Microsoft Excel

15 September 2019 17:41:09 Dibaca : 931

Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan. Manfaat menggunakan Microsoft excel antara lain:

1.      Bidang Akuntansi

            Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

2.      Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

3.      Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

4.      Pembuatan grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

5.   Operasi Tabel

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka anda tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

 

Kekurangan microsof excel dalam penggunaanya, diantaranya : Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis, aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU), dan untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

 

 

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

1.      Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

2.      Melakukan analisa serta riset harga.

3.      Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

4.      Melakukan konversi mata uang.

5.      Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

 

Langkah Langkah atau cara Mengaplikasikan Mikroskop Excel, diantaranya:

1.      Buka dokumen Excel yang sudah ada.

Jika Anda ingin membuka dokumen Excel yang sudah ada, cukup klik dua kali dokumen tersebut. Setelah itu, dokumen akan dibuka di jendela Excel.

2.      Buka Excel.

 Klik atau klik dua kali ikon aplikasi Excel yang menyerupai huruf “X” putih dengan latar belakang hijau tua.

3.      Pilih templat jika perlu. 

Jika Anda ingin menggunakan templat Excel (mis. templat perencanaan anggaran), geser layar hingga Anda menemukan templat yang ingin digunakan dan klik satu kali untuk membuka jendela templat. Jika Anda hanya ingin membuka dokumen Excel kosong, klik opsi “Blank” di sisi kiri atas halaman dan lewati langkah berikutnya.

4.      Klik Create. Tombol ini berada di sisi kanan nama templat.

5.      Tunggulah hingga buku/lembar pekerjaan Excel dibuka. 

Proses ini memakan waktu beberapa detik. Setelah melihat templat Excel atau halaman kosong, Anda bisa memasukkan data ke lembar lajur.

Manfaat lain dari Microsoft excel, diantaranya : Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika, membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat berbagai macam grafik dan diagram, membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan, menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong