Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

02 September 2019 19:51:40 Dibaca : 962

 

Nama: Yuniarty R. Bulowe

Nim: 431416039

Kelas: Pendidikan Biologi A

 

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Banyak cara untuk membentuk budaya literasi diantaranya (dekat, mudah, murah, senang, lanjut). Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).

Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu: Access (akses), Manage (mengelola), Integrate (meng-integrasikan), Evaluate (meng-evaluasi), reate (menciptakan).

1. Tingkat Kematangan literasi TIK

Level e-literacy seseorang dapat digambarkan seperti demikian: (Sumber: Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006: 42)

·         Level 0 yaitu jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari.

·         Level 1 yaitu jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah .

·         Level 2 yaitu jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya.

·         Level 3 yaitu jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya

·         Level 4 yaitu jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi.

·         Level 5 yaitu jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari.

2. Literasi Informasi

a. Elemen-Elemen Literasi Informasi terdiri atas: Visual Literacy, Media Literacy, Computer Literacy, Digital Literacy, Network Literacy.

b. Model Pencarian Informasi terdiri atas: Starting (Mulai), Chaining (Menghubungkan), owsing (Menjelajah), Differentiating (Pembedaan), Monitoring (Memantau), Extracting (Mengambil Sari).

3. Literasi Komputer

Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien.

4. Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.

4. Literasi Internet

Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi.

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong