kesimpulan hasil diskusi pengaplikasian Microsoft Word dan Mendeley

04 September 2019 20:49:12 Dibaca : 2772

Nama: Yuniarty R. Bulowe

Nim: 431416039

Kelas: Pendidikan Biologi A

 

Berdasarkan hasil diskusi dapat disimpulkan:

Mendeley didirikan pada bulan November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 Jerman. Versi pertamanya yang masih dalam tahap ujicoba diperkenalkan ke publik pada bulan Januari 2009 (Williams, 2012). Tim yang mengerjakan proyek Mendeley ini terdiri dari peneliti, alumni, dan software developers dari berbagai institusi akademik. Inverstor perusahaan terdiri dari mantan executive chairman Last.fm dan mantan founding engineers Skype serta akademisi dari peguruan tinggi ternama di Inggris, Cambridge University (Reller & Bonasio, 2013). Mendeley telah memenangkan sejumlah penghargaan. Dua di antaranya adalah penghargaan dari The Europas Shortlist: Best Social Innovation (which benefits society, EMEA) (Butcher, 2009). The Guardian memberikan penghargaan kepada Mendeley sebagai peringkat 6 dalam kategori "Top 100 tech media companies"(Guardian News and Media, 2009).

Langka langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley:

1.  Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.  Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.  Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.  Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.  Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

            Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya pada link beriku : https://youtu.be/b4tr5mMYrsk

Pengaplikasian Microsoft Word dan mendeley kepada anak didik bangsa Dapat memudahkan anak bangsa yaitu Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, Menghemat waktu, Menghemat kertas dan biaya. Hadirnya Microsoft Word menggantikan mesin ketik yang sudah kuno. Dengan microsoft word, kita bisa membuat dokumen dengan mudah. Kita bisa menyimpannya lalu mencetaknya kapan saja. Cara mengoperasikannya juga mudah, bagi pemula sekalipun. Sedangkan mendeley itu sangat membantu dalam menentukan daftar pustaka yang akan kita ambil sebagai rujukan kita untuk menyusun proposal dan skripsi dan dapat menghindari namanya plagiat. Pembelajaran melalui aplikasi Microsoft Word dan mendeley sangat efektif untuk di implementasikan karena sangat membentu dan mempermudah bagi anak-anak bangsa

Fungsi mendeley Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah. Manfaat mendeley yaitu dapat langsung menghubungkan kita dengan website, jadi jika kita mempunyai akun mendeley dapat di sinkronkan langsung dengan data-data dan file-file yang ada di laptop/computer kita, sehingga dapat di akses kapan pun kita membutuhkannya dan di mana pun kita berada asal ada jaringan internetnya. Setiap karya tulis ilmiah yang kita upload ke dalam program mendeley akan terurut secara otomatis baik penulis judul tahun dan penerbit sehingga dalam membuat daftar pustaka penulis tidak harus mengurutkannya lagi.

Kelebihan: Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Kamu masih pakai cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka. Kekurangan: (a) Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer. (b) Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong