Mengapa landasan historis dan landasan eklonomi dijadikan landasan pendidikan?

05 April 2017 14:55:47 Dibaca : 5972

Nama : Nurlia

Kelas : A Pendidikan biolgi

1) Mengapa landasan historis dan landasan eklonomi dijadikan landasan pendidikan?
Jawaban:

- Landasan ekonomi pendidikan adalah asumsi-asumsi yang bersumber dari kaidah ekonomi yang dijadikan titik tolak atau acuan pendidikan. Landasan ekonomi dijadikan landasan pendidikan karena memiliki peran yang akan mempengaruhi setiap Negara dalam berlomba-lomba memajukan perekonomian, sehingga perekonomian di Indonesia akan menjadi maju, karena adanya penerapan pengetahuan mengenai perekonomian. Akan tetapi, pendidikan ekonomi bukan merupakan peranan penting dalam sistem pendidikan tetapi cukup meenetukan kesejahteraan.
Ekonomi pendidikan sendiri merupakan suatu studi tentang bagaimana manusia, baik secara perorangan maupun didalam kelompok membuat keputusan dalam rangka mendayagunankan sumber-sumber daya yang terbatas. Keputusan yang seperti apa? Keputusan bersama- sama dalam membangun kebersamaan guna menghasilkan berbagai bentuk pendidikan dan pelatihan, pendapat, sikap khususnya melalui pendidikan formal, serta bagaimana mendistribusikannya secara merata dan adil diantara berbagai kelompok masyarakat.
- Landasan Historis pendidikan merupakan seperangkat konsep dan praktik pendidikan masa lampau sebagai titik tolak sistem pendidikan masa kini terarah ke masa depan. Landasan historis dijadikan landasan pendidikan karena pendidikan masa kini tidak terwujud begitu saja secara tiba-tiba melainkan merupakan kesinambungan dari pendidikan masa lapmpau. Dalam kesinambunagn tersebut konsep dan praktik pendidikan yang di pandang baik dan tetap berguna akan tetap dipertahankan.
Sistem pendidikan sebagai landasan pendidikan dewasa ini merupakan warisan sosial nenek moyang dalam bidang pendidikan. Warisan ilmu itu sangat banyak dan bahkan ilmu yang kita pelajari sekarang ini berasal dari warisan nenek moyang kita.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong