikan terhadap perilaku seseorang.

6. Landasan Kultural

    Kultur atau Kebudayaan sangat berhubungan erat dengan pendidikan, sebab kebuduyaan dapat terus berjalan atau dapat dilestarikan maupun dikembangkan dengan melalui sebuah jalan yaitu dalam hal ini adalah pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun nonformal.

7. Landasan Psikologis

    Mengapa dalam dunia pendidikan diperlukan adanya landasan psikologis ini? Jawabannya yaitu : karena salah satu kunci keberhasilan sebuah pendidikan dilihat dari tingkat pemahaman peserta didik, utamanya yang berkaitan dengan aspek kejiwaan.

Anak Adalah Fotokopi Orang Tua

22 March 2017 01:02:49 Dibaca : 12

Pengantar Pendidikan Biologi


Nama : Marwan Hasan

Kelas : A

Prodi : Pendidikan Biologi

Tema : Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga

Judul : Anak adalah Fotokopi atau Cerminan Dari Orang Tua

     Anak adalah sebuah titipan dari Allah SWT, seorang anak lahir sudah dibekali dengan akal, pikiran, dan perasaan akan tetapi akal pikiran dan perasaan itu belum mereka pergunakan dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu seorang anak wajib dituntuk untuk mengembangkan akal pikiran mereka itu sendiri dengan cara melalui jalur pendidikan.
Kita sering mendengar kata Tri Pusat Pendidikan, tri pusat pendidikan itu sendiri terdiri atas 3 yaitu : Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.

     Pada pembahasan kali ini saya lebih memfokuskan pada lingkungan keluarga. Sebelum menjadi dewasa anak manusia harus mengalami perkembangan kemampuan terlebih dahulu. Perkembangan kemampuan ini terjadi dalam lingkungan pemeliharaan kedua orang tua. Sebelum mendidik anak, sebagai orang tua kita terlebih dahulu mendidik diri kita sendiri karena anak adalah cerminan atau fotokopi dari orang tuanya.

     Banyak fakta yang terjadi dilingkungan sekitar tempat tinggal kita, contohnya seorang anak yang menjadi pemabuk karena meniru kebiasaan orang tuanya yang suka mabuk-mabukan. Bukan hanya itu, tanpa kita sadari jika kita merokok dihadapan anak kita maka secara tidak langsung kita mengajari anak kita untuk merokok. Orang tua hars mengusahakan selalu menjadi figur panutan anak-anaknya baik itu sikap dan sifatnya. Dalam mendidik seorang anak bukanlah hal yang mudah, pasti ketika kita mendidik seorang anak kita mengalami kesukaran. Kita sering mendengar kata-kata apa yang ia katakan, apa yang ia rasakan. Dengan demikian anak selalu mengikuti apa-apa saja yang dilakukan oleh orang tuanya.

Trend Penelitian Pada Prodi Pendidikan Biologi

21 March 2017 23:27:45 Dibaca : 13

Pengantar Pendidikan Biologi

Tema : Kedudukan dan Struktur Ilmu Pendidikan Biologi

Judul : Trend Penelitian Pada Prodi Pendidikan Biologi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Penelitian memiliki arti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip ilmu.

Biologi sangat erat kaitannya dengan kata penelitian, karena semua yang dibahas dalam ilmu biologi itu harus dibuktikan dengan adanya suatu penelitian. Penelitian itu sendiri tidak hanya mengacu pada sebuah ruangan laboratorium tertutup, karena penelitian bisa juga dilakukan pada laboratoium terbuka.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Laboratorium terbagi atas 2 yaitu laboratorium tertutup dan laboratorium terbuka. Laboratorium itu sendiri memiliki arti tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan, atau bisa saja laboratorium dikatakan sebagai tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya.

Kembali ke topik masalah yaitu trend penelitian. Penelitian yang baik biasanya adalah penelitian yang belum diketahui jawabannya. Penelitian pendidikan biologi diupayakan yang bermanfaat bagi kehidupan. Penelitian pendidikan biologi tidak hanya membahas tentang sebuah teori maupun hipotesis, akan tetapi bisa saja mengangkat kearifan-kearifan lokal dari sekelompok-kelompok budaya tertentu.

Fungsi dari sebuah penelitian bukan hanya sebagai alat untuk memecahkan suatu masalah, namun dalam trend atau perkembangannya yang sekarang, penelitian telah berkembang menjadi sebagai bahan pengajaran. Maksud dari penelitian sebagai bahan pengajaran adalah penelitian menekankan pada penguasaan konsep dengan cara yang benar sehingga bermakna untuk bekal mempelajari konsep-konsep lain secara lebih tajam lagi. Dalam ilmu biologi sendiri sebuah penelitian perlu bahkan wajib dimuati unsur-unsur pembentukan karakter melalui pengembangan sikap ilmiah. Seperti : sikap ingin tahu, sikap mendahulukan bukti, sikap terbuka terhadap gagasan baru, sikap berpikir kritis dan sikap peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan.

Selain sebagai pengajaran, penelitian juga berfungsi sebagai wadah untuk pengembangan berpikir. Maksud dari penelitian pendidikan biologi berfungsi sebagai pengembangan berpikir adalah biologi memiliki ciri-ciri khas dalam berpikir. Contohnya dalam menganalisa fisiologi makhluk hidup kita harus dituntut untuk mengembangkan berpikir kritis, sedangkan dalam taksonomi makhluk hidup kita harus berpikir secara logis.

Itulah trend atau perkembangan penelitian pada prodi pendidikan biologi yang saya ketahui. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf karena saya sendiri masih dalam tahap pembelajaran.