Peraturan atau Landasan Dalam Pendidikan Nasional

27 March 2017 10:49:29 Dibaca : 994

Pengantar Pendidikan Biologi

Nama : Marwan Hasan

Kelas : A

Prodi : Pendidikan Biologi

Menurut Pemahan Sendiri Tentang Peraturan Dalam Pendidikan

    Pendidikan yang baik dan bagus adalah pendidikan yang selalu berfondasikan dengan landasan-landasan tertentu. landasan tersebut sangat penting karena pendidikan sebagai pilar utama terhadap perkembangan manusia, masyarakat dan bangsa.

1. Landasan Yuridis

    Pendidikan dalam landasan yuridis bersumber dari Perundang-undangan yang berlaku. Maksudnya landasan Yuridis ini sebagai tolak ukur atau patokan dalam menjalankan atau melaksanakan sebuah pendidikan.

    Seperti dalam penjelasan UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

2. Landasan Ilmiah dan Tekhnologis

    Maksud dari landasan ini dalam dunia pendidikan adalah, sebagai tenaga pendidik kita harus mampu beradaptasi atau menyesuaikan dan mengantisipasi perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Pendidikan bukan hanya berperan dalam pewarisan IPTEK tetapi juga ikut menyiapkan manusia yang sadar akan adanya IPTEK dan calon pakar IPTEK itu sendiri.

3. Landasan Religius

    Yaitu maksudnya dalam menjalankan atau melaksanakan pendidikan kita memilih asumsi-asumsi atau pendapat yang bersumber dari agama untuk dijadikan sebagai fondasi atau dasar-dasar pendidikan.

4. Landasan Filosofis

    Landasan ini bersumber dari pandangan-pandangan filsafat pendidikan, dimana dalam landasan ini menyangkut tentang keyakinan terhadap hakekat manusia, keyakinan tentang sumber nilai, keyakinan tentang pengetahuan dan tentang sebuah kehidupan yang lebih baik.

5. Landasan Sosiologis

    Dalam landasan ini pendidikan merupakan dasar untuk menganalisis proses sosial dan iteraksi sosial dalam sistem pendidikan. Dalam hal ini yang dipelajari antara lain : Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek masyarakat, Hubungan kemanusiaan, dan Pengaruh pendidikan terhadap perilaku seseorang.

6. Landasan Kultural

    Kultur atau Kebudayaan sangat berhubungan erat dengan pendidikan, sebab kebuduyaan dapat terus berjalan atau dapat dilestarikan maupun dikembangkan dengan melalui sebuah jalan yaitu dalam hal ini adalah pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun nonformal.

7. Landasan Psikologis

    Mengapa dalam dunia pendidikan diperlukan adanya landasan psikologis ini? Jawabannya yaitu : karena salah satu kunci keberhasilan sebuah pendidikan dilihat dari tingkat pemahaman peserta didik, utamanya yang berkaitan dengan aspek kejiwaan.