4 Jurus Hemat Pakai Duit

13 July 2013 01:36:17 Dibaca : 105

 

Liputan6.com, Los Angeles : Menabung saat ini menjadi agak sulit mengingat harga-harga di pasaran yang terus naik. Pengeluaran terasa lebih besar dari seharusnya. Sayangnya, banyak orang tak menyadari upaya berhemat masih bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana.

Seperti dilansir dari magforwomen.com, Rabu (10/7/2013), jika Anda tak mampu berhemat dari hal-hal kecil, tak heran sebelum awal bulan Anda sudah tak memegang cukup uang. Banyak orang yang kemudian harus kewalawan meminjam uang ke berbagai pihak demi menutupi pengeluarannya yang berlebihan.

Namun ternyata, menghemat uang bukan pekerjaan sulit. Berikut empat tips sederhana yang bisa membuat Anda lebih hemat dalam menggunakan uang:

1. Barang yang murah bisa jadi mahal dalam waktu lama

Pernahkah Anda membeli sedikit saat istirahat atau saat sedang bekerja Jika sehari Anda bisa menghabiskan Rp 5 ribu, maka dalam satu bulan Anda bisa menghabiskan Rp 150 ribu.

Bayangkan, dalam satu tahun Anda bisa menghabiskan Rp 1,8 juta hanya untuk cemilan kecil saja. Maka mulai hindari pembelian produk murah yang sebenarnya bisa membuat Anda menjadi boros.

2. Buat daftar belanja dan beli barang sesuai daftar tersebut

Kesalahan kebanyakan perempuan adalah mereka membeli setelah melihat barang-barang yang ada di supermarket atau pasar. Kunci untuk menghemat uang adalah dengan membuat daftar barang yang akan dibeli sebelum pergi ke tempat belanja.

Dengan begitu, Anda hanya akan membeli barang-barang yang memang dibutuhkan sehingga pengeluaran Anda akan lebih irit.

3. Hindari pergi ke salon

Seringkali, saat ingin melakukan perawatan tubuh, para wanita tanpa pikir panjang langsung pergi ke salon. Di sana mereka akan memesan menu perawatan yang kadang tak begitu perlu dilakukan.

Cara paling mudah untuk menghindari kebiasaan boros tersebut adalah dengan merencanakan kapan sebaiknya pergi ke salon. Misalnya hanya saat rambut Anda terlalu panjang dan harus mengguntingnya.

4. Catat semua pengeluaran

Dengan mencatat semua pengeluaran, Anda bisa melihat daftar pembelian barang yang penting dan tidak. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui keperluan apa yang menelan biaya paling besar. Hebatnya, dengan mengamati seluruh pengeluaran, Anda bisa menemukan banyak cara lain untuk menghemat uang.

Lewat empat cara di atas, Anda tak perlu mengubah gaya hidup Anda. Yang perlu dilakukan adalah mengubah sedikit kebiasaan Anda. Menghemat uang ternyata pekerjaan mudah. (Sis/Ndw)

Sumber: Liputan6.com

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong