AKU DAN GEOLOGI

16 December 2017 00:25:24 Dibaca : 50

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Setelah lulus dari SMA saya sempat kebingungan untuk memilih jurusan saat saya mau mendaftar di PTN dengan jalur SNMPTN, saya kemudian searching di google tentang daftar jurusan yang ada di PTN Universitas Negeri Gorontalo. Dan kemudian saya melihat program studi Teknik Geologi, saya kemudian searching lagi di google tentang apa itu geologi? Bagaimana prospek kerjanya? Dan kemudian saya mulai tertarik dengan prodi ini. Lalu, saya meletakan Teknik Geologi sebagai pilihan pertama pada saat mendaftar. Dan Alhamdulillah saya di terima di Universitas Negeri Gorontalo sesuai keinginan saya.
Tapi sebelumnya perlu rekan-rekan ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih pengertian geologi itu? Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi, komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukannya. Tapi, poin penting yang perlu rekan-rekan ketahui untuk sementara cukup 1 hal. Apa itu? Yang terpenting adalah bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari semua yang ada di bawah permukaan bumi. Ingat !! Semua yang ada di bawah permukaan bumi adalah objek utama pembelajaran geologi.
Setelah tahu kejadian bumi berjuta-juta tahun lalu, so what!? Apa pentingnya buat kita? Siapa yang mau memperkerjakan ahli geologi tersebut? Naah, ini yang belum banyak diketahui orang, bahwa selama bumi masih ada maka kebutuhan terhadap para ahli kebumian (geologist) juga akan tetap ada. Ilmu geologi ini cukup luas,untuk mempermudah penjelasannya maka saya memakai analogi dokter. Dokter umum mempelajari semua bagian tubuh manusia, akan tetapi karena tubuh manusia ini terdiri dari banyak organ yang butuh keahlian khusus dalam mempelajarinya, maka lahirnya dokter-dokter spesialis, seperti dokter gigi, dokter mata, dokter kandungan, dokter kulit, dan lain-lain. Naah bumi-pun juga seperti itu, organ penyusun bumi tentu lebih banyak dibandingkan dengan tubuh manusia kan? Maka dari itu ilmu geologi-pun juga dipecah menjadi beberapa bidang keahlian, yang kalau boleh saya sederhanakan adalah sebagai berikut:
Geologi bidang ekstraksi, yaitu geologist yang pandai dalam mencari dimana lokasi sumberdaya alam berada, apa saja sumberdaya alam itu?
1. Minyakbumi
2. Batubara
3. Mineral ekonomis (emas, perak, nikel,timah, bauksit, uranium, dll)
4. Air tanah
5. Geothermal (panasbumi)
Geologi bidang mitigasi, yaitu geologist yang ahli dibidang manajemen bencana alam sehingga mengurangi potensi dampak negative yang terjadi akibat bencana alam tersebut. Bencana alam yang dipelajari contohnya:
1. Letusan gunung api
2. Tsunami
3. Gempabumi
4. Tanah longsor
5. Land subsidence (amblesan tanah)
6. Banjir
Geologi bidang perencanaan wilayah dan tata kota, yaitu geologist yang berperan dalam konsep penyusunan rencana tata ruang suatu kota. Adapun bidang yang digelutinya adalah:
1. Geologi lingkungan
2. Konstruksi gedung, jembatan, rel kereta, bendungan, jalan raya.
3. Rekayasa geologi
4. Geologi teknik
Dengan cakupan ilmu yang cukup luas tersebut, maka lulusan teknik geologi bisa diterima di tempat manapun. Saat ini, mayoritas lulusan geologi banyak yang diserap oleh industri perminyakan dan pertambangan, sedangkan yang berkiprah di bidang kebencanaan dan tata ruang kota masih belum begitu banyak, sehingga prospek kerja ke depan masih terbuka lebar. Saat ini, setahu saya ada sekitar 18 kampus (baik S1 maupun D3) di indonesia yang memiliki jurusan teknik geologi, anggaplah 1 kampus memilki mahasiswa 50 orang dalam 1 tahun, maka setiap tahunnya Indonesia memiliki sarjana teknik geologi sebanyak 900 orang. Dengan 33 provinsi, dan 17.000-an pulau yang ada di Indonesia, maka jumlah 900 geologist/tahun tentu saja masih terlalu sedikit.


Sekian dari saya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
#Salam geologist
Gorontalo, 15 desember 2017

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong