Anak Adalah Fotokopi Orang Tua

22 March 2017 01:02:49 Dibaca : 12

Pengantar Pendidikan Biologi


Nama : Marwan Hasan

Kelas : A

Prodi : Pendidikan Biologi

Tema : Pendidikan Dalam Lingkungan Keluarga

Judul : Anak adalah Fotokopi atau Cerminan Dari Orang Tua

     Anak adalah sebuah titipan dari Allah SWT, seorang anak lahir sudah dibekali dengan akal, pikiran, dan perasaan akan tetapi akal pikiran dan perasaan itu belum mereka pergunakan dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu seorang anak wajib dituntuk untuk mengembangkan akal pikiran mereka itu sendiri dengan cara melalui jalur pendidikan.
Kita sering mendengar kata Tri Pusat Pendidikan, tri pusat pendidikan itu sendiri terdiri atas 3 yaitu : Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.

     Pada pembahasan kali ini saya lebih memfokuskan pada lingkungan keluarga. Sebelum menjadi dewasa anak manusia harus mengalami perkembangan kemampuan terlebih dahulu. Perkembangan kemampuan ini terjadi dalam lingkungan pemeliharaan kedua orang tua. Sebelum mendidik anak, sebagai orang tua kita terlebih dahulu mendidik diri kita sendiri karena anak adalah cerminan atau fotokopi dari orang tuanya.

     Banyak fakta yang terjadi dilingkungan sekitar tempat tinggal kita, contohnya seorang anak yang menjadi pemabuk karena meniru kebiasaan orang tuanya yang suka mabuk-mabukan. Bukan hanya itu, tanpa kita sadari jika kita merokok dihadapan anak kita maka secara tidak langsung kita mengajari anak kita untuk merokok. Orang tua hars mengusahakan selalu menjadi figur panutan anak-anaknya baik itu sikap dan sifatnya. Dalam mendidik seorang anak bukanlah hal yang mudah, pasti ketika kita mendidik seorang anak kita mengalami kesukaran. Kita sering mendengar kata-kata apa yang ia katakan, apa yang ia rasakan. Dengan demikian anak selalu mengikuti apa-apa saja yang dilakukan oleh orang tuanya.