Rangkuman hasil diskusi program aplikasi Mikroskop Word dan Mendeley (Prodi pendidikan IPA Dasar-dasar Komputer)

24 September 2017 21:03:20 Dibaca : 110

A. Mikroskop Word
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis. Microsoft Word memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:
1. Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
2. Untuk membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
3. Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
4. Menghemat waktu dan tenaga.
5. Menghemat kertas dan biaya.
6. Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.
7. Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.
Cara membuat halaman di microsoft word Sebenarnya ketika membuka program aplikasi microsoft word otomatis aplikasi tersebut membuka halaman yang baru namun yang saya maksud disini ialah pengaturan kertas yang akan dipakai sebelum bisa dicetak, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Pertama ketika aplikasi microsoft word
2. Untuk mengatur size kertas klik baris menu page layout kemudian klik size, kemudian pilih salah satu ukuran kertas yang diminati atau samakan dengan kertas yang akan diprint out
3. Kemudian jika anda sudah selesai dan ingin menyimpan data dokumen tersebut klik tombol Offiice button yang berada pada ujung kiri atas halaman, atau Ctrl+s untuk menyimpan.
4. Kemudian akan tampil jendela baru silahkan ketikan nama file yang akan disimpan dan pilih tempat dimana file tersebut akan disimpan, kemudian terakhir klik save
B. Mendeley
Mendeley merupakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Fungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Kelebihan lain dari program aplikasi mendeley adalah menghindari plagiarisme bagi penulis. Penulis sering kali kurang teliti dalam mengutip dan mencantumkan sumber referensi dalam karya tulisnya, sehingga melalui penggunaan aplikasi ini dapat menjauhkan penulis dari plagiarisme yang tidak disengaja (akibat kelalaian secara teknis).

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong