Rangkuman Terkait materi pada video pembelajaran

24 September 2019 22:46:07 Dibaca : 1560

E.      Materi Pembelajaran

1.      Teknologi Reproduksi Hewan

Teknologi reproduksi adalah cara perkembangbiakan yang dilakukan dengan menggunakan peralatan tertentu untuk mendapatkan individu baru yang punya sifat dan karakter lebih baik dari pada induk secara cepat. Teknologi reproduksi pada hewan bertujuan untuk menghindari kepunahan suatu spesies. 

 Beberapa teknologi reproduksi pada hewan antara lain sebagai berikut.

a. Inseminasi Buatan

Kawin suntik atau dikenal dengan istilah inseminasi buatan (IB) adalah proses memasukkan cairan sperma (semen) dari sapi jantan yang unggul ke dalam saluran reproduksi sapi betina dengan bantuan manusia. Inseminasi buatan ini dilakukan dengan cara me masukkan sp*rma (semen) yang telah dibekukan dengan menggunakan alat seperti suntikan. Inseminasi buatan memiliki beberapa manfaat, antara lain efisiensi waktu dan biaya serta memperbaiki kualitas anakan sapi.

Perbaikan kualitas misalnya sebagai penghasil daging yang berkualitas (sapi potong). Sebagai contoh, untuk menghasilkan anakan sapi dengan kualitas daging yang baik dan berjumlah banyak, diambil sel-sel sperma dari sapi brahman dari India untuk diinseminasikan pada sapi betina lokal.

 

 b. Perkawinan Silang

    Perkawinan silang adalah perkawinan dua hewan yang berlainan varietas dalam satu spesies. Tehnik ini dilakukan dengan memperhatikan sifat-sifat yang baik dari individu-individu yang disilangkan. Pembastaran merupakan cara sederhana dan paling mudah untuk mendapatkan bibit unggul. Kelemahan dari sistem pembastaran adalah hanya dapat dilakukan antar varietas dalam satu spesies. Salah satu contoh perkawinan silang adalah Kambing PE (Peranakan Etawa). Kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing lokal/Kacang.

c. Kloning

            Kloning adalah teknik reproduksi untuk menghasilkan organisme baru yang secara genetis memiliki kesamaan dengan induknya. Konsep kloning didasarkan pada sifat totipotensi yang dimiliki setiap makhluk hidup, dimana setiap sel penyusun tubuh makhluk hidup memiliki kemampuan untuk membentuk spesies baru.

Spesies baru hasil kloning dinamakan klon, sehingga klon dapat diartikan sebagai organisme yang mempunyai rangkaian kromosom sama dan sifat identik dengan induknya. Klon diciptakan dari proses yang disebut dengan transfer inti somatik. Sel somatik terdapat pada semua sel tubuh.

Mekanisme kloning dimulai dari  inti sel somatik yang dimasukkan ke dalam sel telur yang tidak dibuahi dan sudah dihapus inti selnya. Telur dengan inti somatik tersebut akan dijaga sampai terbentuk embrio. Embrio selanjutnya akan ditempatkan ke dalam induk pengganti dan berkembang  di dalam induk tersebut.

  

2.      Adaptasi Pada Makhluk Hidup

Dalam biologi Adaptasi adalah proses dimana suatu makhluk hidup menjadi lebih cocok dengan lingkungannya. Istilah ini juga diterapkan pada hasil proses tersebut. Dalam banyak organisme terdapat adaptasi struktural, fungsional, dan adaptasi warna, dan pada hewan ada juga adaptasi dalam naluriah perilaku. Terdapat tiga macam adaptasi yang di lakukan mahluk hidup, yaitu adaptasi morfologi , pisiologi, dan tingkah laku.

Macam-Macam Adaptasi Dan Contohnya. Dapat kita ambil dari pengertian adaptasi di atas, yang berdasarkan jenisnya adaptasi dibedakan menjadi tiga yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku..

a.      Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi merupakan suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup melalui penyesuaian bentuk atau alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Untuk penyesuaian bentuk dan alat tubuh dari makhluk hidup umumnya berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama.

Contoh Adaptasi Morfologi :

Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Untuk contoh adaptasi morfologi dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita, misalnya adaptasi bentuk paruh burung atau tipe mulut serangga dengan cara makan dan jenis makanan mereka, adaptasi bentuk kaki burung sesuai tempat hidupnya, adaptasi bentuk gigi pada hewan karnivora, herbivora dan omnivora, adaptasi ketebalan bulu sesuai suhu di tempat hidupnya dan masih banyak lagi.

 

 Adaptasi Morfologi pada TumbuhanBerdasarkan tempat hidupnya, tumbuhan dibedakan menjadi sebagai berikut :

1.      Xerofit, yaitu tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kering, contohnya kaktus. Cara adaptasi xerofit. antara lain mempunyai daun berukuran kecil atau bahkan tidak berdaun (mengalami modifikasi menjadi duri), batang dilapisi lapisan lilin yang tebal, dan berakar panjang sehingga berjangkauan sangat luas.

2.      Hidrofit, yaitu tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan berair, contohnya teratai. Cara adaptasi hidrofit, antara lain berdaun lebar dan tipis, serta mempunyai banyak stomata. Batangnya  berongga  berisi udara sehingga bias mengapung.

3.      Higrofit, yaitu tumbuhan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan lembap, contohnya tumbuhan paku dan lumut.

b.      Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup yang melalui penyesuaian fungsi kerja alat-alat tubuhnya dengan lingkungan habitatnya. Adaptasi fisiologi cukup sulit untuk diamati karena butuh penelitian terhadap jaringan dalam makhluk hidup itu sendiri.

Contoh Adaptasi Fisiologi

Adaptasi Fisiologi pada Manusia1.      Jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di pantai/dataran rendah.

2.      Ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar dari pada ukuran jantung orang kebanyakan.

3.      Pada saat udara dingin, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine (air seni).

 

 

Adaptasi Fisiologi pada HewanSistem Pencernaan Khusus pada hewan Ruminansia 

Hewan Ruminansia (pemakan rumput), memiliki tipe pencernaan khusus untuk mencerna rumput-rumputan yang memiliki dinding sel. Hewan ini bisa mencerna makanan di lambung.

Sistem Kerja Tubuh pada Ikan Air Laut

Ikan air laut menghasilkan urine yang lebih pekat dibandingkan dengan ikan sungai. Hal ini disebabkan kadar garam air laut lebih tinggi daripada kadara garam air tawar, sehingga menyebabkan ikan air laut kek Akibatnya, kadar garam dalam darahnya menjadi tinggi sehingga mengurangi kepekatan cairan dalam tubuhnya, ikan mengeluarkan urine yang pekat. Kecepatan Metabolisme. Ketika  berada di daerah dingin , kecepatan metabolisme hewan berdarah panas  akan meningkat.

c.       Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku merupakan suatu adaptasi yang dilakukan makhluk hidup yang melalui penyesuaian tingkah lakunya dengan lingkungan habitatnya. Untuk penyebab adaptasi tingkah laku bisa disebabkan oleh pengaruh ketersediaan air atau ada tidaknya ancaman pada diri makhluk hidup itu sendiri.

 Contoh Adaptasi Tingkah Laku Adapun beberapa contoh adaptasi tingkah laku misalnya seperti yaitu: -Mimikri pada hewan -Pohon jati yang menggugurkan daunnya saat kemarau -Keladi yang meneteskan air untuk mengurangi kelebihan air -Rayap yang memakan kulitnya sendiri -Paus yang secara periodik muncul ke permukaan air untuk bernapas

 3.      Proses Seleksi Alam Makhluk Hidup

Seleksi alam adalah kemampuan alam untuk menyaring terhadap semua organisme yang hidup di dalamnya, dimana hanya organisme yang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya yang akan selamat, sedangkan yang tidak mampu menyesuaikan diri akan mati atau punah.

Faktor-faktor seleksi alam1. Punahnya Spesies TertentuKarena adanya seleksi alam maka individu yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan mati dan akhirnya punah. Berikut beberapa contoh organisme yang hampir punah atau punah karena terseleksi oleh alam, yaitu:

a. Burung puyuh liar semakin punah

Hal ini disebabkan lingkungan hidup burung puyuh di daerah bebatuan dan bidang tanah yangbergumpal-gumpal semakin langka. Pada lingkungan seperti itulah burung puyuh liar akan lebih sesuai, sehingga sulit ditangkap pemangsanya. Karena lingkungan yang demikian sudah kian langka maka jumlah burung puyuh pun menjadi langka juga.

b. Punahnya Dinosaurus kurang lebih 65 juta tahun yang lalu secara bersamaan

Menurut pendapat para ahli, kepunahan Dinosaurus disebabkan karena jatuhnya meteorit raksasa ke bumi, yang menghamburkan awan debu sehingga menghalangi masuknya sinar matahari.Tanpa adanya sinar matahari maka tumbuhan akan mati, demikian pula Dinosaurus pemakan tumbuhan yang kemudian diikuti Dinosaurus pemakan daging.

 

2. Terbentuknya Spesies BaruSetiap spesies selalu berusaha beradaptasi dengan lingkungan hidupnya. Adaptasi ini berlangsung sedikit demi sedikit menuju ke arah yang semakin sesuai dengan lingkungan hidupnya dan perubahan yang sedikit demi sedikit ini berlangsung dalam waktu yang sangat lama dan diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga tidak mustahil kalau akhirnya dijumpai spesies yang menyimpang dari spesies nenek moyangnya. Dengan demikian adanya seleksi alam dan adaptasi menyebabkan terjadinya perubahan jenis makhluk hidup dari generasi ke generasi. Jika proses tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, maka perubahan tersebut dapat mengarah kepada terbentuknya spesies baru. Peristiwa ini disebut evolusi.

 

 

 

Pengaplikasian mc word dan mendeley

05 September 2019 08:16:08 Dibaca : 1362

Nama : Sandra Lika

Nim : 431416053

Rangkuman

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang  berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.

Pengaplikasian mc word dan mendeley sangat memudahkan dan bermanfaat bagi anak didik bangsa selain itu dengan adanya pengaplikasian ms wor dan mendeley dapat mempermudah pengalaman mengutip kata orang lain terutama bagi anak didik dan disitu juga bisa membelajarkan anak didik agar tidak sembarangan mengutip kalimat dari orang lain, dan juga bisa membelajarkan anak didik agar mencari sumber yang bisa terpercaya serta penggunaannya sangatlah efektif untuk dibelajarkan pada peserta didik atau pada mahasiswa yang akan menyusun makalah, karya ilmiah atau tugas akhir. Berikut langakh0lengkah penggunaan aplikasi mendeley

Langkah-langkah dalam pengaplikasian mendeley :

1.      Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop Dalam tutorial ini, saya akan menggunakan tiga referensi yang sudah ada di Mendeley Desktop saya, yaitu: Dynamic Difficulty Adjustment in Tower Defence, FactRunner: A New System for NLP-Based Information Extraction from Wikipedia, dan Worldwide Smartphone Forecast, 2017–2021.

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop Jika tulisan-nya masih “Install MS Word Plugin”, berarti Anda belum menginstall-nya. Klik tombol tersebut untuk meng-install.

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.      Klik tombol “Insert Citation” dan cari nama artikel yang ingin direferensi. Jika data yang ditampilkan sudah benar, klik “OK”.

4.      Referensi akan secara otomatis muncul berdasarkan dengan “Style” referensi yang dipilih. Lakukan hal tersebut untuk kedua atau lebih artikel lain-nya yang Anda ingin referensi.

5.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop Arahkan Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

6.      Anda dapat memasukkan referensi-referensi lain-nya, dan list tersebut akan terupdate secara otomatis. Tetapi hanya artikel yang direferensi yang akan masuk ke dalam daftar pustaka (bukan semua artikel yang ada di Mendeley).

A. Kelebihan Mendeley;

1.      Dapat dijalankan pada Linux, Mac, dan MS Word.

2.      3Dapat menampilkan metadata secara otomatis file PDF.

3.      Terhubung dan dapat disinkronkan dalam akun online, sehingga data dapat di-backup.

4.      Pada file PDF dapat digunakan anotasi dan highlighting.

5.      Smart filtering dan tagging.

6.      Dapat impor dokumen dari situs lain.

7.      Gratis penyimpanan online sebesar 2 GB

B. kekurangan

a.       Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

b.      Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.

 

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

30 August 2019 22:09:52 Dibaca : 1133

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write). Bunz (dikutip Indrajit, 2005: 38) menjelaskan kata ini kemudian berkembang dan sering dipadankan dengan “technology” sehingga dikenal istilah “technology literacy” yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan. Wijaya (2005: 29) mengutip The International ICT Literacy Panel mengeluarkan definisi sebagai berikut “ICT literacy is using digital technology, communication tools, and/or networks to access, manage, integrate, evaluate and create information in order to function knowlwdge society”. Jadi ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.

Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:

Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi. Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atau organisasi. Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi. Hal ini termasuk di dalamnya membuat ringkasan, membandingkan, dan menggarisbawahi. Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi. reate (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.  

1.  Tingkat Kematangan literasi TIK

   Level e-literacy seseorang dapat digambarkan seperti demikian: (Sumber: Menteri Komunikasi dan Informatika RI, 2006: 42)

a.       Level 0 – jika seorang individu sama sekali tidak tahu dan tidak peduli akan pentingnya informasi dan teknologi untuk kehidupan sehari-hari;

b.      Level 1 – jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali di mana informasi merupakan sebuah komponen penting untuk pencapaian keinginan dan pemecahan masalah, dan telah melibatkan teknologi informasi maupun komunikasi untuk mencarinya;

c.       Level 2 – jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu aktivitasnya sehari-hari dan telah memiliki pola keberulangan dalam penggunaannya.

d.      Level 3 – jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi maupun teknologi yang diperlukannya, dan secara konsisten mempergunakan standar tersebut sebagai acuan penyelenggaraan aktivitasnya sehari-hari;

e.       Level 4 – jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif) kinerja aktivitas kehidupannya sehari-hari melalui pemanfaatan informasi dan teknologi; dan

f.       Level 5 – jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, dan secara langsung telah mewarnai prilaku dan budaya hidupnya (bagian dari information society atau manusia berbudaya informasi).

2.       Literasi Informasi

a.      Elemen-Elemen Literasi Informasi

1.      Visual Literacy

2.      Media Literacy

3.      Computer Literacy

4.      Digital Literacy

5.      Network Literacy

3.      Literasi Komputer

Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Paham (melek) komputer juga dapat merujuk kepada tingkat kenyamanan seseorang yang terbiasa menggunakan program komputer dan aplikasi lain yang berhubungan dengan komputer.

a.      Manfaat Literasi Digital

1)     Menghemat waktu

2)     Belajar lebih cepat

3)     Menghemat uang

4)     Membuat lebih aman

5)     Selalu memperoleh informasi terkini

6)     Selalu terhubung

7)     Membuat keputusan yang lebih baik

8)     Dapat membuat anda bekerja

9)     Membuat lebih bahagia

10) Mempengaruhi dunia

b.     Elemen Penting Literasi Digital

1)     Social Networking

            Kehadiran situs jejaring sosial adalah salah satu contoh yang ada dalam social networking atau kehidupan sosial online. Kini tiap individu yang terlibat dalam kehidupan sosial online akan selalu dihadapkan adanya layanan tersebut.

2)     Transliteracy, diartikan sebagai kemampuan memanfaatkan segala platform yang berbeda khususnya untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan hingga mengkomunikasikan melalui berbagai media sosial, grup diskusi, smartphone dan berbagai layanan online yang tersedia.

3)     Maintaining Privacy, atau menjaga privasi dalam dunia online.

4)     Managing Digital Identity, berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan identitas yang tepat di berbagai jaringan sosial dan platform lainya.

5)     Creating Content, atau berkaitan dengan suatu ketrampilan tentang bagaimana caranya membuat konten di berbagai aplikasi online dan platform.

6)     Organising and Sharing Content, adalah mengatur dan berbagi konten informasi agar lebih mudah tersebarkan.

7)     Reusing/repurposing Content, mampu bagaimana membuat konten dari berbagai jenis informasi yang tersedia hingga menghasilkan konten baru dan dapat dipergunakan kembali untuk berbagai kebutuhan.

4.      Literasi Internet

Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital.

landasan pendidikan

04 April 2017 12:26:38 Dibaca : 731

Landasan pendidikan

1. Hubungan landasan filosofi dengan landasan pendidikan

Landasan filosofis berasal dari pandangan-pandangan dalam filsafat pendidikan, menyangkut keyakinan,sumber nilai, hakekat pengetahuan. Hubungan landasan filosofis dengan landasan pendidikan yaitu landasan filosofis suatu praktik pendidikan sebagai sebuah ilmu. Filsafat pendidikan ialah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam mengenai pendidikan.

Contohnya adalah pancasila sebagai landasan filsafat sistem pendidikan nasional.dalam UU-RI No.2 tahun 1989, menegaskan bahwa pembangunan nasional ntermasuk bidang pendidikan adalah pengamalan pancasila, dan untuk itu pendidikan nasional mengusahakan antara lain “ pembentukan manusia pamcasila sebagai manusia pembangunan yang tinggi kualitasnya

2. Hubungan landasan sosiologis dengan landasan pendidikan

Landasan sosiologis sebagai landasan proses pelaksanaan pendidikan, karena memang karakteristik dasar manusia sebagai makhluk sosial. Landasan sosiologis juga merupakan suatu interaksi di dalam suatu pendidikan, sifat ketergantungan manusia dengan manusia lainnya.

Contohnya : kekeluargaan dan gotong royong. Kebersamaan, musyawarah untuk mencapai mufakat.

3. Hubungan landasan psikologis dengan landasan pendidikan

Landasan psikologis suatu landasan pokok dari pendidikann. Antara psikilogis dan pendikan merupakan satu kesatuan yang sangat sulit di pisahkan . subyek dan objek pendidikan adalah manusia, sedanglan psikologi menelaah gejala-gejala psikoloogis dari manusia. Dengan demikian dalam proses dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendidikan peranan psikologi akan membantu peserta didik dengan kegiatan-kegiatan belajarnya agar dapat melaksanakan kegiatan belajar yang efektif.

Contohnya : psikologi perkembangan anak, myaitu dari masa bayi,anak-anak, sampai masa pubertas, semua itu ada masa perkembangan pikiran dan kemauan sesorang untuk berpikir. Para ahli psikologi lebih cennderung menggunakan poa-pola tingkah laku manusia sebagai suatu model yang menjadikan prinsip belajar.

mengapa perlu di terapkannya kurukulum di indonesia

24 March 2017 21:38:18 Dibaca : 1689

Menagapa perlu di terapkannya kurikulum di indonesia

Apa sebenarnya kurikulum itu ? dan mengapa harus di terapkan di sekolah ?

Nah, baiklah kita akan membahasnya di sini !

Kurikulum itu adalah segala sesuatu yang dijalankan, dilaksanakan, direncanakan, diajukan dan diawasi pelaksanaannya yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, perkembangan siswa agar mampu ikut andil dalam masyarakat dan berguna bagi masyarakat, juga akan berguna masa depannya kelak. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Dalam sejarah pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman, guna untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kurikulum harus di terapkan di indonesia, mengingat pembelajaran di Indonesia hingga saat ini masih dianggap belum maksimal. Pembelajaran di sekolah memberikan dampak pada pendidikan di Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara lain, pendidikan di Indonesia masih sangat jauh. Pendidikan merupakan hal yang berkaitan dengan sistem kurikulum yang dijalankan. Kemerosotan pendidikan di Indonesia yang tertinggal dari negara lain, sangat erat kaitannya dengan masalah-masalah kurikulum yang dijalankan oleh para tenaga pendidik dan Mendiknas. Untuk memajukan kembali pendidikan di Indonesia, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui masalah-masalah yang telah dihadapi oleh kurikulum Indonesia. Setelah itu, barulah kita mampu mencari solusi untuk memecahkan masalah kurikulum di Indonesia.

Perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional, termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan.

Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia dewasa ini salah satu diantaranya adalah karena ilmu pengetahuan itu sendiri selalu dinamis. Selain itu, perubahan tersebut juga dinilainya dipengaruhi oleh kebutuhan manusia yang selalu berubah juga pengaruh dari luar, dimana secara menyeluruh kurikulum itu tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh prubahan iklim ekonomi, politik, dan kebudayaan. Sehingga dengan adanya perubahan kurikulum itu, pada gilirannya berdampak pada kemajuan bangsa dan negara. Kurikulum pendidikan harus berubah tapi diiringi juga dengan perubahan dari seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia yang harus mengikuti perubahan tersebut, karena kurikulum itu bersifat dinamis bukan stasis, kalau kurikulum bersifat statis maka itulah yang merupakan kurikulum yang tidak baik.