Rangkuman hasil diskusi microsoft exel

12 September 2019 21:07:05 Dibaca : 890

NAMA : NUR INTAN

NIM : 433418010

PRODI : PENDIDIKAN IPA

 

RANGKUMAN HASIL DISKUSI MICROSOFT EXEL

1.      Pengertian Microsoft exel

Microsoft exel adalah perangkat lunak pengolah anggka yang digunakan baik untuk mengolah data atau menganalisis data. Microsoft exel juga dapat digunakan dalam pembuatan tabel dan grafik.

2.      Langkah memulai kerja pada Microsoft exel

a.       Mengaktifkan computer terlebih dahulu

b.      Kilik tombol start yang ada pada taskbar

c.       Muncul sejumlah menu, pilih program

d.      Klik Microsoft exel

e.       Tunggu hingga tampilan layar exel yang masih kosong

f.       Exel siap digunakan

3.      Dalam pembuatan tabel, perbedaan antara Microsoft word dan Microsoft exel

Tidak ada perbedaan dalam bentuk tabelnya, tetapi perbedaannya terletak pada cara penggunaannya dalam Ms. Word digunakan untuk mengetik dan menginput data berupa tabel dan grafik sedangkan Ms.exel digunakan untuk menginput data berupa angka. Perbedaan yang lainnya yaitu pada Ms.word lebih mengacu pada pengolahan data berbasis kata atau kalimat sedangkan pada Ms.exel yaitu berguna pada pembuatan olahan data dalam bentuk tabel perhitungan

4.      Fungsi dari Microsoft exel

Fungsinya yaitu untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika . membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika. Membuat berbagai macam grafik dan diagram, membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, danlain-lain. Melakukan analaisa serta riset harga,membuat daftar hadir serta data nilai sekolah maupun universitas.

5.      Perbedaan Microsoft exel 2007 dan Microsoft exel 2010

Pada Microsoft exel 2007 office button berbentuk bulat. Sedangkan Microsoft exel 2010 jika diketik akan berbentuk backstage. Microsoft exel 2010 lebih cepat dari Microsoft exel 2007. Tampilan Microsoft exel 2010 lebih ringkas dari pada Microsoft exel 2007, dalam hal ini adalah ribbon. Bisa membuat chat disetiap sel.

6.      HLOOKUP dan VLOOKUP

HLOOKUP dan VLOOKUP adalah rumus yang digunakan pada Microsoft exel dan mempunyai fungsi masing-masing. Fungsi dari HLOOKUP adalah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal sedangkan pada VLOOKUP fungsinya untuk menampilkan data dri sebah tabel yang formatnya secara vertical.

7.      Kekurangan Microsoft exel

Merupakan

Rogram berlicenci sehingga harus membayarnya kepada pengembang, jika belum tau rumus dan logika exel akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya, jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong