RANGKUMAN MICROSOFT EXCEL

15 September 2019 15:33:41 Dibaca : 32162

RANGKUMAN MICROSOFT EXCEL

       Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Ø  Kelebihan Ms Excel: 

1.      Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 

2.      Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 

3.      Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 

4.      Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Ø  Kekurangan Ms Excel:

1.      Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.

2.      Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).

3.      Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka.

Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

1.      Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

2.      Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

3.      Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

4.      Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

5.      Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

6.      Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

7.      Melakukan analisa serta riset harga.

8.      Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

9.      Melakukan konversi mata uang.

10.  Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

11.  Dan lain sebagainya.

          Langkah-langkah atau cara mengaplikasikan atau menggunakan ms. Excell yaitu cukup gampang, pertama kita pastikan dulu laptop atau komputer tersambung dengan listrik. Kedua, tekan tombol power, lalu tunggu sampai proses muncul dekstop. Ketiga, di refresh komputer/laptop agar tidak loading saat digunakan dgn cara klik kanan pada mouse terus plih menu Refresh. Setelah itu, cara keempat geser kursor(mouse) di bagian bawah sebelah kiri. Kelima, plih menu Microsoft Office-->Klik Microsoft Office Excell dan tunggu sampai muncul tampilan Microsoft Excell dengan tampilan bentul sel-sel (kotak-kotak) 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong