rangkuman diskusi aplikasi excel

17 September 2019 16:02:09 Dibaca : 1710

Aplikasi Excel tidak hanya untuk pengolahan data tetapi sangat banyak manfaatnya, lebih mempermudah kita dalam penyusunan tugas yang berhubungan dengan pengolaan data, pembuatan grafik, operasi tabel dan kalkulasi matematis.

langak-langkah mengoperasikan microsoft excel antara lain:

1.      MEMULAI EXCEL 2000

2.      JENDELA EXCEL 2000

3.      LEMBAR KERJA

4.      DATA DI DALAM EXCEL

5.      MENGKOREKSI

6.      OTOMATISASI

7.      MEMFORMAT LEMBAR KERJA

8.      FUNGSI STRING

9.      FUNGSI LOGIKA

10.  OPERATOR LOGIKA

11.  FUNGSI PEMBACAAN TABEL (LOOK-UP)

12.  GRAFIK

Langkah-langkah atau cara mengaplikasikan atau menggunakan ms. Excell yaitu cukup gampang, pertama kita pastikan dulu laptop atau komputer tersambung dengan listrik. Kedua, tekan tombol power, lalu tunggu sampai proses muncul dekstop. Ketiga, di refresh komputer/laptop agar tidak loading saat digunakan dgn cara klik kanan pada mouse terus plih menu Refresh. Setelah itu, cara keempat geser kursor(mouse) di bagian bawah sebelah kiri. Kelima, plih menu Microsoft Office-->Klik Microsoft Office Excell dan tunggu sampai muncul tampilan Microsoft Excell dengan tampilan bentul sel-sel (kotak-kotak) 

 

Excel baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai berikut ;

1. Aktifkan komputer terlebih dahulu.

2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.

3. Muncul sejumlah menu, pilih Program.

4. Klik Microsoft Excel

5. Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong (lihat gambar).

6. Excel siap untuk digunakan.

 

 Microsof Excel meniliki manfaat yakni dalam pengelolaan data,  untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

 

• Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika. • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika. • Membuat berbagai macam grafik dan diagram. • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

Adapun kekurangan dari microsoft excel antara lain dimana Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis kemudian Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU) dan Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong