ARSIP BULANAN : March 2017

mengapa perlu di terapkannya kurukulum di indonesia

24 March 2017 21:38:18 Dibaca : 1689

Menagapa perlu di terapkannya kurikulum di indonesia

Apa sebenarnya kurikulum itu ? dan mengapa harus di terapkan di sekolah ?

Nah, baiklah kita akan membahasnya di sini !

Kurikulum itu adalah segala sesuatu yang dijalankan, dilaksanakan, direncanakan, diajukan dan diawasi pelaksanaannya yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, perkembangan siswa agar mampu ikut andil dalam masyarakat dan berguna bagi masyarakat, juga akan berguna masa depannya kelak. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Dalam sejarah pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman, guna untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kurikulum harus di terapkan di indonesia, mengingat pembelajaran di Indonesia hingga saat ini masih dianggap belum maksimal. Pembelajaran di sekolah memberikan dampak pada pendidikan di Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara lain, pendidikan di Indonesia masih sangat jauh. Pendidikan merupakan hal yang berkaitan dengan sistem kurikulum yang dijalankan. Kemerosotan pendidikan di Indonesia yang tertinggal dari negara lain, sangat erat kaitannya dengan masalah-masalah kurikulum yang dijalankan oleh para tenaga pendidik dan Mendiknas. Untuk memajukan kembali pendidikan di Indonesia, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui masalah-masalah yang telah dihadapi oleh kurikulum Indonesia. Setelah itu, barulah kita mampu mencari solusi untuk memecahkan masalah kurikulum di Indonesia.

Perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional, termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan.

Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia dewasa ini salah satu diantaranya adalah karena ilmu pengetahuan itu sendiri selalu dinamis. Selain itu, perubahan tersebut juga dinilainya dipengaruhi oleh kebutuhan manusia yang selalu berubah juga pengaruh dari luar, dimana secara menyeluruh kurikulum itu tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh prubahan iklim ekonomi, politik, dan kebudayaan. Sehingga dengan adanya perubahan kurikulum itu, pada gilirannya berdampak pada kemajuan bangsa dan negara. Kurikulum pendidikan harus berubah tapi diiringi juga dengan perubahan dari seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia yang harus mengikuti perubahan tersebut, karena kurikulum itu bersifat dinamis bukan stasis, kalau kurikulum bersifat statis maka itulah yang merupakan kurikulum yang tidak baik.

Manfaat Android Bagi Pendidikan Mahasiswa Biologi

23 March 2017 13:55:26 Dibaca : 1818

Manfaat Android Bagi Pendidikan Mahasiswa Biologi

Seiring dengan perkembangan jaman sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih salah satunya perkembangan android. Ada berbagai macam bentuk dan merek android dan mempunyai keunggulan masing-masing sehingga banyak peminatnya, tidak terkecuali mahasiswa. Android banyak di sukai mahasiswa karena memiliki tampilan yang menarik, serta mempunyai banyak manfaat. Android banyak membantu mahasiswa berkomunikasi mengenai tugas-tugas serta dapat memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut , salah satu contohnya mahasiswa biologi, android sangat membantu bagi pendidikan mahasiswa biologi, sekarang mahasiswa biologi sudah banyak menggunakan android karena dapat membantu dalam perkuliahan misalnya dapat di gunakan sebagai media untuk mengerjakan tugas,dapat di gunakan sebagai media presentasi. Apalagi sekarang android telah di dukung dengan berbagai aplikasi diantaranya aplikasi PDF, namanya mahasiswa contohnya mahasiswa biologi pasti setiap hari selalu berhubungan dengan yang namanya dokumen. Mulai dari dokumen word,exel dan PPT(powerpoint) itu sudah menjadi makan setiap haribagi mahasiswa biologi. Dari membaca sampai mengedit dapat dilakukan di aplikasi ini, aplikasi lainnya adalah Google translate, aplikasi ini sangat membantu kita dalam menterjemahkan berbagai bahasa. Dengan adanya aplikasi ini kita sebagai mahasiswa tidak perlu repot-repot membawa kamus kemana-mana. Selain itu fitur kamera yang ada pada android dapat bermanfaat bagi mahasiswa biologi yaitu untuk mendokumentasikan sesuatu misalnya pada saat kita melakukan praktikum dan kita harus mengambil gambar sel yang ada pada saat praktikum tersebut.Serta masih banyak lagi aplikasi pada android yang dapat memberikan kita berbagai informasi terbaru seperti Google, facebook twitter, Instagram WhatsApp,Path,youtube,line, play buku dan masih banyak lagi. Semua itu merupakan dampak positif dari android yang digunakan oleh mahasiswa. Nah sekarang dampak negatifnya bagi mahasiswa adalah misalnya pada saat presentasi mahasiswa kurang perhatian pada pemberi materi malah fokus pada android masing-masing. Dampak lainnya yaitu dengan adanya berbagai aplikasi pada android, di dalam ruangan mahasiwa kurang fokus pada perkuliahan dan hanya sibuk mengakses internet seperti contohnya Online Facebook,twitter atau bahkan selfie. Jadi kita sebagai mahasiswa harusnya sadar dengan adanya android yang canggih ini harusnya kita menggunakannya dengan baik dan tidak berlebihan.

Pentingnya Penerapan Kurikulum 13 Bagi Para Siswa di Sekolah

Kurikulum 2013 atau lebih di kenal dengan K13 sering disebut juga dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum 2013 sendiri ini merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman para siswa, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi yang di berikan, serta aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi. Dalam kurikulum 2013 ini lebih di utamakan 3 aspek di antaranya :

Aspek pengetahuan

Aspek pengetahuan ini di dapat dari pelajaran yang sudah di dapat oleh siswa tersebut, dan aspek pengetahuan juga bisa di dapat dari nilai ulangan harian yang di jalani oleh siswa tersebut.

Keterampilan

Keterampilan merupakan upaya penekanan pada bidang skill atau kemampuan. Misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan opini pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat berkas laporan, serta melakukan presentasi di depan umum. Aspek Keterampilan sendiri merupakan salah satu aspek yang cukup penting karena jika hanya dengan pengetahuan, maka siswa tidak akan dapat menyalurkan pengetahuan yang dimiliki sehingga hanya menjadi teori semata.

Sikap

Aspek Sikap meliputi bagaimana sopan santun siswa, adab dalam belajar, sosial, absensi,dan agama.

Menurut saya Penerapan Kurikulum 2013 ini sebagian orang mendukung dan sebagian lagi menolak di berlakukannya kurikulum ini dengan berbagai alaasan. Padahal kurikulum ini mempunyai banyak fungsinya diantaranya :

Fungsinya bagi siswa itu sendiri

Siswa dapat untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Sebab setiap peserta didik memiliki minat dan bakatnya masing-masing, sehingga dengan demikian peserta didik dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki dan juga bisa mengembangkan bakat yang menonjol bagi mereka.

Fungsinya bagi guru

Fungsi kurikulum bagi guru yaitu sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisasikan pelajaran. Serta guru tidak begitu terasa capeknya mengajar karena siswa yang lebih banyak aktif dalam proses belajar mengajar.

Jadi pentingnya di terapkan kurikulum 2013 ini agar siswa lebih ditekankan untuk berpikir lebih kreatif, inovatif, cepat tanggap dan juga melatih keberanian seorang siswa. Pada kurikulum 2013 ini jugalah seorang siswa akan dilatih kemampuan logikanya agar dapat memecahkan suatu permasalahan atau berupa soal-soal. Dalam kurikulum 2013 ini juga diberikan atau dimasukkan unsur-unsur kehidupan dan juga unsur keagamaan untuk membentuk siswa yang berkarakter, agar lahirnya siswa-siswi yang berprestasi dan juga berkarakter.